Strategi Menggunakan Twitter untuk Promosi Bisnis

Strategi Menggunakan Twitter untuk Promosi Bisnis
Promosi Strategi Bisnis

Strategi Menggunakan Twitter untuk Promosi Bisnis – Dengan lebih dari 300 juta pengguna bulanan, Twitter menjadi media sosial yang berisik. Ratusan juta tweet atau kicauan dikirim setiap hari dari para pengguna di seluruh penjuru dunia, dan Indonesia termasuk lima besar negara pengguna Twitter terbanyak.

Nah, bagi Anda yang menggunakan Twitter, tentunya ada trik agar tweet Anda bisa menarik perhatian netizen. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis online Anda. Bagaimana caranya? Silakan simak ulasannya di bawah ini.

1. Lengkapi Profil Twitter

Hal pertama yang harus dilakukan ialah melengkapi profil akun Anda. Mulai dari bio yang mencantumkan informasi bisnis Anda, nomor kontak, lokasi, url website atau blog, foto profil dengan logo brand, dan gambar header Twitter Anda. Dengan begitu, profil bisnis Anda terlihat meyakinkan dan orang mengenal bisnis Anda saat mengklik akun Anda.

2. Ikuti Akun Orang Lain

Khususnya bagi akun Twitter baru, Anda tentu perlu mengumpulkan follower atau pengikut. Jika follower Anda 0, maka orang tidak akan tertarik. Cara yang instan bisa dengan membeli follower, namun percuma saja karena followernya pasif atau bahkan akun robot. Lebih baik, Anda mencari follower dengan mulai mengikuti akun orang lain terlebih dahulu, karena kemungkinan mereka mau mem-follow back akun Anda. Ikuti akun kenalan Anda, akun yang relevan dengan bisnis Anda, akun influencer, hingga akun pengguna yang jadi konsumen Anda.

3. Perhatikan Pemilihan Kata

Batas cuitan Twitter tidak lagi hanya 140 karakter, tapi menjadi 280 karakter. Tweet Anda bisa lebih panjang, namun tetap perhatikan pemilihan kata. Gunakan kata yang menarik dan dapat mudah dimengerti. Terkadang, kalimat tidak harus baku, karena perilaku pengguna Twitter cenderung luwes dan memakai percakapan sehari-hari dalam tweetnya.

4. Interaktif dengan Follower

Twitter adalah media yang interaktif. Anda bisa dengan santai dan mudah membalas tweet orang lain. Semakin panjang interaksinya, maka akan menarik perhatian banyak orang dan memancing mereka untuk ikut terlibat. Engagement Twitter Anda jadi semakin tinggi. Selain dengan membalas, Anda juga bisa melakukan retweet atau cukup memberikan like.

5. Gabung Dalam Obrolan Netizen

Percakapan di Twitter begitu ramai dan random. Anda bisa memancing perhatian dengan bergabung dalam obrolan yang sedang hangat diperbicangkan oleh para netizen. Sesekali Anda bisa merespons tweet yang sedang populer. Namun, hindari topik pembicaraan yang sensitif mengenai SARA dan politik. Ingat, tweet yang terkirim tidak bisa diedit. Hati-hati saat mengetweet.

6. Gunakan Hashtag yang Populer

Perhatikan daftar trending topic. Anda bisa menyelipkan hashtag atau tagar yang sedang menjadi trending atau yang sering digunakan oleh netizen. Hashtag populer pasti banyak diklik orang, sehingga tweet Anda bisa ikut terbaca oleh mereka yang bahkan belum mengikuti akun Anda.

Tentang Isti RWD