Waktu yang Tepat untuk Resign dan Memulai Bisnis

Waktu yang Tepat untuk Resign dan Memulai Bisnis
Memulai Bisnis Resign

Waktu yang Tepat untuk Resign dan Memulai Bisnis – Apakah Anda tertarik untuk berwirausaha, tapi masih terikat dengan pekerjaan lama, Anda bisa saja mencoba berbisnis sambil bekerja secara penuh waktu. Namun, fokus dengan dua tanggung jawab sekaligus  Jika Anda ingin benar-benar serius dalam berbisnis, maka segera siapkan diri Anda untuk resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sekarang.

Namun, kapankah waktu yang tepat, Sebagaimana diketahui, menjalankan bisnis itu adalah keputusan yang besar. Anda harus memilih waktu yang pas agar Anda pun lebih siap. Maka dari itu, sebelum Anda resign, perhatikan dulu hal-hal penting berikut ini.

1. Saat Fisik dan Mental Sudah Siap

Memulai usaha dari nol itu bukan perkara sepele. Persiapan fisik dan mental itu diperlukan agar Anda siap menghadapi tantangan-tantangan dalam berbisnis. Anda perlu menjaga fisik yang prima karena aktivitas menjadi lebih padat. Anda juga perlu menyiapkan mental karena akan ada banyak masalah yang belum pernah Anda hadapi.

Dengan keadaan fisik dan mental yang siap, Anda akan lebih tangguh dalam menghadapi cobaan di dunia bisnis. Sehingga Anda pun tidak akan mudah putus asa saat berada dalam kondisi yang sulit.

2. Saat Rencana Bisnis Sudah Matang

Jangan nekad berbisnis tanpa perencanaan. Membuat rencana bisnis itu harus sebagai bentuk persiapan. Saat Anda menyiapkan rencana bisnis, Anda akan belajar memahami bisnis yang akan digeluti. Anda tidak akan sembarangan dalam memulainya, tapi berdasarkan pertimbangan yang jelas.

Mulai dari menentukan produk, membuat nama usaha, melakukan pengujian pasar, semuanya dilakukan saat perencanaan. Sehingga pengelolaan bisnis Anda bisa lebih profesional.

3. Saat Punya Tabungan yang Cukup

Belum tentu bisnis Anda akan langsung menghasilkan. Dunia bisnis penuh ketidakpastian. Anda mungkin bisa saja mengalami kegagalan. Maka dari itu, penting sekali menyiapkan tabungan untuk biaya hidup sehari-hari selama enam bulan atau lebih. Ini untuk berjaga-jaga seandainya bisnis Anda tidak berhasil.

Sehingga jika itu terjadi, Anda tidak perlu menghadapi masalah keuangan yang serius. Sebab Anda masih punya tabungan untuk mencukupi kehidupan pribadi Anda selama beberapa bulan ke depan.

4. Saat Sudah Punya Rekan yang Mendukung

Tentu Anda punya keterbatasan dalam mengurus bisnis Anda sendiri. Sehingga bukan waktu yang tepat untuk resign jika Anda belum menemukan rekan yang dapat membantu Anda. Sebab Anda pasti akan membutuhkan rekan kerja untuk mendukung Anda. Anda akan kesulitan jika hanya mengandalkan kemampuan sendiri.

Maka dari itu, carilah orang yang mau berkomitmen dan pintar untuk bekerja sama. Anda harus menemukan rekan yang tepat yang dapat melengkapi kekurangan dan menyempurnakan usaha Anda.

5. Saat Anda Siap untuk Bekerja Keras

Menjadi bos bukan berarti hidup Anda jadi lebih mudah. Tanggung jawab Anda malah lebih besar sehingga kesibukan Anda akan meningkat. Anda harus mengontrol anak buah dan memastikan mereka bekerja dengan benar. Belum lagi Anda harus menyelesaikan pekerjaan Anda yang lain.

Anda akan sangat sibuk dengan berbagai urusan. Sehingga Anda harus siap untuk bekerja keras dalam mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus.

Tentang Isti RWD