Tips Memulai Usaha Ikan Hias untuk Pemula

Tips Memulai Usaha Ikan Hias untuk Pemula
Inspirasi Usaha Peluang Usaha

Tips Memulai Usaha Ikan Hias untuk Pemula – Dalam menjalankan usaha ini, dibutuhkan kemampuan dan kreativitas seni menata tanaman air tawar sehingga bisa menciptakan keserasian antara wadah akuarium dengan bahan komponen yang digunakan. Jika Anda tergolong pemula dan bukan dari pencinta ikan hias, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini :

Mengenal Jenis Ikan Hias

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal jenis ikan hias. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada dua jenis ikan hias yaitu ikan hias air laut dan air tawar. Dari kedua jenis ikan tersebut, ikan hias laut merupakan yang paling sulit dalam perawatannya. Karena habitat asalnya dari laut, maka media air yang digunakan pada akuarium pun harus diatur menyerupai habitat aslinya. Mulai dari pengaturan kadar air garamnya, sehingga ikan tersebut dapat tetap hidup meski bukan pada habitatnya.

Untuk pemula, sebaiknya memilih ikan hias air tawar untuk dijadikan ladang usahanya. Karena perawatannya yang mudah, Anda tinggal mengenal masing-masing sifat yang melekat pada ikan hias tersebut. Perlu diketahui, tidak semua ikan hias bisa hidup atau disatukan dalam satu akuarium. Ada ikan yang sifatnya predator, sehingga saat disatukan dengan jenis ikan hias lainnya akan terjadi kanibalis atau memangsa.

Mengetahui Pemiliharaan Ikan

Setelah mengetahui jenis-jenis ikan hias, lengkapi pengetahuan Anda mulai dari tahap pemeliharaan hingga proses bagaimana cara menjaga kesehatan dari ikan-ikan tersebut. Dari pemeliharaan tempat, Anda bisa memilih akuarium dengan dimensi yang cukup panjang sehingga mudah untuk dipasang sekat. Hal ini akan memudahkan Anda saat proses pemeliharaan ikan predator dan petarung.

Perawatan ikan hias ini tidaklah sulit. Anda cukup menjaga air tetap bersih, memberikan pakan tepat waktu, dan menjaga kondisi kolam tetap terawat. Pastikan pula media yang digunakan untuk menyimpan ikan hias tersebut aman dari senyawa kimia berbahaya, suhu sesuai jenis ikan dengan kadar oksigen yang memadai.

Cari dan Jalin Relasi dengan Pemasok Ikan Hias

Agar mendapat keuntungan yang lebih besar, pastikan ikan hias yang didapatkan berasal dari first-hand, yaitu pemasok atau peternak ikan hias. Anda bisa bisa mencari dan melakukan riset ke sejumlah peternak ikan sampai menemukan harga yang pas. Setelah menemukan pemasok ikan dengan harga yang pas, pastikan Anda juga menjalin relasi dan hubungan baik dengan mereka. Di dalam dunia bisnis, relasi itu sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Pelajari Kompetitor Bisnis Ikan Hias Anda

Persaingan bisnis ikan hias di Indonesia ini terbilang cukup ketat. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui dan mengenail siapa saja kompetitor dari bisnis tersebut. Hal ini penting dilakukan, karena akan membantu Anda dalam mengatur harga yang lebih kompetitif serta merancang strategi pemasaran untuk mengantisipasi persaingan kompetitor yang semakin ketat. Peluang pasar ikan hias ini tentunya akan sangat menguntungkan dan mendatangkan omset berlipat jika dijalankan sesuai passion Anda. Dengan begitu, usaha ikan hias yang dijalankan pun akan terasa lebih ringan.

Tentang Isti RWD