Peluang Usaha Ternak Menjanjikan

Peluang Usaha Ternak Menjanjikan
Inspirasi Usaha Peluang Usaha

Peluang Usaha Ternak Menjanjikan – Ide bisnis ternak yang terbukti laris dan menguntungkan dengan hasil maksimal. peluang usaha ini sangat menjanjikan & tidak ada matinya adalah jawabannya. Usaha ternak merupakan jenis usaha yang menjanjikan dan tidak ada matinya karena berkaitan dengan makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Hasil peternakan berupa daging, telur, dan susu merupakan bahan makanan bernutrisi tinggi dan selalu dibutuhkan.

Selain itu ada juga ternak hewan yang ditujukan untuk hiburan seperti ternak burung dimana burung-burung ini biasanya digunakan sebagai hewan peliharaan untuk meramaikan rumah atau diikutkan dalam berbagai kompetisi. Ada pula hewan yang diternakkan sebagai pakan bagi hewan peliharaan lain. Ada banyak jenis peluang usaha ternak yang bisa anda lakukan sesuai dengan minat dan modal yang dimiliki. Berikut diantaranya:

1. Usaha Ternak Bebek Pedaging

Selain daging ayam yang telah lebih dahulu populer daging bebek kini juga sudah mulai banyak dikonsumsi sehingga banyak ditemukan tempat makan yang menjadikan daging bebek sebagai menunya. Ada bebek goreng, bebek bakar, bebek sambal hijau, dan lain-lain.

Menurut data, produksi bebek pedaging masih jauh di bawah tingkat konsumsi bebek sehingga menjalankan usaha ternak bebek pedaging merupakan langkah tepat bagi anda yang ingin memulai usaha ternak. Beberapa jenis bebek yang cocok diternakkan sebagai bebek pedaging adalah bebek peking, entok atau bebek manila, itik apkir, serta tiktok yang merupakan hasil persilangan itik dan entok.

2. Usaha Ternak Bebek Petelur

Selain daging, telur bebek juga merupakan hasil ternak yang sangat laris dan banyak dicari karena ukurannya yang lebih besar dan cita rasanya yang berbeda dari telur ayam. Ini dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Jika anda tertarik pada usaha ini maka beberapa jenis bebek yang cocok diternakkan sebagai bebek petelur seperti bebek khaki campbell, bebek magelang, bebek mojosari, bebek tegal, bebek bali, dan bebek alabio.

Sebelum mulai beternak bebek petelur tentukan dahulu skala usaha yang akan dibangun apakah sebagai usaha utama dalam skala besar atau usaha sampingan dalam skala kecil. Selain itu pelajari pula dengan baik seluk-beluk mengenai bebek petelur mulai dari pembuatan kandang, pemberian makan, nutrisi yang diperlukan, hingga penyakit yang mungkin menjangkitinya.

3. Usaha Ternak Ayam Petelur

Salah satu bahan makanan yang selalu tersedia dan distok di rumah-rumah adalah telur ayam. Selain bergizi bahan makanan ini juga sangat praktis ketika diolah sehingga cocok sekali sebagai cadangan bahan makanan. Telur ayam dapat diolah sebagai lauk seperti digoreng atau direbus. Selain itu telur ayam merupakan bahan wajib dalalm pembuatan kue sehingga bisa dipastikan permintaan terhadap telur ayam selalu tinggi.

Oleh karena itu membuka usaha ternak ayam petelur sangat menjanjikan. Sebagai pemula anda dapat mencoba dari skala kecil terlebih dahulu misalnya dari beberapa ekor induk ayam sehingga lebih mudah dalam perawatannya dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

4. Usaha Ternak Ayam Potong Pedaging

Seperti halnya telur ayam, daging ayam biasanya selalu tersedia di setiap rumah tangga. Tidak hanya di rumah-rumah bahkan di warung-warung dari warung dadakan pinggir jalan, rumah makan sampai restoran mewah pun biasanya terdapat menu yang menggunakan daging ayam.

Ayam potong pedaging yang biasa dikonsumsi baik di rumah tangga maupun di jual di warung atau restoran ada dua macam yaitu ayam pedaging broiler alias ayam ras dan ayam kampung atau pejantan. Perbedaanya adalah ayam kampung atau pejantan harga jual per ekornya lebih mahal daripada ayam ras. Keduanya sama2 memiliki peminat masing-masing.

5. Usaha Ternak Ayam Bangkok

Ayam bangkok merupakan jenis ayam yang banyak dimanfaatkan sebagai ayam kompetisi yang diikutkan dalam berbagai perlombaan seperti kompetisi kecantikan dan kompetisi kokok ayam. Namun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai ayam aduan pada sabung ayam dimana hal ini terlarang baik dalam hukum agama maupun hukum negara.

Hal ini dapat menjadi pilihan usaha bagi anda yang ingin memulai usaha ternak ayam selain ayam petelur dan pedaging. Meskipun permintaannya tidak setinggi kedua jenis ayam tersebut namun usaha ini tetap memiliki pangsa pasar yang baik. Salah satu strategi yang bisa dipakai adalah dengan menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas baik sehingga dapat dijual dengan harga tinggi.

6. Usaha Ternak Puyuh dan Itik Entok

Varian unggas lain yang menjanjikan untuk diternakkan adalah burung puyuh dan itik entok. Burung puyuh merupakan jenis unggas berukuran menengah, lebih kurang seukuran anak ayam. Meskipun kecil namun daging burung puyuh cukup digemari karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang tinggi.

Selain itu burung puyuh juga menghasilkan telur yang dikenal sebagai telur puyuh yang meskipun kecil namun tidak kalah digemari dari telur ayam. Demikian pula halnya dengan itik entok yang juga dapat dijadikan peluang usaha ternak yang menjanjikan karena usaha ternak jenis unggas satu ini masih belum terlalu banyak dilirik. Selain daging telur entok juga dapat dikonsumsi .

7. Usaha Pakan Ternak Unggas & Mamalia

Maraknya usaha ternak unggas berdampak positif pada tumbuhnya peluang bisnis lain yaitu bisnis pakan ternak unggas dan mamalia. Bisnis ini dapat dijalankan baik di desa maupun di kota selama ada usaha ternak unggas dan mamalia di sekitarnya.

Anda dapat menjual pakan unggas produksi pabrik atau merambah lebih dalam lagi menjadi produsen pakan unggas rumahan sehingga untung yang didapat lebih besar. Tidak hanya berjualan di toko secara konvensional, anda juga dapat mempromosikan produk yang dijual melalui internet sehingga jangkauannya semakin luas.

Tentang Isti RWD