Peluang Usaha Makanan Ringan Bagi Pemula

Peluang Usaha Makanan Ringan Bagi Pemula
Inspirasi Usaha Peluang Usaha

Berita UKMBisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap. Ditambah makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya:

1. Kerupuk Seblak

10 jenis peluang makanan ringan

peluang usaha makanan ringan – Jika biasanya seblak terbuat dari kerupuk yang sudah direndam air kemudian diberi bumbu pedas. Lain halnya dengan kerupuk seblak ini. Rasanya tetap sama dengan pedas level tinggi hanya saja ini tidak direndam air melainkan langsung digoreng bersama dengan bumbu halus hingga mereka. Jika Anda ingin berinovasi bisa kerupuk seblak divariasikan dengan rasa lain seperti keju, barbeque, balado  dan manis. Asal Anda pintar dalam menggorengnya jangan sampai gosong karena akan terasa pahit.

2. Basreng

10 jenis peluang makanan ringan

Bakso goreng atau lebih dikenal basreng merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Namun jangan salah, camilan yang satu ini tak perlu ribet mengkonsumsinya. Karena tak perlu menggunakan kuah dan sambal. Camilan ini memang dimakan dengan kondisi kering dan sudah tercampur dengan bumbu pedas.

Camilan yang satu ini biasa ditemui di warung makanan serba 2000. Tentunya ukurannya disesuaikan dengan harganya dengan plastik perempatan. Cara membuat basreng sebenarnya tak sulit hanya bakso daging ikang yang diiris tipis, ditambahkan dengan bumbu-bumbu dari campuran gula, bawang putih dan minyak goreng

3. Keripik Singkong

10 jenis peluang makanan ringan

Keripik singkong bisa dibilang camilan yang melegenda di tanah air. Hingga ada lagunya juga. Meski melegenda makanan ini tetap merakyat hingga sekarang, Makanya pas jika masuk ke dalam peluang usaha makanan ringan serba 2000. Biasanya keripik singkong dijual dengan rasa asin saja. Namun jika Anda ingin berkreasi Anda bisa membuat keripik singkong pedas dengan sambal balado, keripik singkong keju, keripik singkong coklat dan lain-lain.

 

4.  Kembang Goyang10 jenis peluang makanan ringan

Kue tradisional satu ini pasti banyak yang mengetahuinya. Karena kue satu ini salah satu kue khas lebaran. Namun bukan berarti kembang goyang tak diminati di luar lebaran. Karena kembang goyang menjadi salah kue yang dijadikan sebagai penyambut tamu oleh beberapa daerah tertentu misalnya Betawi.

Hanya saja kembang goyang sekarang sulit ditemukan. Namun bukan berarti tak berpeluang untuk dibisniskan pada usaha makanan ringan. Justru dengan sedikit kompetisi Anda bisa untung besar. Cara membuatnya juga terbilang mudah dengan mencampurkan secara merata adonan seperti tepung beras, gula pasir halus, garam. Telur ayam, santan, minyak goreng dan wijen. Setelah itu dicetak dan digoreng dalam minyak panas.

5. Sosis Kue Gulung

10 jenis peluang makanan ringan

Panganan daging memang selalu menggoda, apalagi jika disajikan dengan cara yang tidak biasaIde unik penyajian sosis pada foto ini dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan. Karena selain sifat makanannya yang berupa cemilan, maka harga yang ditawarkan tidak begitu mahal sehingga mengundang pembeli.

Pembuatannya pun tampaknya tidak terlalu rumit, hanya diperlukan adonan kue yang dipotong panjang, lalu sosis yang sudah digoreng lalu dililit oleh adonan tersebut, terakhir direkatkan dengan putih telur agar saat digoreng tidak lepas. Tampaknya ide makanan unik untuk usaha yang satu ini patut dicoba. Selamat mencoba ya.

6. Stick keju

10 jenis peluang makanan ringan

Stick keju ini bukan sekedar camilan namun juga tergolong makanan ringan yang menyehatkan. Karena mengandung vitamin A, B1,B6, B12, C, D, E, K, zat besi, kalium, natrium, seng dan kalsium. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan cara mencampurkan secara merata adonan yang terdiri dari keju parut,  garam, sagu, mentega dan telur.

Kemudian dibentuk menjadi stik dan digoreng dalam minyak panas. Meski bahan-bahannya mahal bukan berarti Anda tak bisa menjualnya dengan harga 2000an. Anda masih bisa menjualnya dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan snack-snack lainnya.

 7. Stick talas

10 jenis peluang makanan ringan

Talas yang rasanya hambar ternyata sangat enak jika diolah menjadi stick talas. Cara mudah dengan memotong-memotong talas hingga berbentuk korek api. Kemudian talas direndam dengan garam kemudian digoreng. Meski terlihat mudah namun membersihkan talas harus bersih total karena jika maka talas akan gatal di tenggorokan.

Tentang Isti RWD