Keuntungan Usaha Ternak Lele

Keuntungan Usaha Ternak Lele
Inspirasi Usaha Kentungan Berbisnis Peluang Usaha

Keuntungan Usaha Ternak Lele Minat masyarakat Indonesia di berbagai penjuru daerah sangat tinggi terhadap usaha peternakan lele ini. Hal ini dikarenakan ada berbagai keuntungan usaha ternak lele ketimbang usaha ternak ikan air tawar lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat diperoleh jika usaha ternak ikan lele, antara lain:

  • Daya Tahan Kuat

Ikan lele merupakan jenis ikan yang memiliki daya tahan hidup yang sangat kuat. Di saat ikan yang lain mati disebabkan beberapa faktor seperti bakteri dalam kolam ikan atau perubahan cuaca ekstrim. Justru ikan lele masih dapat terus hidup dengan leluasa dan sehat.

Jika ikan air tawar jenis lain seperti ikan gurame, mas, mujair, nila, nilam, patin dll harus diatur persyaratan air seperti kebersihannya terjamin yang mesti mengandung oksigen dalam jumlah banyak. Ikan lele tidak harus mensyaratkan demikian. Bahkan lele dapat berkembang biak secara baik di kolam kotor.

  • Cepat Panen

Inilah yang harus diprioritaskan dalam beternak hewan apapun yakni kamu harus bijak memilih usaha ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat. Sehingga cepat panen dan cepat pula keuntungan yang diperoleh. Salah satunya adalah ternak lele yang lebih cepat panen daripada jenis ikan air tawar lainnya.

Dalam jangka waktu dua bulan sampai tiga bulan, ikan lele dalam kolam bisa dikonsumsi atau dipanen. Sedangkan ikan air tawar yang lain biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Contohnya ternak ikan nila membutuhkan waktu lima bulan untuk bisa panen atau dikonsumsi. Adapun ikan gurame memerlukan waktu sekitar 1 tahun lebih untuk dapat dipanen.

Dari sinilah jelas, ternak lele lebih cepat panen dan lebih cepat menghasilkan uang.

Mudah Pengelolaan

Untuk cara ternak lele terbilang sangat mudah dalam pengelolaan dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya. Begitupula alat, bahan dan perlengkapan dalam usaha ternak lele mudah didapatkan dan relatif sederhana. Misalnya jika ikan air tawar jenis lain harus sering mengganti air kolam secara teratur dengan air bersih. Hal ini berbeda dengan budidaya ikan lele yang tidak perlu mengganti air. Sehingga tidak merepotkan sang peternak.

  • Perputaran Uang Cepat

Disebabkan masa panen ikan lele yang sangat cepat membuat perputaran uang jadi cepat. Hal ini memberikan keuntungan uang lumayan besar dalam waktu singkat bagi peternak ikan lele. Sehingga uang yang didapatkan bisa diputar lagi untuk membiayai kolam lele lain dalam segi pembelian pakan dan benih.

Sesuai rumus bisnis ternak lele bahwa semakin banyak kolam ikan lele maka semakin besar penghasilan yang didapatkan. Sang peternak lele jadi bisa mengatur waktu masa panen. Misalnya dalam satu bulan bisa satu kali panen atau panen satu minggu sekali.

  • Bibit Lele Mudah Didapat dan Murah

Bibit untuk ternak lele sangat mudah di dapatkan, baik di pedesaan atau pun di kota-kota besar. Selain itu, kebanyakan harga benih ikan lele dijual dengan harga yang murah. Bandingkan dengan harga bibit ikan nila, mas, gurame, mujaer, dll yang dua kali lipat lebih mahal dari harga benih lele dalam ukuran yang sama.

  • Tahan Terhadap Berbagai Penyakit

Seperti sudah diutarakan di atas bahwa ikan lele termasuk jenis ikan yang mempunyai daya tahan hidup yang sangat kuat di dalam air. Sehingga sangat jarang ikan lele yang agak besar mengalami kematian. Hal ini tak terlepas dari daya tahan ikan lele yang sangat kuat terhadap berbagai penyakit yang menyerangnya.

Sebab ia mempunyai lendir yang berfungsi untuk melindungi tubuh dan kulitnya dari berbagai macam serangan penyakit. Kalau ikan air tawar jenis lain tidak memiliki senjata lendir ini. Sehingga mudah mengalami kematian.

  • Pangsa Pasar Luas

Hal terakhir yang sangat penting dari keuntungan usaha ternak lele adalah bisnis budidaya lele akan selalu menguntungkan selamanya. Bisnis ini tak mengenal krisis ataupun musim. Permintaan ikan lele di masyarakat Indonesia sangat besar. Sedangkan para petani lele belum mampu memenuhi kebutuhan yang besar itu.

Sehingga hal ini menjadikan peluang usaha budidaya lele sangat menjanjikan dan menguntungkan. Pangsa pasar yang sangat luas meliputi semua orang. Dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai ikan lele baik digoreng atau dipepes maupun dibakar.

Tentang Isti RWD