Cara Memulai Usaha Travel Agar Lebih Siap Bersaing

Cara Memulai Usaha Travel Agar Lebih Siap Bersaing
Memulai Usaha Peluang Bisnis Peluang Usaha

Cara Memulai Usaha Travel Agar Lebih Siap Bersaing – Jika logo usaha travel sudah dalam genggaman, selanjutnya apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis travel. Membuat logo dan menemukan nama untuk usaha perjalanan kalian sesungguhnya sudah merupakan lompatan awal yang bagus untuk memulai sebuah bisnis perjalanan.

Logo dan nama yang tepat akan membuat kalian lebih percaya diri untuk melangkah lebih jauh menghadapi medan persaingan usaha. Nah, berikut cara memulai usaha travel agar lebih siap bersaing:

Daftarkan Nama dan Logo

Logo dan nama bisnis travel yang sudah kalian buat sebaiknya segera didaftarkan untuk mendapatkan perlindungan Hak Merek. Pendaftaran Hak Merek logo tersebut dilakukan pada Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan mendaftarkan Hak Merek, maka nama dan logo usaha travel yang sudah susah-susah dibuat akan terlindungi. Sebab bukan tidak mungkin, kelak nama dan logo yang baik, mudah dihafalkan dan mudah diucapkan akan ditiru oleh pihak lain. Hak Merek membuat kalian memiliki kuasa secara hukum atas nama dan logo tersebut.

Tentukan Jenis Usaha Travel

Usaha travel memiliki jenis yang sangat banyak. Karena itu, kalian harus menentukan terlebih dahulu jenis jasa travel yang hendak ditawarkan. Misalnya saja jenis jasa travel khusus penyedia sewa kendaraan, jasa travel perjalanan wisata ke luar negeri khusus negara-negara tertentu, jasa travel khusus untuk pengurusan visa dan paspor.

Menentukan jenis usaha travel ini sangat penting dilakukan agar kalian bisa terfokus pada salah satu jenis saja dan menggelutinya secara total. Penentuan ini nantinya juga akan mempengaruhi strategi promosi dan juga konten promosi. Sebaiknya pilih jenis usaha perjalanan yang benar-benar kalian sukai dan kenali dengan baik.

Buat Profil Usaha Travel yang Memikat

Tahapan ini menjadi salah satu tahapan yang kerap dilewatkan oleh mereka yang merintis bisnis travel. Sebagian orang menganggap, membuat profil usaha hanya akan menghabiskan waktu dan sama sekali tidak dibutuhkan. Padahal dengan membuat profil usaha ini, kalian akan semakin mengenali bisnis yang hendak dimulai.

Lebih jauh lagi, profil ini nantinya akan digunakan pula untuk mempromosikan usaha travel. Buatlah profil usaha yang memikat, jelaskan siapa kalian, apa keunggulan kalian, apa yang kalian tawarkan dan mengapa konsumen harus memilih kalian untuk memenuhi kebutuhan perjalanan mereka.

Urus Izin Usaha Travel

Langkah kalian akan semakin luas jika kalian sudah mengantongi izin bisnis travel. Surat izin ini menjadi bukti bahwa usaha kalian diakui secara resmi oleh pemerintah dan merupakan sebuah usaha perjalanan yang benar-benar ada, bukan usaha fiktif.

Dengan izin ini pula, tentunya konsumen akan semakin yakin dan percaya untuk menggunakan jasa perjalanan kalian. Selain itu, izin bisnis travel membuka peluang bagi kalian untuk menjalin kemitraan.

Jalin Kerjasama

Menjalin kerjasama dengan pihak lain bisa menjadi cara jitu untuk memperkenalkan keberadaan usaha travel kalian. Mulailah menawarkan kerjasama dengan pengelola tempat-tempat wisata, restoran, sekolah-sekolah, lembaga pemerintah, komunitas dan juga pebisnis travel lainnya. Jangan membatasi diri dengan menjaring konsumen sendiri.

Beri Layanan Terbaik

Memberikan layanan terbaik sehingga konsumen merasa puas menjadi kunci keberhasilan usaha perjalanan. Layanan yang baik akan membuat konsumen memberikan review yang baik pula dan merekomendasikan bisnis travel kalian kepada teman-teman dan kerabat mereka.

Tentang Isti RWD