Analisa Usaha Toko Kelontong Sederhana dan Modern

Analisa Usaha Toko Kelontong Sederhana dan Modern
Inspirasi Usaha Peluang Bisnis Peluang Usaha

Analisa Usaha Toko Kelontong Sederhana dan Modern – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup dan naiknya berbagai harga kebutuhan pokok membuat gaji atau penghasilan bulanan sebagian orang sudah tidak mencukupi lagi. Hal ini tentu membuat pusing tujuh keliling. Mungkin termasuk Anda.

Tidak aneh jika saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membuka usaha. Saat ini sangat mudah bagi Anda (dan Saya) menjumpai seorang karyawan yang mempunyai pekerjaan sampingan. Begitu pula seorang ibu rumah tangga yang membuka usaha di rumah. Salah satunya usaha toko kelontong.

Berikut ini beberapa hal cara membuka usaha toko kelontong dan hal yang harus dilakukan supaya usaha toko kelontong grosir Anda bisa cepat sukses dan laris manis, antara lain:

  • Letak lokasi

Lokasi yang strategis berpengaruh besar bagi keberlangsungan toko kelontong itu sendiri. Pastikan lokasi warung kelontong mudah dilihat banyak orang dan mudah dijangkau orang dari berbagai arah. Seperti di pinggir jalan yang ramai lalu lintas manusia atau berada di sekitar permukiman padat penduduk. Singkatnya, apabila Anda mempunyai ruangan depan atau garasi di depan rumah yang tak terpakai maka anda bisa menyulapnya menjadi toko kelontong.

  • Melaksanakan survey

Setelah menentukan lokasi usaha warung kelontong di depan rumah yang strategis, selanjutnya melakukan survey terhadap pesaing yang ada. Misalkan di daerah Anda sudah ada toko serupa yang sangat lengkap dan besar dengan banyak pelanggan maka Anda bisa membuka usaha kelontongan agak berjauhan.

  • Promosi

Berikutnya informasikan kepada tetangga, rekan kerja, sahabat, teman dan kenalan mengenai warung yang Anda dirikan. Ajaklah mereka berbelanja ke toko Anda. Dan berikanlah harga khusus atau diskon bagi yang membeli dalam jumlah tertentu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan.

  • Mendapatkan pusat distributor murah

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah usaha warung kelontong Anda mempunyai pasokan barang dari distributor yang paling murah. Sehingga Anda bisa menjual barang lebih murah dari kompetitor dan bisa mendapatkan laba lebih besar ketimbang mengambil barang dari distributor yang lain.

  • Desain toko kelontong

Untuk menarik pelanggan atau pembeli dan membuat mereka nyaman berbelanja di tempat Anda pastikan toko di desain semenarik mungkin dan selalu dalam kondisi rapi, bersih dan harum wangi. Sediakan pula gudang untuk memyimpan barang stok. Selain itu, pastikan melayani pembeli dengan ramah dan murah senyum. Dan tak kalah penting barang yang Anda jual di warung kelontongan lebih lengkap dan lebih murah dari pesaing.

  • Mempersiapkan modal usaha

Adapun cara memulai usaha kelontong secara kecil-kecilan bisa dimulai dengan modal kecil. Misalnya lima jutaan. Sebenarnya tidak ada yang pasti mengenai besaran modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha toko kelontongan. Namun ada dua modal utama yang diperlukan yakni modal investasi dan modal operasional usaha.

Dari gambaran tersebut sangat jelas bahwa untuk membuka warung kelontong grosir maupun sembako modern membutuhkan biaya yang sangat besar. Seperti biaya untuk menyewa lokasi usaha yang strategis.

Tentang Isti RWD