Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga


Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Keluarga – Sebagian orang lebih nyaman jika memulai bisnis bersama partner atau rekan bisnis. Alasannya memiliki rekan bisnis akan memudahkan Anda untuk mengelola usaha. Anda tidak perlu menanggungnya sendirian, tapi ada orang yang bisa diajak bekerja sama untuk membangunnya bersama.

Namun, menemukan rekan bisnis yang tepat itu susah-susah gampang. Bahkan walaupun orang itu adalah anggota keluarga yang sudah Anda kenal baik, belum tentu Anda akan cocok untuk membuka bisnis dengannya. Sehingga kelangsungan bisnis akan bertahan lama dan meraih kesuksesan.Berikut Kita sukses Berbisnis Bersama Keluarga:

1. Persiapkan Bisnis Bersama-sama

Lakukan persiapan bisnis bersama-sama sejak awal untuk membangun kesatuan hati. Mulai dari memilih ide bisnis, menetapkan visi, hingga mengembangkan rencana dan strategi bisnis ke depannya. Pastikan jangan ada yang mau menang sendiri. Tapi bicarakan semuanya baik-baik agar tercipta kesepakatan bersama dan setiap pihak mengerti konsep bisnis yang akan dijalankan.

2. Bagi Tugas dengan Jelas

Setiap orang harus punya peran yang berbeda. Jangan ada yang menanggung tugas yang sama karena akan menimbulkan bentrok. Yang pasti, semuanya harus berkomitmen dalam menjalankan tanggung jawabnya masing – masing. Serta juga saling membantu dan menjunjung kerja sama tim yang baik.

3. Buat Perjanjian Hukum

Walaupun Anda memulai bisnis bersama keluarga terdekat, tetap harus ada kesepakatan kerja sama yang sah di mata hukum. Hal ini sangat penting sekalipun setiap pihak sudah saling percaya dalam ikatan persaudaraan. Dengan adanya perjanjian hukum, Anda maupun rekan bisnis Anda akan dituntut untuk bersikap secara profesional.

4. Jaga Komunikasi yang Baik

Jagalah komunikasi yang baik dengan rekan Anda. Pastikan tercipta transparansi dalam pekerjaan agar rasa percaya terus terjaga setiap waktu. Walaupun nantinya terdapat hal-hal yang tidak menyenangkan, bicarakan secara empat mata. Jangan ada hal yang disimpan sendiri, karena akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

5. Jangan Campur Masalah Bisnis dan Keluarga

Jika ada masalah dalam bisnis, jangan diambil hati secara personal. Begitu pula saat ada masalah dalam keluarga, sebaiknya jangan diungkit di tempat kerja karena akan menimbulkan kekacauan. Ingat, di luar urusan bisnis, Anda dan rekan Anda adalah saudara. Namun saat di kantor, semuanya harus bersikap profesional agar bisa tetap adil dan bijaksana dalam bekerja.

Tentang Isti RWD