Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Menjadi Besar

Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Menjadi Besar
Menjalankan Bisnis Tips Bisnis

Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Menjadi Besar – Setiap pengusaha pasti ingin membuat bisnisnya berkembang. Namun, berbisnis ibarat sebuah kompetisi di mana ada yang sukses maupun gagal. Bahkan, hanya sedikit yang berhasil memenangkan persaingan di dunia usaha yang semakin kompetitif.

Membesarkan bisnis tentu butuh upaya agar produk dan layanan tetap diminati dari tahun ke tahun. Anda harus menerapkan strategi promosi dan pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memuaskan kebutuhan target pasar Anda. Berikut sejumlah cara yang kerap diterapkan oleh sejumlah pebisnis dalam memajukan usahanya.

1. Perluas Jangkauan Pasar Anda

Buat produk Anda semakin dikenal dan mudah untuk dibeli. Memperluas jangkauan pasar dapat menjangkau konsumen-konsumen baru. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti menambah kanal penjualan dan memasang iklan. Misalnya, membuat produk di toko online Anda tersedia di berbagai website marketplacedan menitipkan produk Anda di toko ritel. Kemudian iklankan produk Anda di berbagai platform online maupun di media tradisional.

2. Pertahankan Pelanggan Lama

Konsumen baru memang penting, tapi kurang tepat jika Anda beranggapan bahwa cara mengembangkan bisnis itu hanya dengan mencari konsumen baru sebanyak-banyaknya. Namun, cara yang terbaik adalah dengan mempertahankan pelanggan lama.

Sebab lebih mudah membuat pelanggan lama terus membeli produk Anda, daripada memenangkan konsumen baru yang sama sekali belum tahu produk Anda atau belum pernah menggunakannya. Menjangkau pelanggan lama juga lebih hemat biaya promosi, sebab mereka sudah tahu produk Anda.

3. Lakukan Diversifikasi Produk

Kebutuhan manusia akan terus berubah dan kondisi zaman terus berkembang. Anda harus mengupayakan agar bisnis Anda dapat beradaptasi dengan perubahan. Sehingga Anda perlu membuat gebrakan dan inovasi dalam bisnis Anda, seperti melakukan diversifikasi atau penganekaragaman produk.

Diversifikasi adalah cara untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. Anda bisa menambah produk baru atau membuat varian baru dari produk yang sudah ada. Misalnya, jika selama ini Anda hanya menjual casing untuk iPhone, maka Anda bisa menjual juga casing untuk Android dan casing untuk laptop.

4. Ikuti Pameran Kewirausahaan

Ajang pameran entrepreneurship atau kewirausahaan dapat menjadi cara untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Sebab biasanya akan ada ribuan orang yang hadir dari berbagai wilayah dan banyak media nasional yang meliput.

Pameran kewirausahaan juga memberikan kesempatan bagi bisnis Anda untuk menjaring pelanggan secara langsung. Anda dapat bertemu dan berinteraksi secara tatap muka dengan orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk Anda. Bahkan mungkin saja bertemu dengan calon investor yang ingin bergabung mengembangkan bisnis Anda.

5. Kelola Keuangan dengan Tepat

Anda harus mengelola keuangan dengan tepat. Menumbuhkan bisnis kecil menjadi besar memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu menyiapkan dana untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda dan membiayai kegiatan-kegiatan bisnis Anda.

Untuk itu, pastikan Anda dapat mengelola piutang, utang, dan persediaan produk secara efektif. Manajemen keuangan penting agar arus kas tetap lancar setiap bulan, sehingga bisnis Anda tidak defisit dan keberlangsungan usaha dapat terjamin.

6. Membuat Bisnis Menjadi Franchise

Khususnya bagi bisnis offline, cobalah membuat bisnis kecil Anda menjadi bisnis waralaba atau franchise. Bisnis franchise berpeluang untuk berkembang dengan cepat. Anda harus membuat sistem franchise yang efektif dan menguntungkan Anda, tapi juga menguntungkan mitra bisnis.

Buatlah sistem kemitraan yang memungkinkan orang lain untuk memiliki hak kelola bisnis Anda. Kerja sama franchise ini akan menguntungkan secara materi dan membuat bisnis Anda ada di mana-mana.

7. Sediakan Pelayanan Terbaik

Pastikan Anda memiliki pelayanan pelanggan yang dapat diandalkan. Anda harus memberikan pelatihan bagi karyawan di bagian customer service agar mereka tahu cara menghadapi pelanggan yang berbeda-beda.

Pelanggan adalah aset yang berharga untuk kelangsungan usaha. Layani mereka dengan baik, mulai dari saat penawaran dan setelah pembelian. Terutama jika ada komplain, Anda harus mengatasinya hingga tuntas agar nama baik bisnis Anda tetap terjaga.

8. Minta Pelanggan Merekomendasikan Bisnis Anda

Meski pelanggan Anda menyukai produk Anda dan puas dengan pelayanannya, belum tentu mereka akan menceritakan bisnis Anda ke orang lain. Untuk itu, Anda harus memiliki inisiatif dalam meminta pelanggan untuk merekomendasikan bisnis Anda.

Bisa juga Anda menerapkan sistem referral di mana pelanggan akan mendapatkan komisi jika berhasil membawa pelanggan baru untuk bisnis Anda. Ini adalah strategi untuk membuat pelanggan setia dan mendapatkan pelanggan baru dari mereka.

Tentang Isti RWD