Tips Memulai Usaha Makanan Bakar

Tips Memulai Usaha Makanan Bakar
Memulai Usaha Tips Bisnis

Tips Memulai Usaha Makanan Bakar – Banyak faktor yang mendukung usaha makanan bakar anda akan tepat sasaran sehingga bagi pemain baru usaha ini minimal dikenal orang atau bagi usaha yang sudah berjalan harus bisa mempertahankan pelanggan. Pekerjaan berat yang memang dari awal harus sudah dipertimbangkan. Beberapa point penting adalah :

1. Menentukan segmentasi makanan bakar untuk siapa

Anda bisa melakukan pemetaan pasar dengan melayani satu kelompok yang memiliki kesamaan selera atau harapan tertentu terhadap produk makanan yang dibakar. Jika segmentasi berdasarkan daya beli, bisa dengan mengambil fokus makanan bakar untuk kelas bawah murah meriah.

Menentukan siapa dimana kapan dan akhirnya apa yang disajikan adalah penting. Setelah mengenali konsumen anda maka langkah selanjutnya terkait lokasi, seting tempat, design bahkan rekrut karyawan harus dipikirkan.

2. Memastikan anda memiliki tukang bakar yang handal 

Ayam, ikan, iga atau jenis makanan enak lainnya akan rusak rasanya jika tukang bakar tidak memiliki keahlian. Bisa jadi makanan tidak masak atau gosong. Steak adalah contoh jenis makanan yang sangat mengandalkan keahlian tukang bakar.

3. Membuat saos/sambal/bumbu olesan yang enak 

Variasikan macam-macam sambal sehingga ikan bakar murah meriah makin laris saja. Olesan untuk membakar akan menghasilkan variasi rasa yang berbeda dari pesaing misalnya usahakan memiliki bumbu olesan bahkan sambal/saos yang khas. Pisang bakar yang enak juga memerlukan saos/toping yang unik misalnya sehingga hasil bakar pisang menyatu dengan topingnya. Apalagi ayam bakar, ikan bakar bahkan iga, peranan sambal sangat penting.

4. Memilih bahan baku yang bermutu dan segar

Memastikan bahan baku segar sangat penting sekali. Ikan mudah busuk jika pendingin tidak dijaga denga baik. Agar hasil baik dan mendapatkan harga ikan yang murah sebaiknya membeli langsung ke lapak, pengepul atau bahkan nelayan langsung sehingga kesegaran lebih terjamin. Ikan yang bagus akan menghasilkan rasa yang lezat juga. Sama juga dengan bahan baku lain. Misalnya jagung atau pisang harus memiliki tingkat kesegaran dan kematangan (ripening) yang pas

Tentang Isti RWD