Beberapa Tips Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Beberapa Tips Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan
Karyawan Bisnis Tips Bisnis

Beberapa Tips Mudah Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan – Pada artikel sebelumnya, Intermezzo telah membahas strategi meningkatkan produktifitas kerja karyawan yang terbagi dalam 3 langkah strategis. Kali ini, kami akan berbagi tips praktis tentang cara mudah meningkatkan kedisiplinan karyawan.Seperti yang telah kami sebutkan dalam artikel sebelumnya, bahwa produktifitas karyawan dapat diciptakan.

Produktifitas bukanlah suatu hal yang mutlak dan tidak bisa berubah, sehingga Anda berpeluang besar untuk memacu dan menciptakannya. Begitu pula dengan kedisiplinan karyawan Anda. Kedisiplinan termasuk hal yang bisa berubah-ubah, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika saat ini banyak karyawan Anda kurang disiplin. Berikut Beberapa Tipsmudah meningkatkan kedisiplinan karyawan:

  • Penuhi Hak Kayawan secara Adil dan Transparan

Sebelum menuntut kedisiplinan tinggi dari karyawan Anda, coba introspeksi diri terlebih dahulu: apakah Anda sudah memenuhi semua kebutuhan karyawan Anda secara adil. Transparansi atau keterbukaan adalah sesuatu yang sangat sensitif bagi seorang karyawan. Jika Anda memperlakukan antar-karyawan secara tidak adil, tentu saja karyawan Anda berubah tidak respect kepada Anda.

Untuk itu, sebelum menuntut kedisplinan tinggi dari karyawan Anda, pastikan Anda telah memenuhi semua hak karyawan secara adil dan transparan. Mulai dari sistem penilaian, penggajian, hingga promosi jabatan

  • Sebagai Bos, Cobalah Memperlakukan Karyawan Sebagai Teman

Cara mudah meningkatkan kedisiplinan karyawan yang kedua yaitu perlakukan karyawan Anda sebagai teman. Meskipun Anda seorang bos, hindari sifat bossy yang dibenci karyawan Anda. Anggap mereka sederajat dengan Anda, meski pada kenyataannya Anda adalah atasan mereka. Dengan memperlakukan karyawan sebagai teman, mereka akan merasa lebih nyaman dan tidak terkekang.

Sehingga, bertemu dengan Anda di kantor bukan lagi menjadi momok yang menakutkan. Sebaliknya, layaknya seorang teman, maka karyawan Anda akan senang dan antusias setiap bertemu dengan Anda. Rasa nyaman inilah yang akan memacu karyawan Anda semakin rajin dan disiplin dalam bekerja.

  • Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Kondusif

Selama ini Anda mungkin hanya berfokus menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif dari segi fisik saja. Misalnya dengan mendesain interior ruangan kerja yang asri, elegan, dan minimalis sambil berharap karyawan Anda akan lebih semangat dalam bekerja. Namun, itu saja belum cukup untuk meningkatkan kedispilinan karyawan Anda. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif, tidak hanya dari segi fisik ruangan kerja, namun juga hubungan antar pekerja.

Karyawan Anda adalah makhluk dengan sejuta sensitivitas emosi. Meskipun ruangan kerja di kantor Anda terasa nyaman, akan menjadi sia-sia jika hubungan antar-orang di dalamnya kaku seperti es yang beku. Bekerja pun penuh rasa bosan, lelah, dan tidak bersemangat. Untuk itu, saatnya menciptakan hubungan antar-pekerja yang membawa kenyamanan satu sama lain. Dorong karyawan Anda untuk saling mendukung dan menghargai, bukan berkompetisi.

  • Buatlah Aturan Sewajarnya Tegas Namun Tetap Manusiawi

Selama ini kita cenderung menilai bahwa kedisplinan dapat ditingkatkan melalui pemberlakuan sejumlah aturan. Hal itu tidak salah. Peraturan memang harus diciptakan, serta diberlakukan secara tegas dan mengikat Namun, perlu digarisbawahi: Anda tidak harus memberlakukan aturan secara ketat dan berlebihan hingga membuat karyawan Anda merasa terkekang.

Pastikan Anda memiliki data, ukuran, atau referensi pembanding yang tepat sebagai acuan dalam menentukan setiap peraturan di kantor Anda. Jangan terlalu memaksakan kehendak hanya untuk mengejar kedisiplinan karyawan. Jika sikap ini yang Anda miliki, bersiaplah karyawan Anda akan meninggalkan Anda secara perlahan.

  • Dengarkan Ide dan Pendapat Karyawan

Kedisiplinan karyawan juga dapat ditingkatkan dengan memberikan mereka kebebasan berpendapat atau urun ide. Jangan hanya menuntut mereka melakukan semua pekerjaan sesuai keinginan Anda, namun dengarkan juga bagaimana ide dan gagasan mereka. Berilah karyawan kebebasan untuk berinovasi memajukan perusahaan Anda. Bisa jadi, ide dan gagasan mereka akan membantu Anda mengubah masa depan perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Dengan memberikan ruang inovasi selebar-lebarnya bagi karyawan, karyawan akan merasa lebih dihargai dan mampu berkembang lebih baik lagi di kantor Anda. Pekerjaan terasa tidak monoton dan mereka pun akan lebih bersemangat datang ke kantor setiap hari.

Tentang Isti RWD