Beberapa Tips Mempromosikan Bisnis

Beberapa Tips Mempromosikan Bisnis
Mempromosikan Bisnis Tips Bisnis

Beberapa Tips Mempromosikan Bisnis – Promosi merupakan kegiatan terpenting, yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahu, dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut.

Untuk mengadakan promosi, setiap perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi manakah yag dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan. Berikut ini beberapa cara jitu untuk mempromosikan bisnis Anda.

1. Direct Selling (Penjualan Langsung)

Menjual barang secara langsung ke konsumen adalah mengenalkan produk kepada mereka, yang berarti juga mempromosikan produk yang dijual. Sekalipun terget konsumen tidak membeli produk yang Anda jual, penjelasan mengenai produk telah berfungsi mempromosikan produk.

2. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Anda tentu sering melihat begitu gencarnya supermarket menawarkan produk dengan harga diskon,potongan harga,paket murah, dan sejenisnya pada hari-hari tertentu. Sekarang bukan hanya perusahaan sekelas supermarket yang melakukan hal semacam itu.

Bisnis sampingan skala kecil, waralaba makanan, dan waralaba minuman pun bisa melakukan hal tersebut. Memang biasanya usaha tersebut tidak membawa keuntungan langsung, tetapi yang lebih ditekankan adalah agar target konsumen tertarik mencoba produk yang dijual.

Promosi penjualan sangat tepat dilakukan ketika memulai suatu usaha atau pada moemn penting, seperti tahun baru,hari lebaran, dan hari-hari khusus.

3. Public Relation (Kegiatan Hubungan Masyarakat)

Usaha skala kecil seperti bisnis sampingan tetap memerlukan kegiatan PR. Bayangkan, jika usaha Anda dicap sebagai usaha yang tudak pernah ikut dalam berpartisipasi dalam kegiatan sosial di lingkungan, tentu akan berpengaruh pada kemajuan usaha Anda.

Oleh karena itu, anggarkan dana untuk kegiatan PR. Cara ini akan meningkatkan citra usaha sekaligus meningkatkan penjualan.

4. Publication (Publikasi)

Bisakan usaha dengan modal kecil melakukan publikasi di media cetak dan elektronik ? Jawabanya, bisa, asalkan dikemas dengan cara yang cerdik. Hal tersebut akan menarik minat konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.

Tentang Isti RWD