Tips Menjalankan Bisnis Sambil Kerja Full-time

Tips Menjalankan Bisnis Sambil Kerja Full-time
Dunia Kerja Menjalankan Bisnis

Tips Menjalankan Bisnis Sambil Kerja Full-time – Anda bisa memulai usaha sambil kerja penuh waktu atau full-time. Anda tak harus mengundurkan diri agar dapat mengelola bisnis Anda. Bekerja sebagai karyawan sambil membangun bisnis memang akan sangat merepotkan. Idealnya, Anda fokus saja pada salah satu. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan keduanya berbarengan.

Apalagi tidak mudah untuk memutuskan berhenti dari pekerjaan, lalu memulai bisnis dari nol. Tidak masalah jika Anda belum siap untuk resign. Anda bisa kok menjalankan usaha sambil bekerja. Nah, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan jika ingin sukses berbisnis sambil bekerja.

1. Pilih Bisnis yang Tepat

Bekerja secara full-time sambil menjalankan usaha akan berisiko gagal, jika Anda salah memilih bisnis. Waktu mengelola bisnis begitu terbatas, sehingga Anda harus mengukur kapasitas diri dengan realistis.

Sebaiknya, mulailah sebuah bisnis kecil terlebih dahulu yang kira-kira Anda bisa mengurusnya sambil bekerja. Jika Anda merasa tidak mampu, jangan paksakan. Pikirkan baik-baik, agar Anda bisa sukses dalam pekerjaan maupun bisnis.

2. Pastikan Tidak Melanggar Kontrak Kerja

Sejumlah perusahaan melarang karyawannya untuk berbisnis, apalagi jika bidang bisnis yang dijalankan itu sama dengan bisnis perusahaan. Pastikan Anda bebas dari ikatan hukum. Baca kembali surat kontrak kerja.

Cermati apakah ada larangan untuk menjalankan pekerjaan atau usaha sampingan. Jika ada, berarti Anda akan melanggar kontrak dan dipecat, serta reputasi akan tercoreng di kalangan profesional. Namun, jika tidak ada, berarti Anda bebas untuk berbisnis.

3. Atur Waktu untuk Mengurus Bisnis

Sesibuk apakah pekerjaan Anda sebagai karyawan? Coba atur waktu Anda sehari-hari. Buat jadwal dari Senin sampai Minggu. Tentukan kapan Anda punya waktu untuk bisnis Anda. Misalnya, setiap malam setelah pulang dari kantor Anda menyisihkan waktu 3 jam untuk mengurus bisnis.

Mengingat jadwal Anda yang akan semakin padat, maka kurangi waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Jika biasanya Anda punya waktu seharian untuk bersantai di akhir pekan, maka saat Anda berbisnis, waktu bersantai Anda akan semakin berkurang. Anda harus disiplin dalam menggunakan waktu untuk bisnis yang terbatas.

4. Tetap Fokus Bekerja di Kantor

Menjalankan bisnis sambil kerja bisa membuat Anda kurang fokus di kantor. Untuk itu, pisahkan urusan pekerjaan dan bisnis. Jadilah karyawan yang profesional dengan tetap fokus bekerja dan menyelesaikan semua tugas dengan baik saat sedang di kantor.

Jangan sampai bisnis Anda membuat pekerjaan jadi berantakan. Sebab Anda masih bertanggung jawab penuh pada perusahaan yang menggaji Anda setiap bulan. Jagalah kredibilitas dan nama baik Anda.

5. Miliki Orang Kepercayaan di Bisnis Anda

Jika bisnis Anda tidak mungkin dikelola sendiri, maka Anda harus memiliki orang kepercayaan dalam mengurus bisnis. Misalnya, Anda membuka usaha minuman milk tea, maka Anda pasti membutuhkan pekerja agar bisnis bisa berjalan.

Pastikan pekerja Anda adalah orang yang memiliki komitmen. Anda pasti sangat bergantung padanya, karena Anda tidak mungkin menjaga booth milk tea disaat Anda sedang bekerja. Anda baru bisa mengontrolnya saat pulang dari kantor atau di akhir pekan.

6. Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Tantangan pasti semakin banyak saat Anda berbisnis sambil bekerja. Kesibukan Anda sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Hal ini akan membuat Anda lebih gampang stres. Supaya hidup Anda seimbang, jangan hanya fokus berbisnis dan bekerja. Salurkan beban Anda dengan bersenang-senang. Sediakan waktu untuk menikmati waktu sendiri dengan beristirahat, jalan-jalan, dan berkumpul bersama orang-orang terdekat.

Tentang Isti RWD