Tips Memulai Usaha Dengan Modal Terbatas

Tips Memulai Usaha Dengan Modal Terbatas
Inspirasi Usaha Modal Usaha

Tips Memulai Usaha Dengan Modal Terbatas – Tak perlu modal besar untuk memulai usaha. Manfaatkan saja modal yang dimiliki saat ini. Jika didampingi oleh niat yang kuat dan usaha yang keras, modal kecil bisa menghasilkan untung yang besar. Maka tak perlu menunda lebih lama untuk memulai bisnis. Sesungguhnya tak ada waktu yang paling tepat untuk melakukan sesuatu. Maka mulai sekarang juga. Percayai diri Anda. Berusahalah sebaik mungkin dengan modal yang ada, niscaya Anda akan meraih kesuksesan. Berikut ini adalah tips memulai usaha dengan modal terbatas :

1. Mulai dengan menjadi agen atau perantara
Berbisnis tak terbatas pada membuka toko atau menciptakan perusahaan. Dengan modal kecil, sebaiknya Anda mulai dengan menjadi agen atau perantara. Cari perusahaan yang sudah mapan. Tawarkan diri untuk menjual produk mereka. Anda bisa melakukannya dengan mendatangi konsumen satu per satu secara langsung. Atau Anda bisa memanfaatkan jasa internet. Tawarkan saja produk ke forum jual-beli online. Dengan demikian, Anda bisa menghemat tenaga. Jangan mudah menyerah jika ditolak oleh konsumen. Tenang saja, pengusaha memang harus mengalami kegagalan sebelum meraih kesuksesan. Kumpulkan gaji sedikit demi sedikit. Setelah memiliki modal yang lebih banyak, Anda bisa membuka usaha sendiri.
2. Cermati peluang yang ada
Jika modal terbatas, akan sulit untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lebih mapan. Coba cari bidang bisnis yang masih sedikit saingannya. Cermati peluang yang ada. Lakukan riset pasar. Dengarkan keluhan orang-orang di sekitar Anda. Ciptakan bisnis yang unik. Misalnya saja, saat ini kebudayaan Korea sedang diminati di Indonesia. Anda bisa membuka salon khusus untuk orang-orang yang menyukai gaya Korea. Gaya rambut ditawarkan adalah gaya yang banyak digunakan oleh artis dari negara tersebut. Karyawan juga sebaiknya mengenakan busana Korea. Bisnis seperti ini akan menarik banyak pengunjung. Selain itu, Anda tak perlu dipusingkan oleh saingan.
3. Minta uang muka terlebih dahulu
Jika modal Anda terbatas, buat kebijakan untuk memberi uang muka. Misalnya saja Anda membuka usaha produksi kaos dalam jumlah banyak. Minta uang muka pada konsumen. Dengan modal uang tersebut, Anda dapat memproduksi kaos yang dipesan. Sisa uang yang dibayar oleh konsumen bisa menjadi tambahan modal. Dengan menerapkan sistem uang muka ini, usaha Anda bisa berjalan walaupun dengan modal terbatas. Jika usaha sudah lebih sukses dan modal sudah banyak, pertimbangkan untuk menghapus sistem ini. Sebab sebagian konsumen keberatan apabila diharuskan untuk membayar uang muka. Mereka takut jika hasil produk yang dipesan tidak sesuai harapan. Jika sudah memberi uang muka, mereka terpaksa membeli produk tersebut walaupun tidak ingin. Hapus kekhawatiran tersebut. Pastikan kualitas produk Anda selalu terjaga.
4. Ajukan kredit
Modal bisnis tak hanya bisa berasal dari uang Anda sendiri. Jika tidak memiliki cukup banyak uang, coba pinjam pada orang tua atau kerabat Anda. Namun jika mereka tidak bisa meminjamkan, coba ajukan kredit pada bank. Persiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Supaya kredit disetujui, buat proposal bisnis Anda dengan baik. Buat pihak bank percaya bahwa bisnis tersebut akan sukses, jadi Anda bisa mengembalikan kredit yang mereka berikan. Selain itu, sebaiknya Anda memiliki penjamin utang, misalnya saja orang tua Anda. Pihak bank akan lebih mudah memberikan kredit.

Tentang Isti RWD