Cara Mengatasi Karyawan Curang

Cara Mengatasi Karyawan Curang
Karyawan Curang Mengatasi Masalah Bisnis Menyikapi Masalah Bisnis

Cara Mengatasi Karyawan Curang – Setelah mengetahui modus kecurangan karyawan restoran, sekarang saatnya Anda mempersiapkan diri melakukan pencegahan. Jangan sampai karyawan di restoran Anda melakukan salah satu dari modus kecurangan tersebut. Berikut adalah langkah strategis untuk mengatasi karyawan curang di restoran Anda.

1. Selektif dalam Merekrut Karyawan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari kecurangan adalah selektif dalam merekrut karyawan. Perhatikan betul track record atau pengalaman kerjanya selama ini. Selain itu, jangan hanya fokus merekrut karyawan dengan kualitas hard skill yang mumpuni. Tapi, pertimbangkan juga bagaimana attitude dan soft skill mereka.

2. Lakukan Uji Kejujuran

Anda juga bisa melakukan uji kejujuran sederhana untuk mengetes kejujuran karyawan Anda. Misalnya, coba letakkan uang secara diam-diam dekat karyawan Anda, dan coba perhatikan bagaimana reaksinya. Apakah dia akan mengambil uang tersebut tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu, atau pun sebaliknya.

3. Lakukan Audit Internal secara Rutin dan Mendadak

Untuk meningkatkan kinerja karyawan Anda, terutama dalam perekapan data administrasi, Anda perlu melakukan audit internal secara rutin. Sehingga, karyawan Anda terbiasa bekerja sesuai prosedur dan terhindar dari melakukan kecurangan. Anda juga bisa melakukan audit internal secara mendadak untuk memastikan karyawan Anda bekerja dengan baik kapanpun.

4. Awasi Kinerja Karyawan dari CCTV

Anda bisa melengkapi restoran Anda dengan kamera tersembunyi (CCTV) agar kinerja karyawan Anda bisa diawasi secara lebih optimal. Dengan begitu, karyawan akan lebih disiplin dan berpikir berulang kali sebelum melakukan kecurangan. Untuk mendapatkan CCTV dengan fitur dan harga terbaik, Anda bisa kunjungi pusat CCTV terlengkap dan berkualitas disini.

5. Miliki Alat Kasir Modern Berbasis Software

Dalam memilih software, Anda perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih software restoran yang bisa cek stok bahan baku secara real time kapanpun dan dimanapun. Sehingga dapat mengurangi potensi pencurian stok bahan baku. Anda juga perlu memilih software POS yang bisa menyajikan laporan omzet secara otomatis.

6. Buat Laporan Keuangan Anda dengan Software Akuntansi

Akan lebih efektif jika Anda memilih software POS yang terintegrasi secara langsung dengan software akuntansi. Sehingga Anda bisa mendapatkan laporan akuntansi secara lebih lengkap dan detail. Mulai dari perhitungan laba-rugi, arus kas, hingga faktur pajak. Sehingga, potensi kecurangan karyawan untuk mengakali laporan keuangan bisa diminimalisir.

7. Lakukan Komunikasi yang Baik dengan Karyawan Anda

Pencegahan kecurangan karyawan yang ketujuh yaitu lakukanlah komunikasi yang baik dengan semua karaywan Anda. Pahami kebutuhan mereka dan cari tahu bagaimana latar belakang kehidupannya sehari-hari. Bersikap lebih dekat dan akrab dengan semua karyawan akan membuat mereka lebih nyaman kepada Anda. Sehingga mereka pun akan lebih sungkan untuk melakukan kecurangan.

Tentang Isti RWD