Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Bisnis

Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Bisnis
Kesalahan dalam Berbisnis

Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Bisnis – Walaupun keuntungan yang diterima bisa menjadi besar, namun belum tentu bisnis akan berjalan dengan baik dan lancar selalu. Kadang kala Anda harus siap memperoleh resiko investasi dalam bentuk kerugian yang akhirnya berujung pada kebangkrutan usaha Anda.

Salah satu penyebab Anda mengalami kegagalan ketika menjalankan bisnis adalah karena salah memilih ruko yang dijadikan sebagai tempat usaha. Bahkan kesalahan ini pun sering dilakukan berulang-ulang sebagai berikut:

1. Membeli ruko sebelum memulai usaha

Adanya ruko memang penting dan harganya pun tak main-main. Kesalahan yang sering dilakukan adalah banyak pemilik bisnis yang akhirnya membeli ruko itu sebelum memulai usaha. Padalah Anda belum tahu apakah bisnis yang nantinya Anda lakukan ini akan laku besar dan segera menutup biaya pengeluaran khususnya dalam hal membeli ruko.

Setidaknya Anda bisa melakukan sewa per bulan maupun per tahunnya sebagai bentuk uji coba terhadap tempat yang Anda pilih. Apabila Anda langsung membelinya dan mengetahui jika bisnis tak berjalan lancar, maka Anda akan merugi walaupun ruko dapat dijual kembali.

2. Lokasi yang tidak tepat

Inilah kesalahan yang sebenarnya telah diketahui oleh seluruh pemilik bisnis namun tetap saja ada sebagian dari mereka yang ternyata salah memilih lokasi. Seringkali mereka hanya berpedoman pada ruko yang berharga murah tanpa tahu lokasi yang mereka inginkan. harga murah pasti ada sebabnya dan biasanya penyebabnya adalah lokasinya yang tidak strategis.

Sebagus apapun ruko yang Anda sewa atau miliki serta seberapa bagus bisnis yang Anda jalankan, apabila lokasinya tidak bagus, maka jangan harap usaha akan bertahan lama. Hal ini tetap berlaku ketika Anda melakukan promosi.

3. Akses yang sulit ditempuh

Ini juga merupakan keteledoran yang seringkali dilakukan oleh para pemilik bisnis dimana mereka memilih ruko yang sulit diakses oleh calon konsumen. Meskipun terletak di jalan raya atau lokasi yang benar-benar strategis, namun jika tak dapat diakses oleh konsumen atau sulit mencapainya, maka konsumen pun tak akan ambil pusing untuk pergi menuju kesana.

Mereka akan lebih memutuskan untuk mencari lokasi usaha serupa atau sama dengan bisnis Anda dimana lokasinya mudah diakses menggunakan jalan apapun dan tidak menyulitkan mereka. seluruh kendaraan bisa masuk, jalanan tidak rusak dan tidak terlalu jauh akan menjadi prioritas dari konsumen untuk mencari bisnis yang mereka butuhkan.

4. Perijinan yang tidak tepat

Masalah perijinan merupakan hal yang paling sering terjadi dan menimpa para pemilik bisnis. Mereka seringkali tak mengecek atau memeriksa keseluruhan mengenai ijin mendirikan bangunan maupun ijin lokasi yang diberikan sehingga ketika bisnis tengah berjalan, mereka pun akhirnya terjegal kasus hukum bahkan dilarang menggunakan ruko terkait lagi.

Tentunya hal ini sangat merugikan karena Anda telah mengeluarkan uang untuk membeli atau menyewa ruko. Sebagai contoh ruko Anda ternyata dibangun di atas tanah sengketa, tentu saja hal ini menjadi masalah bagi Anda ke depannya.


5. Fasilitas yang tidak lengkap

Mungkin Anda merasa bingung sebab yang namanya ruko pasti masih dalam keadaan kosong. Namun masih ada yang bisa diperoleh dalam keadaan kosong itu seperti aliran listrik yang lancar, aliran air yang juga lancar termasuk kamar mandi. Fasilitas lain bisa berupa dinding yang bagus artinya cat tidak luntur, mengelupas, lantai tidak pecah dan sebagainya sehingga tak banyak renovasi yang dilakukan. Namun seringkali pemilik bisnis tak mengetahui atau memeriksa hal ini.

6. Kondisi luar ruko

Seringkali kesalahan para pemilik bisnis adalah melihat kondisi dalam ruko saja dan melupakan kondisi luarnya padahal ini sangat penting. Misalkan ruko Anda terlalu dekat dengan jalan raya yang berdebu dan Anda membuka kedai makanan. Tentunya masyarakat akan meninggalkan bisnis milik Anda ini sebab lokasinya tidak nyaman.

7. Struktur gedung yang salah

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan adalah pemilik bisnis tak mengecek kondisi maupun juga struktur dari bangunan dan akhirnya mengeluh pada pemilik ketika bisnis telah dijalankan sebagai contoh jika hujan, ternyata ada atap yang bocor, berlumut, atau banyak rayap.

Tentang Isti RWD