Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis

Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis
Kepemimpinan Management Bisnis

Tips Mengatasi Sikap Pesimistis dalam Berbisnis – Anda tahu bahwa berpikir positif akan membuat Anda menjadi lebih baik dan tetap optimis saat menjalankan bisnis. Namun, terkadang Anda bisa menjadi orang yang pesimis dalam menatap masa depan. Anda melihat segalanya dari sudut pandang yang negatif, sehingga membuat Anda merasa pesimistis.

Jika Anda mengalaminya, Anda akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis Anda. Itu karena Anda akan selalu mudah berputus asa sebelum Anda melakukan apapun. Padahal, untuk mencapai keberhasilan usaha, Anda harus selalu bersikap optimistis. Sehingga sekalipun ada banyak masalah yang terjadi, Anda tetap memiliki harapan ke depannya. Maka dari itu, bagi Anda yang sering bersikap pesimistis, coba terapkan tips berikut.

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Berhenti menyalahkan diri Anda saat terjadi masalah. Sekalipun Anda melakukan kesalahan, Anda tidak perlu menyesali diri berlarut-larut. Namun, lakukan refleksi diri dan mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki. Dengan begitu, Anda tidak cuma berfokus pada permasalahan, tapi memusatkan perhatian pada pencarian solusi.

2. Tetap Menyibukkan Diri

Saat Anda melamun atau tidak bekerja, pikiran Anda cenderung melayang ke mana-mana. Hal ini dapat membuat Anda malah berpikir yang tidak-tidak, sehingga membuat Anda menjadi pesimistis. Maka dari itu, tetaplah menyibukkan diri dengan pekerjaan. Kontrol pikiran dan perasaan Anda dengan menjaga produktivitas setiap hari.

3. Lakukan Afirmasi Positif

Afirmasi positif dapat berdampak positif terhadap diri Anda. Anda yang mengontrol apa yang Anda pikirkan, sehingga Anda sendiri yang menumbuhkan motivasi untuk mencapai tujuan Anda. Contohnya, Anda mengucapkan kata-kata “target bisnis di bulan ini pasti tercapai” ke diri sendiri. Ini akan membuat Anda merasa lebih optimis dalam menjalankan usaha, karena keyakinan dalam diri tetap terjaga.

4. Bergaul dengan Orang yang Optimis

Orang-orang di sekitar Anda dapat mempengaruhi cara Anda dalam berpikir dan bertindak. Maka dari itu, selektiflah dalam memilih komunitas dan bergaul. Lebih baik perbanyak jaringan bisnis yang dapat berpengaruh secara positif terhadap hidup Anda. Karena mereka dapat mendorong Anda dan juga membantu Anda dalam berbisnis.

5. Mencatat Hal-Hal Baik Setiap Hari

Dalam mengatasi sikap pesimistis, Anda harus fokus dengan hal-hal yang positif. Anda bisa dengan mencatat hal-hal baik apa saja yang terjadi setiap hari. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak bersyukur daripada mengeluh. Anda memilih untuk bahagia dan menyingkirkan perasaan negatif yang tidak perlu.

6. Mengapresiasi Orang Lain

Saat Anda memberikan apresiasi pada orang lain, Anda biasanya akan mendapatkan apresiasi balasan dari orang lain. Hal ini membuat hidup Anda menjadi lebih berwarna dan penuh sukacita. Maka dari itu, berhenti mengasihani diri dan mulai memperhatikan sesama. Karena menyebarkan kebaikan akan membuat hidup Anda terasa lebih positif.

Tentang Isti RWD