Tips Untuk Pebisnis Muda yang Baru Memulai Usaha

Tips Untuk Pebisnis Muda yang Baru Memulai Usaha
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

Tips Untuk Pebisnis Muda yang Baru Memulai Usaha – Menurut Asosiasi Usaha Kecil, lebih dari 50 persen dari bisnis baru gagal hanya dalam lima tahun pertama. Mengapa? Karena banyak pebisnis muda yang memulai usahanya dengan cara yang tidak tepat. Mereka meremehkan jumlah waktu, tenaga, dedikasi dan perhatian yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis yang sukses. Berikut ini adalah tips-tips yang perlu diketahui pebisnis muda yang baru memulai usaha bisnis mereka:

1. Tentukan pasar yang ingin Anda masuki
Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis, Anda harus terlebih dahulu memikirkan konsep, produk atau jasa yang akan menghasilkan aliran pendapatan. Hal ini mungkin terdengar mudah, tetapi bagi kebanyakan orang, ini sebenarnya adalah bagian tersulit. Anda harus memahami rencana yang menempatkan pengetahuan, pengalaman dan keahlian untuk menggunakan dengan cara yang paling menguntungkan mungkin. Setelah Anda menetap di sebuah ide, penelitian pasar untuk melihat bagaimana bisnis serupa telah bernasib.
2. Pastikan Anda memiliki passion di bidang tersebut
Tidak semua orang cocok untuk memulai bisnis mereka sendiri. Ada beberapa ciri kepribadian yang umum di kalangan pebisnis sukses yaitu disiplin, hemat, percaya diri, punya kemampuan komunikasi yang baik, kerendahan hati, kejujuran dan integritas, keterampilan pencatatan yang luar biasa, motivasi, kesehatan yang baik, optimisme dan banyak lagi. Seorang pebisnis harus mampu berkomitmen untuk bekerja selama 60, 70, hingga 80 jam seminggu. Pastikan bahwa Anda memiliki passion di bisnis yang akan Anda kembangkan karena untuk menjadi pebisnis sukses membutuhkan usaha luar biasa keras.
Membangun bisnis adalah seperti memiliki seorang anak. Anda mencintai anak tanpa syarat dan bangga dengan semua prestasi mereka, tapi sepanjang jalan membesarkannya pasti akan ada kesulitan. Anda tidak bisa berhenti mencintai anak jika mereka melakukan kesalahan. Sebaliknya Anda membantu mereka untuk tumbuh dan mendukung mereka tidak peduli apapun risikonya. Seperti inilah bagaimana pebisnis harus menjalankan bisnisnya.
3. Jujur pada diri sendiri 
Dalam memulai bisnis, yang harus selalu dipegang adalah jujur pada diri sendiri dan mengetahui kelemahan Anda. Jika Anda sangat tidak nyaman berurusan dengan pelanggan, melakukan pembukuan, atau melakukan panggilan penjualan, apa pun kelemahan tersebut harus dikenali terlebih dahulu. Setelah mengenali mereka, Anda perlu untuk mengimbangi kelemahan-kelemahan tersebut. Kompensasinya mungkin harus meluangkan waktu ekstra untuk mempersiapkan panggilan penjualan, berlatih sampai Anda dapat merasa nyaman, mengambil pelatihan penjualan atau kursus, mengambil kelas pembukuan atau mempekerjakan seseorang untuk melakukan pekerjaan Anda. Tetapi kuncinya adalah mengetahui kelemahan Anda, menghadapinya, dan melakukan kompensasinya. Seringkali  kelemahan bisa menjadi kekuatan, tergantung pada berapa banyak usaha yang telah Anda lakukan.
4. Lakukan kalkulasi keuangan dengan matang
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu alasan utama bisnis baru gagal adalah kalkulasi keuangan yang buruk. Jika berencana untuk memulai sebuah bisnis, Anda harus memiliki rencana bisnis dan kalkulasi keuangan. Hal ini akan berfungsi sebagai peta jalan untuk membimbing Anda, dan alat komunikasi dengan bank atau investor mengenai apa yang dilakukan dan mengapa mereka harus berinvestasi di bisnis Anda. Rencana bisnis dan kalkulasi keuangan harus mencakup pernyataan misi, ringkasan eksekutif, produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, rencana pemasaran, industri dan analisis kompetitif, keuangan pro-forma, resume untuk kepala perusahaan, penawaran Anda, dan lampiran dengan informasi terkait lainnya.
5. Manfaatkan teknologi dan jejaring sosial
Sosial media merupakan layanan internet yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan orang lain dan berbagi dan menciptakan konten melalui komunitas online. Sosial media menyajikan peluang pemasaran besar untuk semua jenis bisnis. Anda dapat menggunakan sosial media untuk :

Tentang Isti RWD