Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Bagi Pekerja Kantoran 

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Bagi Pekerja Kantoran 
Bisnis Sampingan Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Sampingan Bagi Pekerja Kantoran – Biaya hidup semakin lama semakin mahal. Kebutuhan yang terus bertambah membuat Anda kesulitan dalam mengatur keuangan. Kini pengeluaran terus bertambah dan Anda merasa sudah saatnya untuk meningkatkan pendapatan. Anda butuh uang tambahan untuk mencukupi kebutuhan bulanan Anda.

Bagi para pegawai atau pekerja kantoran, tentu menjadi dilema jika harus berhenti dari pekerjaan dan melamar di perusahaan lain yang gajinya lebih besar. Atau pun jika berhenti bekerja untuk memulai bisnis sendiri, tentu tidak mudah untuk dijalankan. Solusinya, bisa dengan memulai usaha sampingan tanpa harus pindah atau berhenti bekerja sebagai karyawan.

1. Fokus Pada Satu Bisnis Saja

Tertarik menjalankan beberapa usaha sampingan sekaligus? Lebih baik Anda mengurungkan niat Anda. Sebab Anda harus menyadari kapasitas Anda sebagai karyawan yang masih punya tanggung jawab pada perusahaan Anda saat ini. Anda tidak akan maksimal mengelola banyak hal sekaligus.

Sebaiknya, fokus saja memilih sebuah usaha sampingan. Dari sekian banyak ide bisnis di pikiran Anda, pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda dalam mengelolanya, sehingga Anda menguasai dan menyukai apa yang Anda kerjakan.

2. Buat Rencana Bisnis

Setelah menentukan jenis usaha yang ingin dimulai, segera buat rencana bisnisnya. Meski hanya usaha sampingan dan kecil-kecilan, Anda tetap harus memiliki perencanaan yang jelas agar Anda tahu apa saja yang perlu dipersiapkan dan apa saja yang harus dilakukan saat bisnis telah berjalan.

Perencanaan bisnis meliputi banyak hal di antaranya persiapan produk, mengumpulkan modal usaha, melakukan riset terhadap kondisi pasar, membuat strategi promosi dan pemasaran, mencari rekan bisnis, menentukan tujuan bisnis, dan lain-lain. Semuanya perlu dipersiapkan dengan matang agar usaha Anda punya arah yang jelas.

3. Manfaatkan Internet untuk Berbisnis

Jika Anda menjalankan usaha sampingan berbasis online, pastikan Anda sudah menguasai strategi promosi dan pemasaran melalui internet. Sementara jika Anda menjalankan bisnis offline, pastikan minimal bisnis Anda terhubung dengan teknologi, seperti dengan membuat akun media sosial atau website untuk bisnis Anda.

4. Perluas Jaringan Pertemanan

Jika selama ini Anda jarang bergaul karena pendiam atau terlalu sibuk bekerja, maka lebih baik Anda mulai mengubah perilaku Anda dan menyempatkan diri untuk memperluas jaringan pertemanan atau networking. Karena jika Anda tidak punya banyak kenalan, Anda akan kesulitan untuk mempromosikan usaha Anda.

Biasanya, orang-orang yang kita kenal yang akan menjadi konsumen pertama. Tidak hanya soal penjualan, networking juga akan memacu semangat Anda untuk menjalankan bisnis. Anda bisa bertukar pikiran mengenai dunia bisnis dan mendapatkan inspirasi yang bisa Anda terapkan pada usaha Anda.

5. Jangan Tunda Pekerjaan Kantor

Selain itu, Anda jangan mengabaikan tanggung jawab Anda di kantor. Memang sulit untuk fokus pada dua hal, yakni pekerjaan dan usaha sampingan. Namun Anda harus bisa membagi prioritas agar keduanya bisa berjalan beriringan. Atur waktu setiap hari sebijaksana mungkin untuk keduanya.

Tentang Isti RWD