Tips Meningkatkan Omset Jualan Online Anda

Tips Meningkatkan Omset Jualan Online Anda
Bisnis Online Inspirasi Bisnis

Tips Meningkatkan Omset Jualan Online Anda – Sudah coba melakukan jualan online di berbagai media yang tersedia tapi omset masih segitu-gitu saja, Mungkin ada beberapa hal yang belum Anda maksimalkan. Jualan online mungkin terlihat sebagai sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Tapi ternyata tetap membutuhkan kemampuan tertentu, Semua orang mungkin bisa berjualan secara online, karena caranya cukup mudah hanya mengunggah foto produk ke berbagai media baik itu melalui marketplace ataupun media sosial.

1. Fotografi

Kenapa fotografi? Apakah Anda harus menggunakan kamera untuk melakukan fotografi? Tentunya tidak, Anda bisa menggunakan kamera hp untuk melakukannya. Hindari untuk mengambil foto dari kompetitor, atau bahkan sekedar foto dari internet. Hal ini akan mengurangi kredibilitas Anda sebagai penjual jika dilakukan.

Dalam hal ini, melakukan fotografi yang benar berarti Anda mengambil gambar akan barang atau jasa yang Anda jual dari sudut yang tepat. Ketahui sudut mana yang terbaik untuk barang atau jasa yang dijual. Berikan pencahayaan yang cukup, jangan terlalu terang maupun terlalu gelap. Pastikan semuanya terlihat pas dan menarik.

2. Riset Produk dan Keyword

Jika Anda menjual sebuah produk, pastikan Anda telah mengetahui siapa target audiens yang akan dituju. Mengetahui target audiens berarti mengetahui apa yang mereka sukai, apa yang mereka butuhkan, topik apa yang biasanya dibicarakan dan menarik bagi target audiens Anda.

Mengetahui semua ini akan memudahkan Anda melakukan pendekatan kepada mereka. Contoh: jika Anda tahu bahwa saat ini target audiens yang dituju adalah kalangan ibu-ibu, dan Anda mengetahui bahwa yang sedang trend di kalangan mereka adalah resep memasak, maka Anda dapat mulai menshare resep memasak di blog atau media sosial Anda sebagai umpan pancing.

3. Copywriting atau Menulis

Semua orang pasti bisa menulis, namun tidak semua orang mampu menulis dengan baik dan tepat. Khususnya dalam urusan copywriting, yang berarti menulis sesuai dengan tren yang ada disertai tulisan yang memang menarik dan tidak membosankan.

Pastikan apa yang Anda tulis baik di blog maupun media sosial bukan sesuatu yang membosankan pembaca. Hindari melakukan hard selling kepada konsumen. Cobalah untuk menonjolkan sisi fungsi dan kelebihan dan apa kegunaannya bagi calon konsumen.

4. Iklankan Produk di Situs dan Forum Jual-Beli, Blog, Hingga Media Sosial

Memasarkan produk di situs dan forum jual-beli itu memang wajib hukumnya, namun jangan hanya itu yang menjadi media utama bagi Anda. Perhatikan media atau platform apa yang saat ini sedang ramai digunakan. Mulailah untuk menggunakan platform tersebut dan coba implementasikan kemampuan Anda menjual dalam media tersebut.

5. Belajar Beriklan di Facebook

Media sosial ini memiliki kekuatan yang sangat besar, apalagi jika Anda menggunakan iklan di dalamnya. Anda dapat menjangkau berbagai calon konsumen dari berbagai belahan dunia melalui Facebook.

Tentang Isti RWD