Tips Memilih Bisnis Waralaba dengan Tepat

Tips Memilih Bisnis Waralaba dengan Tepat
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Tips Bisnis

Tips Memilih Bisnis Waralaba dengan TepatBisnis dizaman sekarang menjadi pilihan yang utama sekalipun kendala acap kali muncul. Anda masih membayangan tentang asal modal dan kesuksesan secara finansial. Sukses secara martabat dan kekayaan. Saat utulah ternyata dibutuhkan tipis dan strategi khusus yaitu dengan memilih bisnis waralaba. Bisnis bagi hasil dengan tingkat kesuksesan tinggi.

Mungkin saja sebagian orang masih ragu-ragu saat mendengar dan mendapat tawaran bisnis semacam ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. Namun catatan utama, bisnis yang dilakukan bukan asal coba-coba. Pemilihan yang tepat, melaui cara yang tepat, dan informasi yang benar. Baru kemudian setelahnya menjalankan bisnis dengan mantap.

Apa saja tips-tips yang dibutuhkan dalam memilih bisnis semacam ini agar tidak terjerumus pada melakukan salah maneuver. Uang sudah keluar, keringat sudah mengucur, waktu telah terbuang, namun hasilnya tidak seberapa. Maka dari itu, untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan sekaligus memantapkan niat untuk menekuni bisnis waralaba adalah sebagai berikut:

1. Produk diminati banyak orang

Produk yang dijual oleh suatu brand tertentu yang ingin Anda ajak bermitra waralaba, pastikan brand tersebut sudah populer di masyarakat. Kepopuleran ini bisa Anda teliti menggunakan metode tertentu yang cocok dengan Anda misalnya Anda melakukan survey kecil untuk mengetahui ketertarikan masyarakat yang akan menjadi konsumen Anda terhadap produk tersebut.

Pemilihan waralaba tidak cukup hanya melihat apa yang nampak dipermukaan. Artinya, apa yang ada dalam anggapan Anda harus dibuktikan dengan penggalian informasi yang valid. Pastikan dengan benar bahwa brand waralaba yang Anda minati memiliki penggemar yang banyak. Konsumen benar-benar suka akan produk tersebut.

2. Produk memiliki keunikan

Keunikan dalam pasar bukan berarti sama dengan keunikan dalam seni atau hal lain di luar wilayah bisnis. Keunikan dalam berbisnis merupakan simbol kunci dalam kompetisi pasar. Artinya apa yang ada pada produk yang Anda jual berbeda yang “apa” yang sudah ada dipasaran. Unsure berbeda ini tidak asal beda, namun benar-benar memiliki nilai lebih yang membedakan produk yang Anda jual berbeda dengan produk lainnya.

3. Memiliki menajemen yang bagus

Produk bonafide bukan jaminan untuk sukses dalam bisnis. Apapun nama dan jenis klasifikasinya, waralaba tetaplah bagian dari dunia bisnis. Maka dari itu hukum dasar dalam berbisnis harus ada. Bisnis membutuhkan manajemen dan system yang rapi dan terarah. hal ini bisa cukup dikatakan dengan manajemen yang bagus.

Brand produk penawar waralaba atau target waralaba Anda harus memiliki kualitas manajemen yang baik. Manajemen merupakan organ dalam, dibaratkan mekanisme kerja organisme. Secara ideal, bisnis yang menjanjikan kesuksesan adalah bisnis yang berjalan dengan manajemen yang baik. Perjalanan produk dari pengolahan awal sampai pemasaran hanya akan dapat berjalan dengan baik saat software manajemennya bekerja dengan baik.

4. Pembagian royalti jelas dan realistis

Sebagai pengembang awal, brand waralaba memiliki hak untuk mendapatkan bagian royalti atas produknya. Walaupun manajemen dan pelaku bisnis bisa siapa saja termasuk Anda namun sebagai pemegang hak paten, tetaplah produsen awal brand tersebut. Maka pembagian dari keuntungan harus benar-benar sesuai dengan keringat dalam penekenan kontrak, usahakan pembagian hasil laba sesuai dengan nilai yang ingin didapatkan. Jangan sampai laba yang diperoleh tidak lebih dariseorang buruh. Anda bukan buruh produsen, namun pelaku bisnis yang sesungguhnya, maka pembagian hasil harus jelas. Berapa persen yang harus didapatkan dan harus memberi keuntungan maksimal.

5. Sesuai dengan minat

Banyak produk yang beredar dipasaran memiliki kualitas jual yang bagus. Namun, dari kesemua itu tentu ada yang sesuai dengan minat dan kecenderungan mental bisnis. Sebab sesuatu yang dijalankan dengan setengah hati, hasil tidak akan dapat maksimal pula. Demikian dengan bisnis waralaba. Wralaba sebagaimana sudah disinggung sebelumnya tetap merupakan wilayah bisnis. Bisnis professional yang telah mapan dan berhasil langgeng sampai menjadi brand unggulan, kesemuanya bermula dari minat pendirinya.

Tengok saja, Facebook, Microsof, KFC, dan seterusnya yang tanpa perkiraan akan sukses dalam pasar global, ternyata berangkat dari keseriusan menekuni minat yang ingin dimanifestasikan secara ekonomis. Bahkan lebih jauh, start pemberangkatan awal tidak berunsur ekonomi. Dari minat, hobi, dan kenyamanan menjalankan sesuatulah, hal tersebut menjadi besar dan semakin besar sampai benar-benar sukses besar dan menginspirasi banyak orang.

Semakin beragam saja pilihan bisnis sekarang ini. Tidak menutup kemungkinan kesuksesan yang telah diraih pelaku bisnis besar bisa menular pada Anda. Salah satu dari pilihan kesuksesan ini adalah dengan memulai waralaba. Waralaba yang akhir-akhir ini menjadi tren pasar, harus benar-benar Anda pertimbangkan dengan baik.

6. Pemilihan brand yang bonafit

Brand Populer dan memiliki jangkauan konsumen yang luas merupakan start awal. Kemudian berjalan lagi mempertimbangkan nilai keunikan yang membedakan dengan produk lain. Manifestasikan kedua modal nilai tambah tersebut dengan pengelolaan manajemen yang baik serta teruskan dengan konsentrasi dan fokus yang maksimal dengan menyandingkan dengan minat kesuksesan tidak hanya mimpi dan angan-angan belaka.

7. Pemilihan daerah operasi

Pemilihan daerah operasi artinya, dimana Anda berencana untuk membuka bisnis waralaba ini harus disesuaikan dengan jenis produk yang Anda jual. Daerah pedesaankah, perkotaankah, atau daerah semi urban semuanya membawa andil akan kesuksesan yang akan Anda dapatkan.

Tentang Isti RWD