Tips Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran

Tips Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran
Ide Bisnis Inspirasi Bisnis Tips Bisnis

Berita UKM – Di antara semua kemajuan teknologi yang berdampak pada layanan restoran, media sosial menyebabkan perubahan yang terlihat signifikan, terutama Instagram, layanan berbagi foto yang telah mengguncang dunia hanya dalam enam tahun, sejak pertama kali diluncurkan 6 oktober 2010.

Dengan meningkatnya popularitas Instagram, sudah seharusnya sebuah restoran untuk lebih bisa beradaptasi dengan teknologi yang user friendly untuk menarik  pelanggan baru (terutama generasi muda) yang lebih terobsesi dengan foto-foto dari sebuah restoran (makanan, desain interior maupun eksterior) dengan tiga cara sebagai berikut:

  • Dekorasi dan desain menjadi lebih penting.

Dekorasi dan desain interior maupun eksterior telah menjadi bagian yang semakin penting dari pengalaman bersantap di restoran atau cafe, karena zaman sekarang pengunjung lebih memperhatikan elemen, seperti seni di dinding, seperti permukaan meja yang kontras dengan piring dan pencahayaannya.

Menumbuhkan penekanan pada desain bukan hanya sebuah kebetulan belaka. Bahkan, pemilik salah satu restoran terkenal di New York, Seamore’s, Michael Chernow, mencatat pentingnya saat merancang tempat makanan hidangan lautnya yang eye catching untuk difoto pelanggan.

Berinvestasi dalam desain adalah investasi ditengah ramainya penggunaan media sosial dalam pemasaran, yang mana sangat penting di pasar konsumen dalam era digital saat ini.

 

  • Presentasi makanan menjadi lebih penting.

Tren Instagram juga telah menghasilkan presentasi makanan yang lebih kreatif dan penekanan yang lebih besar pada plating (penyajian) makanan. Salah satu hidangan paling populer untuk disajikan di tempat makanan pada tahun 2016, berkat viral dimedia sosial adalah milkshake dari Black Tap Craft Burgers and Beer di New York.

Restoran kasual Chili’s Grill & Bar telah memutuskan untuk memanfaatkan “tambang emas” (instagram) pemasaran ini dengan menyajikan kentang goreng di piring stainless steel dan mengganti roti di burger mereka agar lebih menyenangkan secara estetika, sebagaimana dianjurkan oleh Wyman Roberts, CEO perusahaan induk Chili’s Grill & Bar, Brinker International Inc.

Menyajikan presentasi makanan yang penuh inspirasi, akan mampu berkontribusi pada pengalaman layanan secara keseluruhan dari sebuah restoran. Selain itu juga akan mampu membuat pelanggan restoran membagikan hasil foto tersebut berulang-ulang di media sosial, sebagai sarana promosi gratis dari pelanggan ke pelanggan lain. Dan hal ini sekaligus merupakan bagian dari kesuksesan persamaan sebuah restoran.

 

  • Momen-momen berharga yang dibuat untuk berbagi di lingkungan (media) sosial menjadi lebih penting.

Kita juga melihat adanya pergeseran bagaimana restoran menciptakan momen tertentu dan menyenangkan dengan sentuhan khusus yang sengaja dirancang agar menarik pelanggan untuk berbagi ke media sosial.

Dante, sebuah restoran Italia yang populer di New York, yang menyajikan koktail khusus dibuat dengan varian es, dan diberi label nama restoran. Sentuhan semacam ini sangat bagus, mudah diingat, sangat mudah dibagikan dan efektif, dengan banyak pengunjung memajang foto minuman atau makanan mereka kepada teman (follower) mereka.

Demikian pula, Mission Chinese Food, The Lucky Bee dan ZZ’s Clam Bar juga sengaja menyajikan minuman mereka dengan cara yang sangat menakjubkan dan unik. Dengan desain yang sangat menakjubkan dan unik dari sebuah restoran, akan mampu menghasilkan kesan ikonik (ciri khas).

Dengan karakter pelanggan sekarang ini yang suka memotret dan mengunggahnya ke instagram ketika bersantap, sudah seharusnya membuat sebuah restoran untuk berpikir lebih tentang layanan makanan dan minuman yang disajikan itu, lebih dari sekedar menu. Mulai dari food plating (penyajian makanan) sampai dekorasi, seluruh pengalaman bersantap merupakan fokus yang utama.

Tentang Isti RWD