Tips Bisnis Sukses dari Richard Branson

Tips Bisnis Sukses dari Richard Branson
Inspirasi Bisnis Menjalankan Bisnis Tips Bisnis

Tips Bisnis Sukses dari Richard Branson – Richard Branson mendirikan Virgin pada tahun 1970 pada usia 20 tahun. Dia adalah satu-satunya pengusaha yang mendirikan delapan perusahaan independen senilai milyaran dollar di delapan industri yang berbeda. Dia melakukannya tanpa gelar akademik sama sekali di bidang bisnis. Bisa dibilang cukup nekat dan berani. Pengusaha sukses lainnya belum tentu ada yang seberani dia dalam mengambil keputusan.Berikut Beberapa Tips dari Richard Branson:

1. Berani Mengambil Resiko
Semua bisnis pasti beresiko. Tidak ada satu hal pun yang tidak beresiko. Bahkan menjadi karyawan sekalipun. Namun resiko yang ditanggung kayawan dengan pengusaha tentu berbeda. Resiko yang ditanggung pengusaha jelas lebih besar. Yang perlu dilakukan bukanlah menghindari resiko atau bagaimana agar hal itu tidak terjadi. Langkah yang tepat adalah bersiap-siap untuk menghadapinya. Branson mengatakan bahwa tidak ada sukses yang dilahirkan tanpa resiko yang besar.
2. Dirikanlah Perusahaan yang Nyaman
Dirikanlah perusahaan yang nyaman dan tanpa tekanan bagi karyawan. Karyawan harus merasa nyaman bekerja di perusahaan Anda. Suasana kerja yang nyaman akan membuat mereka lebih termotivasi dan produktif untuk bekerja. Hindari membuat banyak aturan di perusahaan. Mungkin Anda memiliki maksud yang baik yaitu agar semua karyawan menjadi tertib. Namun yang perlu dihati-hati, jangan sampai peraturan tersebut justru membuat karyawan merasa dikekang dan dibatasi ruang geraknya.
3. Perubahan Tidak untuk Ditakuti Tapi untuk Dikendalikan
Perusahaan didirikan tidak untuk sepanjang masa. Oleh karena itu, perlu dilakukan adaptasi dan evaluasi terus-menerus agar perusahaan tetap dapat berjalan mengikuti perubahan. Seorang pengusaha harus menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan hal-hal baru. Bahkan jika benar-benar diperlukan, jangan segan untuk merubah sistem perusahaan yang sudah mapan. Mengapa perlu menyesuaikan diri terhadap perubahan? Karena lingkungan dan peluang juga senantiasa mengalami perubahan.
4. Jadilah Pemimpin, Bukan Bos
Pemimpin sangat berbeda dengan bos. Menurut Branson, tugas seorang bos adalah menyuruh dan memerintah. Tugas seorang pemimpin adalah mengatur dan mengorganisasi. Pemimpin perusahaan yang baik tidak hanya yang mampu melahirkan ide-ide besar namun juga menginspirasi orang lain agar bisa melahirkan ide yang besar juga.
5. Ketika Gagal, Lakukan Evaluasi, Jangan Teburu – Buru Menyerah
Meskipun Anda seorang pegusaha, tidak mungkin keputusan yang Anda lakukan selalu benar. Kadangkala Anda membuat suatu keputusan yang salah yang berujung pada kegagalan. Suatu hal yang wajar karena semua orang pasti melakukan kesalahan. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna.
Mungkin Anda salah menntukan strategi promosi padahal sudah mengeluarkan banyak biaya. Mungkin rekan bisnis Anda telah melanggar perjanjian. Keadaan seperti itu sangat mungkin terjadi. Jika hal demikian terjadi, jangan biarkan kegagalan menguasai Anda. Segera evaluasi dan perbaiki.

Tentang Isti RWD