Tanda Bisnis Anda Sehat dan Bersih

Tanda Bisnis Anda Sehat dan Bersih
Inspirasi Bisnis Menjalankan Bisnis

Tanda Bisnis Anda Sehat dan Bersih – Siapa yang tidak menginginkan memiliki bisnis yang bersih dan sehat. Hal ini merupakan idaman banyak pelaku usaha. Terlebih dulu kita definisikan arti sehat dan bersih tersebut. Bisnis sehat bisa diartikan memiliki kemampuan untuk menghidupi diri sendiri.

Membiayai lifestyle business owner dan pastinya biaya investasi pengembangan bisnis itu sendiri. Bersih berarti bebas dari tindakan korupsi atau melanggar hukum, penggelapan, penyalahgunaan wewenang sampai taat pajak tetapi juga bisnis tetap bertumbuh secara berkala.

1. Berjalan dengan Sistem yang Terkendali

Bisnis yang berjalan dengan sistem akan memungkinkan kita mengendalikan proses dengan baik. Sistem yang dimaksud bukan hanya software atau teknologi canggih, tetapi proses yang dikendalikan dengan cara yang baik. Sistem juga akan membantu kita mengurangi ketergantungan akan “super manager” atau orang yang “tak tergantikan”.

2. Memiliki Pertumbuhan Profit yang Sehat 

Bisnis tidak bertahan lebih lama lagi karena gagal mencetak profit akibat mis-management. Pertumbuhan berkala akan jauh lebih baik daripada pertumbuhan dadakan yang berarti juga bisnis bisa mengalami jatuh dadakan.

3. Memiliki Karyawan yang Produktifitasnya Terukur

Produktif atau tidaknya seorang karyawan bisa diukur secara cepat dari apa yang mereka hasilkan. Sayangnya masih banyak pelaku usaha yang malas mengukur hasil kerja karyawan karena terlalu fokus menyelesaikan masalah, bukan fokus pada pengendalian.

Karyawan yang produktif akan menambah keuntungan, membawa nama baik perusahaan, membuat pelanggan merasa penting dan membuat karyawan lain merasa nyaman. Jika tidak segera diperhatikan, berarti Anda memiliki potensi masalah jika dibiarkan.

4. Bisa Berjalan Tanpa Intervensi Pemilik Secara Operasional

Sebagai pelaku usaha, Anda masih mengurus kegiatan operasional dan hal-hal sepele, Coba bayangkan, apakah waktu Anda lebih berharga mengurus hal-hal kecil atau menciptakan standar kerja dan struktur organisasi yang bisa membantu Anda mengatur kerja tim lebih baik, Kontrasnya, pelaku usaha yang gagal melepaskan urusan operasional akan menghambat kreatifitas tim dalam memajukan perusahaan.

Tentang Isti RWD