Pola Pikir Yang Harus Ditanamkan Saat Memulai Berbisnis

Pola Pikir Yang Harus Ditanamkan Saat Memulai Berbisnis
Inspirasi Bisnis Menjalankan Bisnis Peluang Bisnis

Pola Pikir Yang Harus Ditanamkan Saat Memulai Berbisnis – Miliki pola pikir yang tepat saat membangun bisnis Anda melalui rubrik Finansialku Berikut ini yang akan menambah wawasan Anda dalam berbisnis:

1. It’s Not Just About Money

Ketika kita ingin terjun ke dunia bisnis, kebanyakanya orang pasti akan berpikir tentang berapa jumlah modal yang harus disiapkan untuk membuat bisnis tersebut berjalan. Dan sebagian besar dari kita akan kebingungan, bagaimana caranya bisa mendapatkan modal untuk memilai usaha tersebut. Kalau selama ini Anda hanya berpikir tentang modal materiil, saatnya buang jauh-jauh pikiran itu.

Modal utama seorang pengusaha bukanlah uang, melainkan kreativitas. Ketika kita memiliki kreativitas, akan lebih mudah untuk mendapatkan modal. Misalnya, ketika Anda ingin membuat sebuah usaha, Anda bisa membuat proposal usaha kemudian memberikannya kepada orang tua atau keluarga terdekat untuk membantu membangun sebuah bisnis. Tentu saja Anda akan memberikan reward kepada orang yang memberikan Anda pinjaman uang untuk modal, bisa dalam bentuk perjanjian kerjasama ataupun profit sharing. Jadi uang bukanlah modal yang utama tapi kreativitas.

2. Merasa Tidak Percaya Diri? Buang Jauh-Jauh Deh

Rasa tidak percaya diri adalah momok yang sering membuat seorang calon pengusaha menjadi galau saat akan membangun sebuah bisnis. Kita harus buang jauh-jauh perasaan tidak percaya diri bila serius ingin bergelut di dunia bisnis. Karena kalau tidak, bisnis Anda tidak akan berkembang dan bahkan bisa saja menjadi bangkrut. Tentu kita tidak ingin seperti itu bukan?

Nah karena itu Anda harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apalagi jika berhadapan dengan klien. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, klien pun akan susah mempercayai kita, right?

3. Sukses di Dunia Bisnis Tidak Ditentukan oleh Bakat

Banyak yang berpendapat bahwa seseorang yang sukses di dunia bisnis karena ia mempunyai bakat yang luar biasa dalam berbisnis. Dan karena Anda merasa tidak berbakat, Anda pun mengurungkan niat untuk terjun ke dunia bisnis. Kenyataannya, mindset seperti itu adalah sebuah kekeliruan besar dan sering jadi penghalang seseorang untuk maju.

Seseorang yang sukses di dunia bisnis adalah pribadi yang memiliki keyakinan tinggi dan juga keuletan, bukan hanya karena bakat. Jadi jangan pernah merasa minder karena kurang berbakat, sebenarnya bakat itu bisa diganti dengan keuletan. Betul tidak?

4. Tenang Saat Mengalami Cobaan dalam Berbisnis

Setiap orang pasti akan selalu berhadapan dengan masalah dalam berbisnis, baik pada saat kita merintis ataupun pada saat sudah merasakan kesuksesan. Ingatlah, jika kita ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses maka kita harus memiliki mental pantang menyerah dan cerdas dalam mencari solusi. Jadi Anda harus terus melatih jiwa pantang menyerah dan selalu belajar mencari solusi terbaik dalam setiap permasalahan

Tentang Isti RWD