Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha

Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha – Hari Raya Idul Adha atau yang terkadang disebut sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji, akan segera tiba. Sama seperti perayaan lainnya, ada pula peluang bisnis musiman menjelang hari raya Idul Adha setiap tahunnya.

Sehingga bagi Anda yang ingin mencari rezeki tambahan, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk berbisnis. Nah, berikut beberapa peluang usaha yang paling cocok dan menguntungkan untuk menyambut perayaan Idul Adha di Indonesia.

1. Jual Hewan Kurban

Pada hari raya Idul Adha, umat Islam akan memperingati peristiwa kurban, yakni saat Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya yang bernama Ismail, tapi kemudian sembelihan itu digantikan oleh Allah dengan domba. Maka tak heran, pada saat Idul Adha, banyak sekali orang akan mencari hewan ternak untuk dikurbanban.

Namun, bisnis hewan kurban ini membutuhkan modal yang lumayan besar karena harga jual hewan tersebut bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta rupiah per ekor. Belum lagi Anda harus punya lahan kosong untuk menampung hewannya terlebih dahulu.

2. Jual Peralatan Sate

Ketika berjualan hewan kurban, Anda bisa sekaligus berjualan peralatan sate. Sebab banyak orang yang akan menyate dan memanggang sapi, kambing, dan kerbau yang dibelinya. Berbagai peralatan sate tersebut, yakni tusuk sate, arang, batok kelapa, dan alat pemanggang. Juallah sepaket dan beri diskon agar usaha Anda cepat laris manis.

3. Jual Perlengkapan Haji

Momen Idul Adha juga identik dengan pelaksanaan ibadah haji di kota suci Mekkah. Pastinya sebelum berangkat haji, orang Muslim akan mencari berbagai perlengkapan ibadah. Maka dari itu, barang keperluan ibadah haji dapat menjadi peluang bisnis menjelang Idul Adha. Anda bisa berjualan peci, gamis, kerudung, pakaian ihram, sajadah, dan kaos kaki wudhu.

4. Jual Oleh-oleh Haji

Sepulang dari ibadah haji, sudah menjadi tradisi untuk memberikan oleh-oleh kepada kerabat dan sahabat. Namun, tentu sangat merepotkan jika semua oleh-oleh dibawa langsung dari Mekkah.Makanya, cukup banyak orang yang mencari paket oleh-oleh haji setelah tiba di Indonesia.

Sehingga mereka tak perlu lagi mengemas oleh-oleh dan tinggal membagikannya. Biasanya, paket berisi buah kurma, kacang pistachio, kacang arab, kismis, air zam zam, dan tasbih. Jadi, Anda bisa coba berjualan paket oleh-oleh tersebut di toko online atau menawarkannya langsung kepada kenalan Anda.

Tentang Isti RWD