Peluang Bisnis Menjelang Asian Games 2018

Peluang Bisnis Menjelang Asian Games 2018
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

Berita UKM – Bukan hanya peserta Asian Games 2018 yang berlomba-lomba untuk mendapatkan medali, tapi para pelaku bisnis juga ikut serta berlomba untuk mendapatkan keuntungan besar. Pelaku bisnis bisa membuka stand kecil yang berisikan barang dagangannya berupa makanan, minuman atau cenderamata yang bisa dibawa pulang ke negara asalnya masing-masing sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman-temannya. Berikut daftar peluang usaha yang bisa dijalankan saat Asian Games 2018 berlangsung.

  •  Bisnis Kain Songket, jumputan, blongso, dan tajung

kain palembang

Kain-kain tersebut ada yang terbuat dari kain sutera dan ada juga dari benang emas. Selain memiliki bahan yang sangat lembut dan bagus, motif dan warna yang cantik dapat menarik perhatian untuk dijadikan buah tangan.

  • Batik Palembang

Batik Palembang

Menjual batik Palembang bisa berupa baju atau kemeja yang sudah jadi atau hanya kainnya saja. Batik khas Palembang ini merupakan perpaduan antara kebudayaan Palembang sendiri dan Jawa, sehingga batik Palembang memiliki motif yang halus dan warna yang manggis. Batik yang paling terkenal di daerah Palembang adalah Batik Jepri dan Batik Lasem. Nah, para pelaku usaha bisa nih memproduksi lebih banyak pada kedua batik yang terkenal di Palembang.

  • Lakuer (Leker)

lakuer palembang

Lakuer merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari kayu pohon kemalo atau mahoni. Biasanya para pengrajin membuat Leker dalam bentuk kotak, bulat atau silindris. Setelah dibentuk sesuai keinginan, leker diamplas hingga halus dan dijemur sampai kering, kemudian para pengrajin melukis motif alam dengan tinta cina yang biasa diberi warna merah, hitam dan emas. Kerajinan ini bisa dijadikan pajangan rumah yang sangat cantik, bukan?

  • Ukiran Khas Palembang

ukiran palembang

Para pelaku bisnis bisa mengolah kayu tembesu atau kayu mahoni menjadi pajangan yang sangat cantik. Pengrajin bisa memadukan unsur Asian Games 2018 dengan ukiran motif khas Palembang. Pasti menarik, bukan?

  • Pajangan Khas Jakarta

pajangan ondel-ondel

Ciri khas Jakarta yang dikenal masyarakat adalah Monumen Nasional (Monas) dan ondel-ondel. Pelaku bisnis bisa membuat kerajinan pada kedua ciri khas Jakarta tersebut dalam bentuk miniatur yang sangat unik. Selain itu, para pengrajin juga bisa menaruh tulisan Asian Games 2018 pada setiap miniaturnya. Tampilan miniatur yang sangat unik dan lucu dapat membuat seluruh pengunjung ingin berburu membelinya.

Tentang Isti RWD