Keuntungan Memasarkan Bisnis di Ranah Online

Keuntungan Memasarkan Bisnis di Ranah Online
Bisnis Online Inspirasi Bisnis Kentungan Berbisnis

Keuntungan Memasarkan Bisnis di Ranah Online – Jumlah pembeli online di Indonesia mencapai 7,4 juta orang . Bukan tidak mungkin jumlah tersebut terus mengalami peningkatan, mengingat perkembangan teknologi dan internet yang begitu pesat. Hal ini menunjukkan bahwa pasar online di Indonesia menawarkan potensi yang besar bagi Anda untuk mendulang keuntungan. Tentu Anda tidak boleh gegabah dan langsung pindah ke ranah online begitu saja. Agar tidak merasa ragu, simaklah beberapa keuntungan berikut ini yang akan Anda dapatkan jika meluaskan bisnis ke ranah online.

Peningkatan Jumlah Pengguna Internet

Semakin banyak jumlah target pelanggan, tentu semakin besar pula kesempatan Anda untuk meraih sebanyak mungkin keuntungan. Berdasarkan data dari Kompas.com, survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) sepanjang tahun 2016 menunjukkan bahwa 132,7 juta orang Indonesia menggunakan internet. Jumlah tersebut merupakan separuh dari total penduduk Indonesia yang mencapai 256,2 juta orang. Angka tersebut cukup fantastis, bukan? Artinya, jika bisnis Anda go online, produk Anda akan semakin dikenal banyak orang sehingga peluang untuk meningkatkan penjualan pun tentu lebih besar.

Tak Terhalang Batas Ruang dan Waktu

Saat menjual produk di ranah offline, Anda memang bisa menjalankan bisnis selama 24 jam. Tapi apakah ada pelanggan yang akan tetap datang pada waktu dini hari? Mungkin ada, tetapi tidak akan banyak. Terlebih, karena faktor jarak, tidak semua orang bisa mendatangi tempat bisnis Anda dengan mudah. Nah, bisnis online mampu membantu Anda menghilangkan batas ruang dan waktu tersebut, jadi Anda bisa memiliki toko yang buka 24 jam non-stop. Bahkan Anda bisa menjual produk Anda ke luar negeri sekali pun.

Tampak Lebih Profesional

Di era digital seperti sekarang, Anda harus membuat bisnis Anda “terlihat” di internet. Ketika mendengar suatu bisnis baru, mayoritas orang kini akan segera mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis tersebut melalui internet. Itulah mengapa sebaiknya Anda membangun sebuah website. Adanya website akan membuat image bisnis Anda tampak lebih kredibel dan profesional, terlebih jika hal tersebut dipadukan dengan produk yang lengkap dan konten berkualitas tinggi.

Menyediakan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Seperti yang disebutkan di atas, bisnis online tak terhalang oleh batas ruang dan waktu. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk menjual produk ke luar negeri, tetapi juga memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda kapan pun dan di mana pun. Artinya, Anda memiliki kesempatan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Misalnya, Anda bisa memasang fitur live chat pada website Anda. Dengan begitu, sambil mencari produk yang akan dibeli pada website Anda, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan kepada Anda dengan cara yang mudah dan praktis. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang akan berujung pada peningkatan penjualan.

Pelanggan Lebih Mudah Mengakses Informasi tentang Bisnis Anda

Cara mengakses informasi kini tak lagi sama. Apabila dulu kita harus menunggu koran terbit untuk mendapatkan berita terbaru mengenai isu tertentu, sekarang kita bisa langsung mencarinya sendiri di internet. Hal ini jugalah yang akan dilakukan oleh pelanggan Anda apabila mereka ingin mengenal bisnis Anda secara lebih jauh. Dengan membuat bisnis yang go online, Anda telah mempermudah pelanggan untuk mengakses informasi tentang bisnis Anda. Di sisi lain, misalnya Anda ingin men-update informasi tentang peluncuran produk baru atau menambah konten, Anda juga bisa melakukan hal tersebut secara mudah pada website Anda.

 

Tentang Isti RWD