Kelebihan Bisnis Kecil – Kecilan

Kelebihan Bisnis Kecil – Kecilan
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Kelebihan Bisnis Kecil – KecilanBisnis pada dasarnya terbagi menjadi beberapa skala, mengikuti besar atau tidaknya segmentasi yang dituju. Semakin besar skalanya, tentu semakin besar pula modal awal dari bisnis yang dijalankan. Begitu juga sebaliknya, bila Anda terbatas dalam suatu kendala modal yang sedikit, Anda juga tetap bisa menjalankan bisnis dengan skala yang kecil saja.

Bisnis dengan skala yang kecil, tidak mengartikan bahwa pendapatan atau penghasilan yang dihasilkan juga dalam jumlah yang kecil. Meski berskala kecil, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dari waktu ke waktu, sehingga pendapatan dari bisnis yang Anda jalankan bisa melebihi target – target bisnis Anda. Diluar itu, menjalankan bisnis kecil ataupun menengah juga memiliki banyak kelebihan, lho!

Ya, pada contohnya, yang termasuk bisnis kecil – kecilan antara lain warung kelontong, toko sembako, menjual makanan ringan dan lain sebagainya. Nah, pada ulasan kali ini, bisnishack.com akan menjelaskan sedikit mengenai kelebihan dari bisnis dengan skala kecil ataupun menegah, yang ternyata cukup menguntungkan dan layak untuk dicoba. Khususnya bagi para pebisnis pemula. Mari kita simak bersama – sama!

 

  • Penggerak ekonomi masyarakat

Menjalankan bisnis kecil – kecilan di tengah padatnya laju bisnis penduduk, tidak hanya menjadikan Anda memiliki penghasilan yang menjanjikan saja. Dibalik semua itu, Anda dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Bila Anda membuka bisnis kecil – kecilan, Anda dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitar Anda melalui berbagai cara, antara lain dengan mengarahkan potensi wirausaha, menjadi standar dasar dalam pemberian harga suatu barang, hingga menjadikan bisnis Anda sebagai salah satu tumpuan laju ekonomi di masyarakat. Hal – hal tersebut tentu mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Anda. Dengan bisnis yang terbilang kecil, Anda mampu menggerakkan ekonomi masyarakat secara berkala dan mendatangkan keuntungan berupa profit bagi Anda.

 

  • Menyediakan kebutuhan untuk masyarakat menengah ke bawah

Bisnis dengan skala kecil biasanya menjual produk bisnis dengan harga yang murah dan dibawah rata – rata. Rendahnya harga jual produk bisnis ini menjadikan bisnis kecil identik dengan segmentasi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Hal ini menjadikan bisnis skala kecil Anda menjadi penyedia utama mengenai kebutuhan masyarakat kelas menengah ke bawah, apapun jenisnya.

Masyarakat kelas menengah ke bawah biasanya mencari barang ataupun jasa dengan harga yang jauh lebih murah, dan kualitas yang mendekati sempurna. Hal inilah yang menjadi peluang bagi bisnis Anda untuk menyediakan jasa dan produk dengan harga yang miring namun memiliki kualitas yang maksimal. Dengan mempertahankan pemikiran seperti ini, bisnis skala kecil yang Anda kelola pun akan berjalan dengan maksimal.

 

  • Membentuk karakter positif

Menjalankan bisnis dengan skala kecil, juga dapat berpengaruh bagi kualitas diri Anda. Sembari Anda menjalankan bisnis, Anda pun dapat membentuk karakter positif pada diri Anda. Mental pebisnis pun akan tumbuh pada diri Anda. Semakin Anda terjun ke dalam dunia bisnis, maka Anda akan semakin tangguh untuk menjalani segala tantangan yang Anda temui dalam bisnis Anda. Dalam menghadapi tantangan, Anda pun akan dengan mudah membentuk pikiran positif sehingga memudahkan Anda dalam mengelola bisnis skala kecil yang Anda miliki.

Begitu juga dalam menjalankan bisnis kecil – kecilan. Anda akan melatih jiwa kewirausahaan Anda disertai dengan sikap positif yang tumbuh pada diri Anda. Terbentuknya karakter positif berkat adanya bisnis yang Anda jalankan, akan menguntungkan diri Anda sekaligus menguntungkan bisnis yang Anda jalankan.

 

  • Persaingan tidak terlalu ketat

Menjalankan bisnis dalam skala kecil setidaknya bisa menjadi penghasilan sampingan bagi Anda. Selain keuntungannya yang cukup menjanjikan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain yaitu tidak memiliki persaingan yang tidak terlalu ketat. Dibandingkan dengan bisnis – bisnis yang besar, Anda akan menemui persaingan yang cukup berat. Bila Anda tidak lihai menghadapi persaingan tersebut, Anda akan mengalami kerugian dalam jumlah yang cukup besar. Namun pada bisnis dengan skaal yang kecil, Anda akan memiliki sedikit kompetitor. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan segmentasi serta produk yang dijual. Produk bisnis skala kecil memang lebih bervariatif dan bisa menyesuaikan kebutuhan masyarakat menengah ke bawah yang mengikuti permintaan pasar.

 

  • Resiko kecil

Dalam menjalankan bisnis, tentu tak pernah lepas kaitannya dengan tantangan bisnis serta resiko bisnis. Apapun yang dijadikan sebagai langkah pengembangan bisnis, tentu mengundang resiko tersendiri terhadap bisnis yang Anda jalankan. Tentu Anda tidak ingin bisnis yang Anda jalankan beresiko besar, bukan?

Ya, jika Anda belum berani untuk memiliki resiko besar dalam menjalankan bisnis, Anda perlu mencoba bisnis dengan skala yang kecil. Bisnis dengan skala kecil diawali dengan modal yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan modal untuk membangun bisnis yang besar. Kecilnya modal disertai dengan sedikitnya kompetitor dalam bisnis, menjadikan bisnis kecil – kecilan seperti toko kelontong, toko sembako, makanan ringan dan sebagainya, beresiko kecil akan kegagalan – kegagalan yang bisa Anda temui dalam dunia bisnis.

 

  • Lebih fleksibel dilakukan

Bisnis kecil – kecilan sekiranya tidak begitu memakan banyak waktu untuk mengelolanya. Bila bisnis dengan skala besar membutuhkan waktu dan konsentrasi yang banyak, maka pada bisnis kecil – kecilan Anda cukup membutuhkan waktu khusus di sela – sela waktu pokok Anda untuk mengurusi bisnis kecil tersebut. Anda memiliki waktu serta momen yang lebih fleksibel untuk melakukan bisnis kecil – kecilan Anda. Sehingga, apa yang Anda jalani sebagai aktivitas rutin atau aktivitas pokok Anda pun tidak terganggu sama sekali sekalipun Anda harus menangani bisnis kecil Anda sekaligus.

 

  • Memiliki banyak alternative pilihan produk bisnis yang dijual

Menjamurnya bisnis – bisnis berskala kecil di tengah – tengah masyarakat saat ini tentu menjadikan bisnis – bisnis kecil ini memiliki beragam variasi produk yang dijual. Semakin berbeda dan semakin baru, maka produk bisnis berskala kecil Anda akan semakin diincar oleh konsumen Anda. Dalam menjalankan bisnis skala kecil, Anda memiliki banyak sekali alternatif pilihan produk bisnis yang bisa dijual. Hal ini menjadikan Anda bisa dengan bebas menentukan bisnis dengan skala kecil ingin dihadirkan dengan tema seperti apa, segmentasi seperti apa, variasi produk yang bagaimana, dan lain sebagainya.

Tentang Isti RWD