Kamu Hobi Menggambar? Bisa dijadikan Peluang Bisnis

Kamu Hobi Menggambar? Bisa dijadikan Peluang Bisnis
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Berita UKM – Banyak anak muda yang mulai melebarkan sayapnya dengan terjun ke bisnis kreatif. Dengan bekal kepiawaian melukis dan menghasilkan sketsa, mereka memberanikan diri untuk berbisnis. Namun tahukah kamu bahwa kemampuan menggambar tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis kaos dan menjual lukisan di atas kanvas saja?

Ada banyak bisnis lain yang bisa digeluti berbekal dengan kemampuanmu dalam menggambar. Bahkan, 9 bisnis yang akan Hipwee jabarkan ini beda dari yang lain dan dijamin akan memudahkanmu meraup untung tinggi.

1. Kamu bisa mendesain undangan pernikahan yang anti-mainstream.

Bakat menggambar yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk mendesain undangan pernikahan yang lain daripada yang lain. Buat desain yang kamu cipta seunik mungkin dengan lukisan buatanmu. Lengkapi juga peta tempat acara yang mirip seperti peta harta karun. Hal ini akan membuat desain bikinanmu terlihat sangat menarik dan tak pasaran.

Mulailah dengan menawarkan jasamu ini pada orang-orang terdekat. Mulai dari keluarga, kawan, hingga kenalan. Jika kamu konsisten dan mampu mengerjakannya dengan maksimal, tak heran bila ke depannya akan selalu ada permintaan dan bisnismu bisa kian menjanjikan.

2. Tawarkan juga jasamu untuk membuat sketsa foto pengantin.

Selain undangan, kamu juga bisa memanfaatkan bakatmu ini untuk melukis pengantin. Lukisan yang kamu buat pun bisa digunakan sebagai pengganti foto pre-wedding di hari istimewa mereka. Memang untuk bisa berhasil berkecimpung di bisnis yang satu ini tingkat kesulitannya lumayan tinggi. Karena kamu harus mampu melukis wajah kedua pengantin mirip dengan aslinya supaya benar-benar berkesan. Namun, tak usah ragu, dengan jam terbang yang tinggi ilmu yang kamu punya pun akan kian mumpuni.

3. Sulap barang-barang bekas jadi punya nilai jual.

Bakat menggambarmu bisa digunakan sebagai amunisi utama untuk menggeluti bisnis aksesoris. Untuk berkecimpung di dalam usaha ini kamu tak perlu modal yang tinggi. Kumpulkan saja barang bekas yang ada di rumahmu dan olah kembali dengan berbekal kreativitas.

Misalnya saja untuk membuat jam dinding vintage, kamu hanya membutuhkan kayu, cat kayu, dan pendulum jam dinding. Cukup tambahkan saja gambar vintage di bagian badan jam supaya membuatnya terlihat kian menawan. Untuk memasarkannya pun tak perlu banyak usaha karena kamu bisa memanfaatkan jejaring sosial yang sudah ada.

4. Ikuti juga lomba logo/desain yang diadakan berbagai instansi.

Apabila kamu belum memiliki modal cukup untuk mendirikan usaha mandiri, kamu bisa memulainya dengan mengikuti lomba desain atau logo. Ikuti saja lomba yang ada diadakan oleh universitas maupun instansi lainnya. Apabila kamu beruntung dan berhasil menjadi pemenang, tak hanya mendapat sertifikat serta piagam, kamu juga akan mendapat sejumlah uang yang bisa digunakan untuk modal usaha.

5. Event wisuda tentu selalu ada tiap tahunnya, manfaatkan saja dengan menjual sketsa di talenan sebagai hadiah kepada para sarjana.

Event wisuda tentu selalu ada setiap tahunnya. Kamu bisa memanfaatkan acara ini sebagai peluang usaha. Manfaatkan saja untuk membuat bingkisan hadiah kepada para wisudawan. Kamu bisa menuangkan kreativitas gambarmu pada talenan. Buat gambar kartun dari si pemesan. Jangan lupa juga untuk menyamakan warna samir dan toga sesuai dengan universitasnya serta menambahkan aksesoris yang identik dengan si pemesan. Dengan keunikan produk yang kamu usung, tak heran jika nantinya bisnismu ini justru bisa dijadikan pemasukan utama.

6. Selain itu kamu juga bisa menjual sepatu, tas, hingga bantal lukis dengan gambar sesuai permintaan.

Selain membuat bingkisan khusus untuk hadiah para sarjana dengan media talenan, kamu juga bisa mengembangkan bisnismu dengan mengusung media lainnya. Misalnya saja sepatu, tas, hingga bantal. Kamu bisa membuat desain sesuai dengan permintaan si pembeli. Tentu saja dengan membuat desain seusai dengan permintaan pembeli akan membuat barang daganganmu selalu limited edition dan beda dari lapak lainnya. Jika kamu mampu mengutamakan kualitas, maka dijamin para pelanggan akan setia memesan demi merayakan hari istimewa mereka.

7. Tawarkan juga jasa mendekor ruangan.

Kamu juga bisa memanfaatkan kepiawaianmu dalam melukis untuk mendekorasi ruangan. Buat lukisan pop art di dalam rumah dengan bermediakan dinding ruangan sebagai pengganti wall sticker. Kamu bisa memanfaatkan ruang kamar tidurmu dan saudara terlebih dahulu. Setelah hasilnya cukup memuaskan kamu bisa mengunggah fotonya ke media sosial sebagai ajang promosi. Belum banyak orang yang berprofesi di bidang ini akan membuat bisnismu ini hampir tak memiliki pesaing, menarik ‘kan?

 

Tentang Isti RWD