Inspirasi Bisnis Bagi Pemula

Inspirasi Bisnis Bagi Pemula
Inspirasi Bisnis

Di era teknologi informasi dan revolusi digital seperti sekarang, berbagai peluang usaha dengan modal kecil atau tanpa modal semakin banyak dan berkembang. Selain itu peranan kreativitas dalam kesuksesan suatu bisnis menjadi semakin besar.

Perkembangan tersebut memberikan kesempatan yang lebih besar bagi anak muda untuk memulai bisnis. Nah jika kamu termasuk anak muda yang bermimpi menjadi pengusaha tetapi bingung apa ide bisnis yang cocok, disini kamu bisa mendapatkan beberapa contoh ide bisnis yang cocok untuk anak muda.

1. Bisnis Hadiah Unik

Hadiah yang unik dapat memberikan kesan yang mendalam kepada orang yang menerimanya. Untuk anak muda yang mempunyai kreativitas dalam membuat suatu hadiah yang unik, hal ini dapat menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Beberapa contoh bisnis hadiah unik yang dapat anda coba misalnya, sepatu lukis, lukisan wajah, jasa pembuatan scrapbook, jasa pembuatan jam kustom, jaket lukis, dan masih banyak lagi.

2. Jasa Pemasaran Social Media

Tidak dapat dipungkiri jika social media sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari banyak orang. Bahkan menurut salah satu penelitian, orang Indonesia dapat menghabiskan lebih dari 2,5 jam sehari untuk bersosial media.

Penggunaan social media yang masif tersebut berarti terdapat pasar yang sedang berkembang untuk sebuah jasa pemasaran social media yang efektif. Karena walaupun social media telah menjadi media pemasaran yang penting, tidak semua pengusaha dapat menggunakan social media untuk memasarkan produknya dengan baik.

3. Bisnis Online Course

Apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat diajarkan kepada orang lain? atau kamu mempunyai keahlian dalam mengajarkan sesuatu dengan menarik dan membuatnya mudah dipahami?
Jika ya, kamu dapat mencoba bisnis online course. Bisnis online course sedang berkembang saat ini. Yang perlu kamu lakukan dalam bisnis ini adalah membuat materi pengajaran yang terdiri dari video pengenalan konsep-konsep, video penjelasan langkah demi langkah, contoh-contoh , dan studi kasus serta latihan untuk mencapai tujuan dari pengajaran yang kamu berikan.

Kelebihan dari bisnis online course adalah anda sebagian besar pekerjaan yang diperlukan kamu lakukan didepan, dan setelah online course kamu siap untuk dijual kamu bisa fokus kepada memasarkan online course tersebut. Dengan demikian jika online course kamu sudah memperoleh murid yang cukup banyak, online course anda dapat menjadi sumber semi passive income yang baik.

4. Bisnis Merangkai Bunga

Momen-momen penting tentu terasa lebih spesial dengan hadiah bunga. Contohnya, acara wisuda, acara ulang tahun, anniversary kekasih, sampai kimpoian.

Untuk memulai bisnis ini kamu tidak butuh modal besar. Modal utamanya adalah adalah kreativitas, keahlian untuk menjual, kemampuan untuk membuat foto bunga buket yang bagus, kemampuan kamu membangun jaringan.

Salah satu contoh pengusaha muda yang sukses berbisnis merangkai bunga adalah Yosefine, pendiri Lanushky Bouguet yang memulai usaha ini dengan modal Rp 100 ribu saja. Dengan modal awal Rp 100.000, dia lalu merangkai dan menghias bunga tersebut menggunakan kotak beragam bentuk.

5. Bisnis Pengembangan Aplikasi

Bisnis aplikasi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi anak muda. Kamu mungkin pernah mendengar tentang Flappy Bird, game sederhana yang dibuat oleh Dong Nguyen menghasilkan lebih dari US$ 50.000 sehari pada masa puncaknya sebelum Dong Nguyen memutuskan untuk menutup gamenya tersebut.
Pendapatan yang luar biasa dari sebuah game yang sederhana. Memang tidak mudah membuat suatu aplikasi menjadi viral. Namun, bisnis ini tetap menguntungkan walaupun tidak mengandalkan viral atau tidaknya suatu aplikasi. Berdasarkan studi fueled.com 25% dari pengembang aplikasi Apple menghasilkan uang US$ 5000 sebulan.

 

Sumber : kaskus.co.id


Tentang Isti RWD