Fakta Menarik Tentang Bisnis Kerajinan Tangan

Fakta Menarik Tentang Bisnis Kerajinan Tangan
Bisnis kerajinan Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Fakta Menarik Tentang Bisnis Kerajinan Tangan – Banyak sekali hal yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan atau bisnis bila kita jeli dan peka dalam melihat peluang. Apapun yang bisa diproduksi menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang tinggi, tentu bisa dijadikan peluang bisnis. Untuk memulai bisnis, kita tidak perlu meyiapkan kantor dengan segala perabotannya yang mahal. Begitu juga dengan alat-alat produksi yang besar seperti mesin dan lain-lain. Sederhana saja, Anda bisa memulai bisnis secara sederhana, berawal dari rumah Anda.Berikut beberapa fakta tentang bisnis kerajinan tangan:

1. Bisnis kerajinan tangan adalah salah satu bisnis yang paling mudah dibuat. Bermodalkan keahlian tangan dan kreativitas dalam mengembangkan ide, apapun barangnya, pasti bisa anda sulap menjadi barang yang memiliki nilai fungsi dan nilai jual yang tinggi.
2. Bisnis kerajinan tangan tidak membutuhkan biaya banyak dalam proses produksinya. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan kerajinan tangan kita bergantung pada tangan-tangan kreatif pengrajin, bukan mesin.
3. Kunci sukses mengembangkan bisnis kerajinan tangan adalah kreativitas dalam mengembangkan ide. Karena anda bergerak dalam industry kreatif, bila ide anda tertinggal satu langkah saja, maka bisnis anda pun perlahan-lahan akan tenggelam karena pasar anda tidak lagi melirik hasil kerajinan anda.
4. Pesaing dalam dunia bisnis kerajinan tangan sangat sedikit. Mengapa? Karena dalam bisnis kerajinan tangan, setiap pengrajin atau pebisnis memiliki karakteristik masing-masing dalam setiap karyanya. Itulah mengapa ide kreatif dan berbeda menjadi salah satu faktor banyaknya pundi-pundi uang yang akan menghampiri anda.
5. Keuletan dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam menjjalankan bisnis kerajinan tangan. Seperti yang kita ketahui, membuat kerajinan tangan memerlukan waktu yang cukup lama, disertai dengan ketelitian yang luar biasa hebatnya. Bila kesabaran tidak menyertai anda, tentu kerajinan tangan yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang kurang baik.
6. Sebelum anda menjalankan bisnis kerajinan tangan, ada baiknya anda melakukan observasi terlebih dahulu ke pasar-pasar yang menjual barang-barang seni. Dengan demikian, anda dapat melihat barang seperti apa yang sekiranya belum terdapat di pasaran.
7. Bentuk barang yang fungsional lebih diminati oleh konsumen dalam bisnis kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan yang pada akhirnya produknya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja memang bisa mencuri perhatian pembeli. Akan tetapi, produk yang  lebih mengedepankan unsure fungsi dan kegunaannya lebih diminati oleh para pembeli.

Tentang Isti RWD