Cara Unik Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia

Cara Unik Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia
Dunia Kerja Inspirasi Bisnis

Cara Unik Untuk Mendapatkan Pelanggan Setia – Dunia bisnis berhubungan erat dengan loyalitas. Banyak orang yang berbelanja bukan hanya memperhatikan sisi kualitas dan harga dari sebuah produk. Hal lain yang menjadi perhatian pelanggan adalah sikap ramah pelayan dan suasana yang nyaman. Sebagai pemilik suatu usaha Anda bisa menghadirkan hal-hal diatas untuk menambah daya tarik pembeli.

Kehilangan seorang pelanggan adalah hal terburuk dalam bisnis, karena seorang pelanggan dapat diibaratkan sebagai nyawanya bisnis. Bayangkan jika dalam bisnis Anda tidak memiliki pelanggan, apa yang akan terjadi? Anda tentunya tidak menginginkan hal buruk terjadi dalam bisnis yang sedang berjalan. Jadi, mengelola pelanggan merupakan hal yang harus diperhatikan, karena ini merupakan salah satu strategi untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan dan memiliki pemasukan yang stabil.
Memiliki citra dan reputasi yang baik, akan membuat usaha Anda terus berkembang. Mempunyai pelanggan tetap adalah salah satu solusi memiliki usaha yang stabil dalam jangka panjang dan semuanya memerlukan proses yang tidak mudah. Berikut  Cara tips untuk mendapatkan pelanggan setia:
  • Meluangkan Waktu Berbicara Dengan Pelanggan
Salah satu cara jitu untuk membuat pelanggan setia kepada produk Anda adalah dengan memberikan layanan antar jemput. Pelanggan Anda akan merasa terbantu dengan pelayanan yang Anda berikan. Kemudahan yang diberikan ini akan berpengaruh besar terhadap pola pikir dari pelanggan, karena mereka berfikiran bahwa Anda adalah pengusaha yang professional.
Sistem layanan antar jemput yang Anda berikan akan membuat pelanggan menjadi lebih mudah dalam mengatasi masalahnya. Jika pelayanan yang diberikan benar-benar baik, mereka akan semakin percaya kepada Anda untuk mengatasi kebutuhan mereka. Tentunya hal semacam ini benar-benar Anda inginkan. Kepercayaan pelanggan yang semakin besar kepada Anda akan membuat usaha yang dijalankan menjadi terus berkembang.
  • Melakukan Layanan Secara Pribadi Sesuai Kebutuhan
Hal lain yang bisa Anda gunakan untuk menarik minat pembeli adalah melakukan penyesuain produk untuk pelanggan Anda. Mungkin hal ini sama saja dengan memberikan pelayanan pribadi sesuai dengan kebutuhan. Awalnya Anda bisa melakukan penelitian dengan membuat angket atau daftar barang yang biasa dibeli pelangan.
Pelanggan yang datang diwajibkan mengisi data tersebut untuk bahan evaluasi Anda.  Dengan membuat hal seperti ini, Anda bisa melakukan evaluasi dan manambahkan produk-produk yang banyak dicari oleh pembeli. Sehingga mereka merasa benar-benar dipedulikan. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa sebuah usaha memiliki pelanggan setia.
  • Laksanakan Nasihat Orang Tua
Banyak pengusaha yang mengatakan bahwa nasihat orang tua itu kuno. Mereka beranggapan bahwa pemikiran orang tua tidak sesuai dengan zaman sekarang. Akan tetapi Anda perlu tahu tentang satu hal, bahwa melaksanakan nasihat orang tua adalah salah satu jalan terbaik. Seseorang tidak perlu menjadi seorang koki professional kelas dunia untuk membuat pelanggan merasa puas terhadap masakan yang Anda buat.

Akan tetapi, Anda bisa menarik pelanggan dan memenangkan hati mereka hanya dengan memasak sesuai resep yang dituliskan ibu. Tidak perlu hal mahal dan sulit untuk menjadi yang terbaik di mata pengunjung. Kuncinya adalah bagaimana Anda mengolah satu ide yang kecil menjadi sebuah karya yang luar biasa. Kesetiaan pelanggan akan muncul dengan sendirinya ketika mereka merasa dijadikan tamu yang spesial.

  • Berbagi Cerita Dengan Teman
Banyak orang ketika mengalami sebuah masalah yang benar-benar membuat mereka putus asa akan melakukan hal yang bisa meredakan rasa sedih mereka. Hal yang paling banyak dilakukan adalah bercerita dan berbagi dengan orang tua, sahabat, teman, relasi, pelanggan, atau siapapun. Mereka bisa melakukannya secara langsung, atau yang biasa dilakukan pada saat ini adalah berbagi cerita menggunakan media jejaring sosial.
Hal ini bisa Anda lakukan ketika mengalami masalah dalam usaha yang sedang dijalankan. Anda bisa berbagi melalui jejaring sosial, dan siapa tahu salah satu pelanggan atau teman Anda bisa memberikan masukan. Tentunya hal ini akan berdampak positif bagi Anda. Dengan bercerita Anda bisa mengembalikan kepercayaan diri untuk membangun kembali apa yang sudah dimulai. Tips-tips yang diberikan mungkin bisa Anda terapkan untuk memikat hati pengunjung.
  • Menambah Keragaman Barang yang Dijual
Melakukan perubahan terhadap beberapa barang yang dijual bisa membuat pelanggan menjadi selalu tertarik untuk berbelanja di tempat Anda. Jangan mengurangi jenis barang yang Anda jual, tapi kurangi jumlah barang dari setiap jenisnya. Kemudian Anda bisa menambahkan jenis atau varian yang lain, tentunya dengan kualitas yang lebih baik. Sehingga Anda memberikan banyak pilihan kepada pelanggan Anda. Dengan pilihan yang lengkap memungkinan seorang pelanggan untuk kembali berbelanja di tempat Anda.

Tentang Isti RWD