Cara Menjual Barang Online yang Bisa Anda Coba

Cara Menjual Barang Online yang Bisa Anda Coba
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Cara Menjual Barang Online yang Bisa Anda Coba Berkat kecanggihan teknologi, kini semua orang bisa menjual atau membeli produk maupun jasa secara online. Dengan mengakses internet menggunakan komputer atau smartphone, Anda bisa melakukan kegiatan jual-beli dengan mudah dan cepat.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, ada berbagai media untuk mempromosikan dan memasarkan barang jualan Anda. Anda bisa menjual barang baru maupun barang bekas dengan memanfaatkan 6 cara berikut ini.

1. Jual di Aplikasi Pesan

Aplikasi pesan seperti WhatsApp, LINE, dan BBM tidak hanya untuk chatting atau bertukar pesan pribadi. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menjual barang. Sudah banyak online shop yang memanfaatkan cara ini.

Bahkan kini WhatsApp dan Line telah secara khusus membuat aplikasi untuk bisnis yang ditujukan bagi usaha kecil dan menengah. Dengan membuat akun untuk profil bisnis, Anda bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda.

2. Jual di Website Toko Online Sendiri

Cara menjual barang online di website toko online sendiri memang agak merepotkan bagi Anda yang tidak pernah mengelola sebuah blog atau website. Namun, lebih baik Anda membangun situs e-commerce agar bisnis Anda terlihat lebih profesional dan Anda akan lebih bebas mengelola bisnis Anda.

Kini sudah banyak platform untuk membuat website toko online sendiri, seperti Shopify dan Sirclo. Bagi pebisnis pemula, Anda bisa mencoba platform tersebut untuk membuat situs jualan online dengan tampilan desain yang menarik.

3. Jual di Website Marketplace

Website marketplace mempertemukan penjual dengan pembeli di dunia maya. Proses jual-beli sudah tersistem dengan baik dan aman. Biasanya tidak ada tawar-menawar lagi dan marketplace memfasilitasi transaksi uang secara online. Sehingga nantinya ada biaya transaksi atas produk yang berhasil terjual, tergantung kebijakan situs.

Ada banyak website marketplace di Indonesia, seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Shopee, Zalora, Elevania, Bhinneka, dan lain-lain. Cobalah mendaftarkan diri menjadiseller atau merchant, karena barang jualan Anda memiliki kesempatan besar untuk dilihat oleh jutaan pelanggan situs tersebut.

4. Jual di Media Sosial

Menggunakan media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Pengguna media sosial yang mencapai puluhan juta hingga ratusan juta orang di Indonesia, menjadikannya sebagai sarana berjualan yang menjanjikan saat ini.

Ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan untuk berbisnis, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan salah satu atau semua media sosial tersebut untuk memposting produk Anda, mengiklankannya, dan membangun komunitas konsumen di dunia maya.

5. Jual di Forum Online

Forum online menjadi wadah untuk menemukan orang-orang dengan minat yang sama. Anda bisa berdiskusi tentang berbagai topik secara bebas, seperti politik, gosip selebriti, ilmu pengetahuan, hobi, dan sebagainya. Bahkan beberapa forum memfasilitasi penggunanya untuk berjualan.

Seperti forum jual-beli di Kaskus.com dan juga di Detik.com. Anda bisa coba bergabung menjadi member, lalu Anda bisa mulai membuat thread untuk mempromosikan barang yang Anda jual. Namun, ikuti kebijakan forum agar akun Anda tidak sampai di-banned karena melakukan pelanggaran.

6. Jual di Iklan Baris Online

Iklan baris online ada yang gratis maupun berbayar. Di sana Anda dapat membagikan informasi singkat tentang barang yang dijual dan beberapa gambar pendukung. Namun, ada juga iklan baris online yang hanya berupa teks dan tidak memfasilitasi gambar.

Anda bisa bergabung di website iklan baris untuk memperluas promosi. Contoh situs iklan baris online yang paling diminati adalah OLX. Selain itu, beberapa media berita online juga ada yang memfasilitasi iklan baris online, seperti Warta Kota dan PosKotaNews.

Tentang Isti RWD