Cara Komunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis

Cara Komunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis
Inspirasi Bisnis Komunikasi dalam Lingkungan Bisnis Menjalankan Bisnis

Cara Komunikasi yang Baik di Lingkungan Bisnis – Keahlian komunikasi harus terus dilatih agar Anda dapat membangun percakapan yang efektif di mana pun Anda berada. Dalam menjalankan bisnis, Anda akan berhubungan dengan banyak orang, mulai dari karyawan, pelanggan, klien, hingga pihak investor.

Pada saat rapat hingga kegiatan komunitas bisnis akan Anda ikuti. Itulah sebabnya Anda harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan siapa pun. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat merugikan Anda maupun orang lain. Nah, supaya komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka cobalah perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Percaya Diri Saat Berbicara

Saat Anda berbicara, Anda pasti ingin pesan Anda dimengerti oleh orang lain. Makanya, Anda harus melakukannya dengan sikap yang percaya diri agar orang lain menaruh perhatian pada Anda. Kepercayaan diri Anda akan membuat orang tertarik mendengarkan kata demi kata yang Anda sampaikan. Sehingga pesan Anda pun akan bisa diterima dengan baik.

2. Dengarkan Lawan Bicara

Anda akan berperan sebagai pemberi dan juga penerima pesan. Saat lawan bicara Anda menyampaikan sesuatu, giliran Anda yang harus mendengarkannya. Dengan begitu, Anda dapat menanggapi lawan bicara dengan tepat. Demikian juga saat Anda yang berbicara, orang lain dapat meresponsnya karena telah menyimak dengan teliti.

3. Jangan Potong Pembicaraan

Jangan memotong pembicaraan atau ikut berbicara saat orang lain berbicara. Sekalipun orang itu adalah bawahan Anda, Anda perlu belajar untuk menjadi pendengar yang baik. Kalaupun mau menyela atau menyampaikan interupsi, Anda bisa mengacungkan jari atau memberikan tanda agar lawan bicara Anda berhenti. Setelah itu, baru Anda bisa mulai berbicara.

4. Berikan Pertanyaan

Jangan cuma diam jika ada sesuatu hal yang membuat Anda bingung. Jangan juga mengira-ngira sendiri maksud dari orang lain agar tidak salah paham. Namun, berikan umpan balik berupa pertanyaan kepada lawan bicara Anda. Sehingga Anda akan langsung diberikan penjelasan yang benar dan proses komunikasi yang baik dapat terus berjalan.

5. Berikan Kritik dan Saran

Kritik dan saran adalah bagian dari komunikasi. Mungkin akan sulit diterima oleh orang lain, tapi Anda perlu menyampaikan tanggapan yang dapat membangun orang lain. Begitu juga saat Anda dikritik, Anda harus belajar berbesar hati. Sebab kritik dan saran akan diperlukan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri maupun di dalam bisnis Anda.

6. Jangan Gunakan Kata-kata Kasar

Sekalipun pesan yang ingin disampaikan itu baik, tapi jika disampaikan dengan cara yang salah, maka pesan akan sulit untuk diterima. Malahan dapat menimbulkan perselisihan yang panjang. Maka dari itu, saat berkomunikasi dengan siapa pun, janganlah menggunakan kata-kata kasar. Walaupun Anda sedang marah, berhati-hatilah. Karena kata-kata kasar hanya akan menambah masalah.

Tentang Isti RWD