Bisnis Pada Acara Wisuda

Bisnis Pada Acara Wisuda
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Bisnis Pada Acara Wisuda – Wisuda memang menjadi acara sakral. Saat pelaksanaan wisuda, tidak sedikit orang memanfaatkan momen ini untuk memperoleh keuntungan. Momen ini pun bisa menjadi peluang untuk menjalankan beberapa usaha, seperti penjualan bunga, souvenir wisuda, dan jasa fotografi (fotografer keliling).
bisnis-musiman category-peluang-usaha tag-bisnis-menguntungkan tag-jenis-usaha-rumahan tag-kerja-sampingan tag-peluang-usaha-2018 tag-usaha-kecil tag-usaha-modal-kecil post-singular”>

  • Bisnis Penjualan Bunga

Musim wisuda tentu membawa berkah tersendiri bagi penjual bunga. Kesempatan ini pun turut dimanfaatkan oleh sekelompok mahasiswa untuk mencari tambahan uang saku mereka. Bunga diberikan sebagai simbol ucapan selamat bagi para wisudawan dan wisudawati. Biasanya, para mahasiswa maupun keluarga selalu memberi bunga sebagai ucapan selamat.

Bunga asli dan yang terbuat dari aneka bahan hasil kreasi kerajinan tangan banyak dijual pada momen ini. Biasanya, berbagai bunga cantik warna-warni dan harum dijual dalam bentuk buket, serta dilengkapi kartu ucapan. Anda bisa membuat buket bunga wisuda sendiri atau bekerja sama dengan penjual bunga terdekat. Jika bisa, maka Anda bisa berkreasi membuat bunga tiruan. Sebab, ada sebagian orang yang lebih memilih bunga tiruan karena awet. Bunga asli mempunyai kelebihan melambangkan kesegaran. Sedangkan, bunga imitasi melambangkan keabadian karena tidak akan layu.

  • Penjualan Souvenir Wisuda

Selain bunga, bisnis yang patut dilirik pada saat momen wisuda ini adalah souvenir wisuda. Souvenir wisuda memiliki aneka ragam bentuk. Hal itu tergantung dari kreativitas Anda. Salah satu contoh, Anda bisa menjual souvenir wisuda dalam bentuk boneka yang memakai topi wisuda, pin, dan lain sebagainya. Sebaiknya, memilih produk yang awet dan tidak cepat rusak, sehingga dapat dikenang sampai kapan pun.

Selain boneka, segala macam souvenir yang menampilkan logo universitas, fakultas, maupun jurusan juga pasti laku, contohnya kaus, tas, topi, pajangan, kipas, pin, dan aksesori lainnya. Untuk memproduksi souvenir ini cukup mudah. Sebab, sudah ada teknologi digital printing yang membantu mendesain dan mencetak benda-benda tersebut. Dengan desain seunik dan sekreatif mungkin, produkmu tampak menarik dan tidak monoton.

Barang-barang tersebut akan lebih menarik dengan pengemasan yang elegan dan indah. Selain itu, untuk barang-barang tertentu, seperti boneka atau mug, pengemasan yang aman menjadi penting agar barang tidak rusak. Untuk pemasaran, jangan segan untuk menggunakan sosial media. Hal ini terbukti efektif untuk memperoleh banyak omzet. Apalagi, ketika mengerjakan order borongan, omzet bisa berlipat ganda.

  • Bisnis Fotografi Wisuda

Selain itu, bisnis yang banyak dimintai oleh para keluarga pada momen wisuda adalah fotografi. Biasanya, mereka ingin mengabadikan momen wisuda tersebut (baik bersama keluarga maupun teman) dengan memanfaatkan jasa fotografi wisuda. Para fotografer menyediakan studio mini berikut perlengkapannya dengan menyediakan background atau latar belakang yang cocok menggambarkan suasana wisuda, seperti background susunan buku dan sebagainya.

Agar bisnis fotografi wisuda ini berjalan lancar, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Ada baiknya melakukan survei sebelum pemotretan untuk memperoleh tempat yang tepat dan strategis. Setelah itu, melakukan percobaan pemotretan dengan beberapa setting. Hal ini bertujuan memperoleh setting paling tepat dan meminimalisasi proses editing. Mengusahakan agar memperoleh cahaya alami yang datang dari samping objek foto dan menghindari cahaya terang dari belakang (backlight). Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan tripod.

Bila bosan dengan bunga dan boneka, Anda juga bisa menjual cokelat atau permen dalam toples. Cokelat atau permen yang manis akan menambah manis momen wisuda. Apalagi, dibungkus secara kreatif. Bila mungkin, buatlah cokelat berbentuk kepala memakai toga, orang memakai jubah wisuda, atau tulisan selamat wisuda. Cokelat bisa dibuat berwarna-warni agar menarik ketika ditaruh di toples. Lalu, kreasikan tutup toples dengan toga wisuda agar lebih unik dan menarik. Hiasi dengan pita warna-warni, pita emas, atau stiker yang bisa mempercantik tampilannya.

  • SELEMPANG WISUDA

Tahu selempang yang biasa dipakai di ajang kecantikan semacam Putri Indonesia atau Miss Universe? Ya, akhir-akhir ini, selempang semacam itu sedang hits di kalangan anak-anak wisuda. Selempang biasanya terbuat dari pita lebar yang disandangkan di bahu, menyerong di dada ke arah pinggang kanan atau kiri.

Jika ingin memprosesnya sendiri, Anda bisa menjalin kerja sama dengan penjual pita dan tukang bordir. Hiasan bordir bisa bermacam-macam, tergantung permintaan pembeli. Misalnya hanya sekadar ucapan selamat, atau ditambah dengan nama seseorang beserta gelarnya

Tentang Isti RWD