Bisnis di Akhir Tahun yang Menemani Hari Libur 

Bisnis di Akhir Tahun yang Menemani Hari Libur 
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Bisnis di Akhir Tahun yang Menemani Hari Libur – Apa yang akan Anda lakukan selama liburan Natal sampai tahun baru, Kalau cuma bersantai di rumah, tampaknya kurang menyenangkan. Tapi kalau mau jalan-jalan, mungkin Anda pikir-pikir dulu. Soalnya, berlibur ke suatu tempat pasti membutuhkan biaya, sementara Anda sedang mau berhemat.

Daripada Anda tidak produktif, lebih baik Anda mengisi hari-hari libur kerja dengan berjualan sesuatu. Namun, bagi Anda memang sudah punya usaha, maka liburan akhir tahun merupakan kesempatan yang bagus untuk meningkatkan pemasukan. Terlebih lagi jika Anda menjalankan salah satu bisnis di bawah ini.

1. Bisnis Travel

Banyak orang pergi jalan-jalan selama masa libur Natal sampai tahun baru. Ini menyebabkan bisnis travel semakin ramai pelanggan yang mencari tiket perjalanan dan jasa paket wisata. Jika Anda menjalankan bisnis travel, coba berikan promo untuk mencuri hati pelanggan. Jangan lupa tingkatkan kualitas pelayanan dan tetap bersikap profesional melayani macam-macam kebutuhan pelanggan.

2. Bisnis Penginapan

Banyak yang traveling, berarti banyak pula yang memerlukan akomodasi atau penginapan. Hotel atau homestay yang murah hingga yang mahal akan banyak dicari orang. Bagi Anda yang menjalankan bisnis ini, bersiaplah karena tamu akan meningkat pesat sepanjang musim liburan akhir tahun. Untuk itu, siapkan kamar yang nyaman agar tamu bisa betah menginap di tempat Anda.

3. Bisnis Parsel

Mengirim parsel menjadi tradisi bagi banyak orang saat Natal dan tahun baru tiba. Parsel akan dikirimkan sebagai ungkapan terima kasih dan selamat kepada orang-orang terdekat. Bagi yang berbisnis parsel, peluang Anda untuk meningkatkan keuntungan semakin besar. Manfaatkan momen yang ada dengan sebaik mungkin agar Anda mendapatkan lebih banyak pesanan dari hari biasa.

4. Bisnis Event Organizer

Liburan saatnya untuk berpesta. Orang-orang ingin bersenang-senang setelah hampir setahun menjalankan rutinitas dan bekerja keras.Tak heran jika ada banyak acara untuk menyambut pergantian tahun baru. Sehingga menjadi kesempatan emas bagi Anda yang menjalankan bisnis event organizer atau EO, untuk membantu penyelenggaraan acara pesta yang meriah.

5. Bisnis Katering

Banyaknya acara selama masa libur membuat bisnis katering akan kebanjiran pesanan. Itu sebab tidak semua orang yang mengadakan acara sempat menyiapkan makanan sendiri. Apalagi bagi pelanggan menengah ke atas, mereka biasanya membutuhkan katering untuk acaranya. Sehingga bisnis katering akan semakin sibuk selama liburan akhir tahun.

6. Bisnis Kembang Api

Petasan memang dilarang di sejumlah daerah karena dianggap berbahaya. Sedangkan kembang api masih boleh dimainkan untuk merayakan tahun baru 1 Januari. Makanya, bisnis kembang api meningkat pesat di akhir tahun. Sebab tak lengkap rasanya jika tidak ada permainan kembang api, terutama ketika detik-detik pergantian tahun baru.

7. Bisnis Terompet

Bisnis terompet termasuk bisnis di akhir tahun yang paling ramai pembeli. Itu karena kebiasaan banyak orang yang senang meniupkan terompet saat acara pergantian tahun. Mulai dari toko di pusat perbelanjaan hingga pedagang di tepi jalan raya biasanya mulai menjual terompet dengan desain yang cantik. Sehingga tidak sulit untuk membeli barang yang satu ini.

8. Bisnis Percetakan Kalender

Semua orang butuh kalender baru untuk dipajang di rumah, sekolah, kantor, dan sebagainya. Makanya, bisnis percetakan kalender banyak memproduksi kalendar tahun baru untuk memenuhi permintaan tersebut. Belum lagi biasanya banyak orang yang ingin mempunyai kalender dengan desain sendiri. Sehingga bisnis percetakan akan bertambah sibuk melayani berbagai macam pesanan kalender di akhir tahun.

Tentang Isti RWD