Bisnis Cemilan Makanan dan Bagaimana Kunci Suksesnya

Bisnis Cemilan Makanan dan Bagaimana Kunci Suksesnya
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

Bisnis Cemilan Makanan dan Bagaimana Kunci Suksesnya – Waralabakan – Bisnis camilan makanan tergolong usaha rumahan yang cukup mudah dijalankan karena waktu kerja yang fleksibel, tidak memerlukan keahlian khusus, modal yang dikeluarkan juga tidak begitu banyak.

Dari beberapa kelebihan dan kemudahan yang telah disebutkan, maka usaha cemilan ini bisa jadi sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu serta tenaga namun tetap ingin menambah penghasilan dari rumah.
Analisis Bisnis Camilan Makanan dan Kunci Suksesnya

1. Target Konsumen Bisnis Cemilan Makanan

Kebanyakan orang suka ngemil, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu, sasaran pasar untuk usaha cemilan cukup luas dan dapat menjangkau berbagai kalangan. Untuk memenuhi permintaan pasar yang mungkin cukup besar, Anda bisa memanfaatkan keberadaan warung yang ada disekitar, minimarket, dan supermarket untuk dijadikan target pasar dengan menitipkan produk usaha cemilan Anda.

2. Setup Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan ketika Anda ingin memulai usaha menjadi supplier makanan ringan. Berikut di antaranya:

  • Jalin kerjasama. Berikan penjelasan mengenai kerjasama dan niat Anda untuk menjadi distributor cemilan yang mereka produksi. Tanyakan apakah ada harga khusus untuk anda, jika membeli dalam jumlah banyak, karena itu akan mempengaruhi besaran keuntungan penjualan yang akan Anda ambil kelak.
  • Jika kesepakatan kerjasama dengan produsen telah tercapai, siapkan peralatan dan perlengkapan penunjang lain yang diperlukan untuk “re-branding” produk Anda. Beberapa alat yang biasanya diperlukan pada tahap ini adalah mesin pengemas (sealer). Kemudian buat kemasan semenarik mungkin dengan variasi ukuran serta pencantuman merk dan nomor registrasi BPOM, printing kemasan dapat dilakukan melalui jasa cetak kemasan.
  • Pemasaran. Setelah melakukan survey dan langkah di atas, pasarkan produk Anda di beberapa tempat seperti warung, kantin dan minimarket yang cukup ramai pengunjung, titipkan usaha Anda di sana.
3 Kelebihan Dan Tantangan Bisnis Camilan Makanan

Kelebihan Usaha Rumahan Bisnis Cemilan                                                                                                                             Tingginya minat masyarakat terhadap kebutuhan produk makanan ringan/cemilan membuat usaha ini memiliki peluang pasar yang cukup luas. Tingkat kerugian akan penjualan produk cemilan relatif kecil, jika makanan ringan tersebut tipe makanan kering/fermentasi, yang mana bisa bertahan cukup lama.

Tantangan Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan                                                                                                            Bisnis cemilan/makanan ringan biasanya terikat dengan musim, misal misim hari raya atau perayaan. Sedang penggiat bisnis ini tak sedikit jumlahnya, sehingga inovasi dan keunikan produk makanan ringan yang dijual mempunyai nilai penting dalam usaha ini.

4. Cara Pemasaran Bisnis Camilan Makanan

Kebanyakan pemasaran produk cemilan yang paling banyak dilakukan adalah dengan sistem konsinyasi atau titip jual, namun bisa juga dengan jual putus di beberapa tempat yang ramai pengunjung, atau jika mempunyai modal lebih, bisa membuka sendiri toko khusus untuk produk cemilan.

Strategi promosi lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan penawaran harga khusus jika pembelian dalam jumlah banyak. Diskon atau promo merchandise tertentu ketika konsumen membeli produk Anda dalam jumlah banyak.

5. Kunci Sukses Menjalankan Usaha Rumahan Bisnis Camilan Makanan

Untuk dapat mengetahui apakah rasa produk cemilan yang Anda jual nikmat dan bisa laris di pasaran, Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu dengan mencicipinya dan membagikan produk tersebut ke beberapa orang dan tanyakan respon mereka terhadap rasa cemilan tersebut. Jika banyak yang menyukai, maka kemungkinan produk akan laku di pasaran.

Selain rasa, kemasan yang menarik juga turut menjadi faktor suksesnya usaha cemilan. Selain dapat menarik perhatian orang lain, kemasan yang bagus juga menampilkan sisi higienis produk yang Anda jual.
Untuk menghindari kerugian, usahakan jeli dalam memilih tempat menjual produk. Pilihlah mitra jual yang ramai pengunjung.

Tentang Isti RWD