Alasan Lebih Baik Memulai Bisnis Sendirian


Alasan Lebih Baik Memulai Bisnis Sendirian – Salah satu hal yang membuat orang ragu untuk memulai bisnis adalah karena belum mendapatkan partner atau rekan. Memang pasti tidak mudah bagi pebisnis pemula untuk menanggung risiko bisnis sendirian. Sehingga Anda ingin mencari rekan untuk menjalankan bisnis bersama-sama.

Namun, sebenarnya jangan takut untuk memulai usaha seorang diri. Belum tentu juga teman atau kerabat akan cocok dijadikan rekan bisnis Anda. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin berbisnis tanpa rekan, mungkin alasan-alasan berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda:

1. Sering Tidak Sejalan

Setiap orang akan berpikir dan bertindak dengan cara yang berbeda. Sekalipun dalam berbisnis setiap pihak dituntut untuk selalu satu tujuan, tapi pada kenyataannya akan banyak hal yang tidak sejalan.

Anda tidak akan tahu bagaimana sikap rekan Anda ke depannya. Atau, jangan-jangan Anda sendiri yang akan sering berseberangan dengan rekan Anda. Pastinya akan ada salah yang sering tidak sejalan dan akhirnya menimbulkan pertengkaran.

2. Jaga Hubungan Baik

Anda dan rekan akan berdebat mengenai berbagai hal, mulai dari masalah pembagian tugas, pengambilan keputusan, urusan keuangan, dan sebagainya. Banyaknya masalah yang pelik di dunia bisnis berisiko merusak hubungan baik yang sudah lama terjalin. Bukan hanya hubungan pribadi yang menjadi renggang, tapi bisnis pun akhirnya bisa gagal karenanya.

3. Menguasai Bisnis Sepenuhnya

Jika berbisnis bareng rekan, Anda akan melakukan pembagian hasil, sebab usaha bukan hanya milik satu orang tapi milik bersama. Pertanyaannya, apakah Anda siap untuk berbagi hasil dengan orang lain. Jika Anda tidak bersedia, maka sebaiknya Anda memulai usaha sendirian saja. Sehingga Anda bisa menguasai bisnis sepenuhnya.

4. Lebih Leluasa Berbisnis

Membangun usaha dengan orang lain mungkin tidak akan memberikan Anda kebebasan yang Anda harapkan. Sebab mungkin apa yang Anda mau tidak disetujui oleh rekan Anda. Sedangkan jika Anda berbisnis sendirian, Anda bisa lebih bebas. Anda tidak perlu bergantung pada orang lain, karena Anda sendiri yang akan menentukan apapun dan bertanggung jawab atas bisnis Anda.

Tentang Isti RWD