3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran

3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran
Bisnis Kuliner Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Berita UKM – Dunia bisnis restoran memang sangat menarik. Mulai dari bagaimana menyajikan hidangan makanan dan minuman yang memiliki ciri khas, menciptakan suasana restoran yang nyaman hingga menciptakan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan untuk menarik perhatian banyak pengunjung.

Membuka sebuah restoran terus menjadi impian yang sangat diminati bagi para pecinta kuliner dan pengusaha. Meskipun bisnis ini begitu menariknya, namun tidak mudah untuk sukses didalamnya. Faktanya, sekitar 60 persen bisnis restoran mengalami kebangkrutan  dalam tahun pertama dan 80 persen tidak sampai ke tahun lima.

Agar Restoran kita Tidak Bangkrut,Kamu Harus Memperhatikan Beberapa Hal Penting Jika ingin Sukses Berbisnis Restoran. Berikut Beberapa Hal penting untuk sukses dalam berbisnis restoran:

1. Orisinalitas (Keaslian)

Salah satu cara terbaik untuk melakukan gebrakan pada bisnis kuliner adalah dengan menawarkan pengalaman baru. Terlepas dari tempat tinggal Anda, konsumen akan selalu tergugah dengan ide baru. Selain itu, selalu ada potensi untuk memanfaatkan pasar yang belum tersentuh (dibutuhkan beberapa ide yang tak biasa/out of the box)

Pada tahun 2016, aktris Jessica Biel yang juda istri dari penyanyi Justin Timberlake, membuka Au Fudge, sebuah restoran ramah anak di Los Angeles. Sekarang, mungkin banyak yang mengalihkan pandangan pada restoran atau cafe yang sedang populer di suatu kota, tapi niat Biel tidak hanya untuk memperluas merek pribadinya. Sebaliknya, dia melihat kebutuhan yang berbeda untuk setiap jenis restoran baru.

Biel, juga seorang orang tua, tentu ingin bisa bersantap bersama anaknya tanpa mengorbankan kualitas dan pengalaman bersantap. Biasanya, restoran yang melayani anak cenderung tidak memiliki pilihan menu paling inovatif atau sehat.

Au Fudge memenuhi kebutuhan dan telah membuka pintu untuk pasar restoran baru di Los Angeles, terutama kelas atas, ramah anak dan organik/sehat. Dalam restoran Au Fudge ini, juga terdapat ruang bermain yang aman. Sementara itu, orang tua mereka bisa menikmati istirahat sambil menikmati koktail dan salad Caesar quinoa vegan. Konsep seperti inilah menjadi solusi terbaik untuk semua dan tentu menjadi pengalaman baru bersantap yang ramah keluarga.

Restoran ramah keluarga ini juga sudah mulai banyak menyebar diberbagai daerah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Surabaya dlsb nya.

2. Rencana bisnis

Rencana bisnis yang solid sama pentingnya dengan kesuksesan sebuah restoran, namun seringkali masih banyak pebisnis yang tergesa-gesa hingga mengabaikan proses perencanaan bisnis. Rencana bisnis akan membantu Anda, mitra dan investor Anda memetakan tujuan menuju kesuksesan dan juga merencanakan kemungkinan hal terburuk sebagai antisipasi.

Rencana bisnis Anda harus mencakup gambaran umum pasar, analisis kompetitif, target wawasan pemirsa dan proyeksi anggaran yang realistis.

Membuka restoran bisa menjadi proses yang mudah berubah, namun merencanakan setiap skenario yang mungkin dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk usaha Anda. Rencana bisnis yang komprehensif juga akan membantu Anda memetakan kebutuhan modal Anda secara keseluruhan.

3. Lokasi utama

Lokasi yang kurang bagus akan membuat atau menghancurkan kesuksesan restoran Anda. Pembukaan di area tanpa banyak lalu lintas atau akses jalan akan membuat pengunjung potensial tidak tertarik. Di sisi lain, menyewa sebuah tempat di blok yang dipenuhi dengan tempat-tempat yang dicintai juga akan menyulitkan menarik pelanggan baru.

Menemukan lokasi terbaik sangat bergantung pada kota Anda dan bervariasi dari daerah perkotaan sampai daerah pinggiran kota. Selain itu, persyaratan penyewaan dan izin bangunan juga akan mempengaruhi pemilihan lokasi akhir Anda, dan karena proses tersebut dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan, sebaiknya segera memulai proses memilih lokasi sedini mungkin.

Tentang Isti RWD