Tempat Makan Murah untuk Berbuka Puasa

Tempat Makan Murah untuk Berbuka Puasa
Berita UKM Nasional Dunia UKM Liputan Media

Bulan suci Ramadan telah tiba. Puasa merupakan kewajiban di bulan ini. Di samping menahan rasa lapar dan haus, tujuan di balik ini semua adalah untuk menahan hawa nafsu, yakni nafsu makan, nafsu amarah, dan nafsu negatif lainnya. Sebagian lagi, khususnya para wanita, melakukan puasa untuk kesehatan seperti puasa diet.

Oleh karena hanya boleh makan pada saat sahur dan buka puasa, penting bagi umat Muslim untuk menjaga pola makan, terutama pada saat berbuka puasa. Tempat-tempat makan menjadi ramai untuk yang mau berbuka. Banyak orang asal memilih makanan untuk berbuka, tanpa memperhatikan isinya, walaupun sebenarnya penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

1. Warung Tenda di Perempatan Bulungan dan GOR Bulungan

Pilihan makanan sangat bervariasi di sini, mulai dari yang berat sampai yang ringan. Dari ayam goreng renyah dan gurih, siomay bulungan, gulai tikungan alias ‘gultik’, sampai soto Ambengan bisa ditemukan. Untuk kalian yang mau ringan, di sini juga dijual roti bakar, gorengan, dan jajanan tenda lainnya. Harga sangat murah, dimulai dari Rp5.000. Di sekitar GOR Bulungan Jakarta Selatan ini juga tersedia warung tenda yang menyediakan dimsum dengan harga terjangkau.

2. Bazar Ramadan di Masjid Raya Pondok Indah

Di kawasan Jakarta Selatan ini, terdapat Bazar Ramadan yang biasanya sangat ramai mulai jam 2 siang. Begitu pula pada saat sahur, banyak serba-serbi makanan dan minuman yang murah meriah. Mulai dari gorengan seperti tahu isi, risoles, lumpia, tempe goreng yang harganya sekitar Rp1.000-Rp 2.500. Tentunya Anda bisa berbuka dengan nikmat dan hemat, kan?

Untuk Anda yang doyan manis, ada kue lumpur dan pie dengan harga yang tak kalah murah, Rp2.500 per buah. Ditambah pula dengan banyak jenis minuman, kolak, dan bubur. Masjid Raya Pondok Indah ini terkenal akan es kelapa muda dan es sekutengnya. Jadi, jangan lupa untuk mampir berbuka di sini ya. Anda juga bisa loh membeli kue-kue kering untuk lebaran nanti di kawasan ini.

3. Roti Bakar Eddy di Kawasan Kebayoran Baru

Kawasan Jakarta Selatan nampaknya memang banyak terdapat warung makan murah untuk berbuka puasa. Roti Bakar Eddy, misalnya, di Kebayoran Baru, menjadi salah satu tempat bagi umat Muslim yang mau berbuka bersama rekan maupun keluarga Terkenal sejak tahun 80-an, roti bakar Eddy terletak tepatnya di Jalan Raden Patah, belakang Masjid Al-Azhar. Biasanya setelah shalat maghrib berjamaah, Anda bisa berbuka di tempat ini. Kemudian melanjutkan dengan shalat tarawih bersama.

Di sini bisa disantap aneka rasa roti bakar, seperti isi keju, coklat, dan rasa lainnya. Roti Bakar Eddy ini cocok untuk kalian yang mau berbuka nikmat, namun sedang menghemat. Sudah ukuran rotinya cukup besar, harga per porsinya mulai dari Rp12.000. Bukan hanya roti saja, menu lain juga tersedia, seperti nasi goreng dengan banyak pilihan rasa, bubur ayam, siomay, nasi uduk, dan mie telor kornet. Semuanya dijamin halal.

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA