Pemberi Modal yang Dapat Dipercaya Selain Bank

Pemberi Modal yang Dapat Dipercaya Selain Bank
Berita UKM Nasional Dunia UKM Tips Bisnis

Banyak dari kita diberkahi dengan ide bisnis yang hebat. Namun, tingkat penerapan gagasan tersebut sangat rendah karena kekurangan modal. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mati di gagasan. Sebagai wirausahawan, Anda perlu mencoba dan memaksakan diri sampai batas maksimal sehingga bisa mewujudkan ide Anda.

Saat ini, bank telah menjadi sangat konservatif dengan uang mereka. Ada banyak hal yang dipertimbangkan sebelum pinjaman bisnis disetujui. Ini berarti bahwa pengusaha perlu berpikir di luar ‘kotak’ dan menentukan pilihan pembiayaan alternatif dan kreatif untuk bisnis mereka.

Pemberi Modal yang Dapat Dipercaya Selain Bank

Dengan internet dan teknologi, sekarang saatnya menggunakannya untuk meningkatkan modal, daripada hanya mengandalkan sumber modal tradisional yang telah ada selama ini. Tidak semua sumber modal berlaku untuk setiap ide bisnis. Seorang wiraswasta harus memilih yang memenuhi tuntutan mereka.

Sumber modal tradisional dan kreatif
Ada beberapa sumber modal yang secara tradisional sudah diketahui oleh banyak orang. Teman dan keluarga, bisa menjadi salah satunya, sebagai sumber modal pertama Anda.

Jika bisnis Anda dipikirkan dengan baik dan memiliki rencana bisnis yang tepat, anggota keluarga Anda bersama dengan teman Anda adalah orang-orang terdekat yang harus didekati ketika harus meningkatkan modal untuk bisnis Anda.

Keterampilan komunikasi Anda harus menyelamatkan Anda saat ini. Hal yang baik dengan uang tunai dari teman dan juga anggota keluarga adalah bahwa ia datang dengan suku bunga sangat rendah atau tidak sama sekali. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda saat menjalankan bisnis karena Anda tidak diharuskan membayar suku bunga pinjaman. Namun, hati-hati saat memilih anggota keluarga atau pun teman sebagai sumber modal karena beberapa dari mereka mungkin menginginkan saham mayoritas perusahaan Anda.

Penjualan Aset
Saat memulai usaha bisnis, ada baiknya mempertimbangkan dan menggunakan apa yang Anda inginkan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Apakah Anda memiliki aset yang dapat Anda ubah dengan mudah menjadi uang tunai?

Jika Anda memiliki beberapa, lebih baik untuk Anda gunakan daripada meminjam ke bank. Jual dan gunakan uang hasil penjualan tersebut untuk memulai bisnis Anda. Sangat penting untuk menyadari bahwa di dunia bisnis, tindakan Anda semua pasti memiliki risiko dan tidak ada yang lain.

Langkah berani perlu dilakukan untuk memulai sebuah bisnis, namun jika Anda berhasil, berapapun pengorbanan yang Anda relakan akan terbayar dengan lebih baik di masa depan. Jadi, tak masalah bukan untuk jual semua aset Anda dan diinvestasikan dalam bisnis Anda. Hal ini jauh lebih aman daripada pinjam ke bank, karena Anda tidak perlu mengembalikan pinjaman yang secara otomatis akan datang dengan suku bunga tinggi.

Carilah Investor
Jika Anda memiliki ide bisnis yang bagus, ada baiknya mencari investor yang akan memberi modal bagi Anda untuk memulai usaha Anda tanpa ketegangan finansial. Namun, Anda harus mencatat bahwa investor akan mengambil bagian bisnis Anda dan juga akan terlibat dalam pengambilan keputusan.

Selanjutnya, mereka juga mengharapkan nilai pengembalian investasi mereka. Jika memang Anda memiliki rencana bisnis yang tepat dan terencana dengan baik, wujudkan impian Anda dengan bekerjasama dengan Investor yang memiliki pemikiran longgar alias tidak menekan Anda. bisa juga dengan membangun kerjasama dengan Investor dengan aturan investor tidak ikut campur dalam kebijakan perusahana, alias menjadi investor pasif

Pada dasarnya membangun kerjasama dengan investor adalah membangun komunikasi yang tepat dan meyakinkan mereka bahwa ide bisnis Anda cukup menguntungkan. Tekankan bahwa semua investasi mereka akan kembali dengan hasil yang bagus.

Kapitalis ventura
Ini adalah ide hebat lain yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda di abad ke-21. Namun, metode ini hanya berlaku untuk perusahaan atau bisnis yang sudah berada di luar tahap start up dan menghadapi kesulitan dalam menjalankan dan administrasi karena tekanan keuangan.

Jika perusahaan Anda berada dalam fase seperti itu, Anda dapat mendekati pemodal ventura yang akan menyuntikkan sejumlah modal ke dalam bisnis dan menjaganya agar tetap berjalan alih-alih menutupnya. Perlu diketahui bahwa banyak pemodal ventura bersikeras memulihkan uang mereka dalam jangka waktu tiga tahun.

Pinjaman Ekuitas Rumah
Jika Anda memiliki pinjaman ekuitas rumah, Anda dapat menggunakan pinjaman untuk membiayai bisnis Anda. Hal yang baik dengan pinjaman ini adalah bahwa mereka dibuat dengan persyaratan fleksibel dan suku bunga rendah dibandingkan dengan pinjaman tradisional.

Namun, Anda harus hati-hati, jika bisnis gagal atau Anda entah bagaimana tidak mengikuti syarat dan ketentuan pinjaman, rumah Anda berisiko disita.

Menyewakan rumah
Dalam dunia bisnis, selalu baik untuk mengambil risiko apa yang Anda miliki untuk mencapai tujuan Anda. Contoh terbaik adalah menyewakan rumah atau apartemen Anda dan menggunakan uang sewa tersebut untuk memulai bisnis Anda. Ini adalah cara yang sangat kreatif yang dimiliki banyak orang di seluruh AS untuk terjun ke berwirausaha.

Apalagi jika rumah Anda memiliki banyak kamar, bukankah sama sekali tidak perlu bagi Anda untuk tinggal di rumah dengan sepuluh kamar tidur bila Anda dan keluarga hanya butuh tiga kamar saja? Jadi, sewakan kamar-kamar tersebut ke orang-orang yang membutuhkan penginapan. Dengan cara ini, Anda bsia mendapatkan uang tunai untuk memulai bisnis Anda.

Faktur
Hal ini kadang disebut sebagai uang muka faktur. Ini adalah proses di mana seorang pengusaha setuju dengan pemberi pinjaman uang untuk memberi mereka uang untuk pembayaran faktur masa depan oleh pelanggan. Hal baik yang bisa didapat dari bekerjasama dengan jenis kesepakatan ini ialah Anda akan mendapatkan pinjaman tanpa suku bunga yang dikenakan oleh pemberi pinjaman di bank-bank.

Bukankah ini cara yang lebih baik untuk membiayai bisnis Anda dibandingkan dengan mendapatkan pinjaman dari bank? Pasti begitu. Namun, ada baiknya untuk dicatat bahwa jika klien Anda gagal membayar faktur mereka tepat waktu, Anda bisa kehilangan penyedia layanan.

Kartu kredit
Banyak perusahaan saat ini meminjam uang melalui kartu kredit pribadi, sehingga dapat membiayai bisnis mereka. Pengusaha menjatuhkan pilihan untuk meminjam uang dari kartu kredit karena bunganya diketahui jauh lebih murah dan lebih cepat mendapatkan uang daripada melalui faktur-faktur atau jalur tertentu dari pinjaman-pinjaman yang ditawarkan oleh bank.

Bila menggunakan metode ini, bagaimanapun, Anda harus berhati-hati agar tidak melakukan pembayaran secara default karena suku bunga dan biaya pada kartu terbangun dengan sangat cepat.

Pinjaman online
Internet perlahan mengambil alih dunia kewirausahaan. Anda mungkin belum mengetahui bahwa ada layanan pinjaman online seperti Kabbage dan Ondeck. Layanan pinjaman online sekarang tumbuh dan menjadi sangat populer dibandingkan dengan pinjaman usaha tradisional dari bank maupun lembaga keuangan mikro.

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA