Langkah Sukses di Dunia Enterprise Sosial

Langkah Sukses di Dunia Enterprise Sosial
Berita UKM Nasional Dunia UKM Tips Bisnis

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang menjadi sadar akan masalah sosial di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka memutuskan untuk tidak hanya tinggal di sela-sela tetapi untuk mengambil langkah-langkah untuk menemukan solusi. Oleh karena itu, banyak perusahaan sosial datang untuk untuk mengatasinya. Sekarang, pemilik bisnis mengambil bisnis mereka pada skala global tidak fokus pada membuat keuntungan tetapi lebih pada membantu mereka yang kurang beruntung.

Bahkan, para pemimpin pemerintah mendorong orang muda untuk menjadi pengusaha sosial. Malaysia, misalnya, datang dengan skema untuk mentor pemuda tentang kewirausahaan sosial. Namun, menjadi agen perubahan tidak mudah. Sebelum Anda pergi dari kehidupan Anda dan menjadi social entrepreneur, bekali diri dengan 4 kunci sukses dalam usaha Enterprise:

1. Menulis Rencana Anda

Sama seperti bisnis lainnya, sebuah perusahaan sosial waran juga mempunyai rencana bisnis. Tapi tidak seperti rencana bisnis yang biasanya yang membahas tentang masalah sosial yang bertujuan untuk memecahkan, bagaimana hal itu akan ditangani dan apa yang membuat organisasi memenuhi syarat untuk melakukannya. Dan sama seperti perusahaan biasa, harus mencakup informasi tentang tim manajemen, rencana pemasaran, pendanaan dan prakiraan keuangan.

2. Fokus Pada Customer Experience

Sebuah perusahaan sosial pada dasarnya memiliki tiga jenis pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya. Pertama adalah orang yang juga bertujuan untuk membuat perubahan dengan berbagi atau memberi kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Yang berikutnya adalah pembeli tradisional yang ingin produk Anda. Dan terakhir, penerima sebab Anda. Sementara mereka tahu apa yang mereka inginkan, Anda, sebagai pengusaha sosial harus memastikan Anda memberikan kualitas produk barang atau jasa.

Datang dengan penawaran yang akan menguntungkan kedua kedua belah pihak dan hasil organisasi sebuah perusahaan yang sukses. Donor dan relawan berkontribusi banyak waktu dan sumber daya untuk membuat sebuah organisasi non-profit berkembang. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memberi mereka kembali sesuatu yang tidak hanya sebagai pengakuan, tetapi juga sebagai motivasi. Sumbangan dikurangkan dari pajak bisa berbuat banyak untuk berbagi waktu dan uangnya. Dan ketika datang ke pelanggan yang khas, ide untuk bisa membantu secara tidak langsung dengan membeli produk-produk tertentu dapat memuaskan. Inilah sebabnya mengapa strategi usaha sosial menjual dan menyumbangkan sebagian dari jumlah yang di dapat sebagai bentuk amal.

3. Meningkatkan Kepemimpinan dan Manajemen Keterampilan Tim Anda

Kepemimpinan, manajemen, keuangan dan keterampilan bisnis perlu dikembangkan. Kebanyakan bisnis gagal karena manajemen waktu yang buruk, kurangnya pelatihan untuk staf serta keterampilan manajemen yang buruk. Jadi, apa jenis pelatihan yang bisnis dan usaha sosial butuhkan? Ini adalah jenis yang mengembangkan keterampilan dan mendukung program-program mereka. Ada sekolah yang menawarkan program pelatihan yang tepat untuk organisasi Anda.

4. Jalankan di Waktu yang Tepat

Dalam rangka menciptakan ceruk dalam industri, pemilik bisnis harus datang dengan layanan atau produk yang unik. Dan jika ada pesaing, mereka harus membuktikan bahwa mereka menawarkan sesuatu yang lebih baik. Sama halnya dengan pengusaha sosial. Namun tantangannya adalah bukan apa yang benar-benar Anda tawarkan, itu lebih pada memberikan pada waktu yang tepat dan cepat. Jika Anda menunggu tanda sebelum Anda memberikan makanan kepada orang yang lapar, ia mungkin sudah kelaparan. Hanya menyampaikan apa yang ingin Anda berikan. Itu akan membuat perbedaan.

Menjadi entrepreneur sosial tidak datang tanpa tantangan tetapi dengan mengetahui aspek-aspek penting dari kewirausahaan sosial, Anda dapat berhasil membuat perubahan.

Sumber : www.iskandarst.com

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA