Kiat Sukses Usaha Dagang

Kiat Sukses Usaha Dagang
Berita UKM Nasional Dunia UKM Inspirasi Bisnis Tips Bisnis

Aktivitas dagang dalam bisnis adalah hal yang tak terpisahkan, sebuah bisnis yang minim penjualan hampir dapat dipastikan bangkrut dengan segera. Mengingat pentingnya usaha dagang baik bagi usaha kecil (UKM) maupun skala perusahaan, maka tips serta cara meningkatkan penjualan penting untuk diketahui. Tanpa berpanjang lebar, berikut tips-tips yang dapat meningkatkan konversi penjualan perusahaan kamu.

angan tunda menghubungi prospek (leads)
Jika kamu bisa langsung merespon setiap leads yang masuk di saat itu juga, maka kamu punya kesempatan hampir 30% prospek tersebut menjadi pelanggan kamu.

Hari bisnis: Selasa, Rabu dan Kamis
Ketiga hari di atas adalah hari terbaik untuk menghubungi prospek (leads) kamu. Kesempatan dia menjadi pelanggan adalah dua kali lipat lebih besar jika kamu mengontak di tiga hari ini.

Februari: Bulan penjualan terbaik
Salah satu bulan terbaik untuk merilis kampanye marketing perusahaan adalah di bulan Februari. Bulan ini memiliki peluang konversi tertinggi dari leads menjadi customers.

Selasa: Hari terbaik untuk penjualan
Berdasarkan data, hari selasa adalah hari paling optimal untuk menindaklanjuti setiap leads yang masuk dengan tingkat peluang konversi 30% lebih besar di banding hari lainnya.

08.00-12.00: Waktu sales paling optimal
Jika kamu ingin menghubungi potential customer kamu, maka rentang waktu inilah yang paling optimal untuk membuat sebuah kesepakatan. Terlebih saat mendekati waktu makan siang (12.00).

Minimalisir diskon di tahun baru
Tidak selamanya memberikan diskon itu baik, terutama di hari-hari pertama setelah tahun baru. Di hari-hari ini, conversion rate dari calon pelanggan potensial masih tinggi.

Berikan sentuhan emosional / humor
Data menyebutkan, 63% dari prospek yang masuk akan mengingat kisah lucu di dalam sebuah kampanye perusahaan dan akan mengoptimalkan konversi penjualan.

Tawarkan bisnis sebagai solusi
70% dari leads yang masuk akan berubah menjadi pelanggan jika kamu menggunakan pendekatan bahwa bisnis kamu hadir untuk menjadi solusi dari sebuah permasalahan pelanggan.

Itulah beberapa tips sederhana cara meningkatkan penjualan untuk sebuah usaha dagang. Tentunya, jika prinsip-prinsip dasar tersebut diaplikasikan dengan memanfaatkan teknologi pemasaran digital yang ada sekarang, hasil yang didapat juga akan lebih optimal. Salam sukses untuk para pelaku UKM Indonesia 🙂

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA