Keahlian yang Wajib DimilikiUntuk Membangun Startup Sukses

Keahlian yang Wajib DimilikiUntuk Membangun Startup Sukses
Berita UKM Nasional Dunia UKM Inspirasi Bisnis Tips Bisnis

Setiap perusahaan baru maupun perusahaan lama pasti membutuhkan beberapa orang yang memang memiliki keahlian pada bidangnya masing masing.

Artinya, semua perusahaan besar membutuhkan orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka. Tidak ada yang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dengan demikian, ketika Anda ingin membangun perusahaan startup, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa saja keahlian yang harus diketahui agar tujuan Anda tercapai.

Chief Executive Kibar Kreasi Indonesia yaitu Yansen Kamto mengatakan bahwa pemilihan tim yang tepat sangat mempengaruhi kelangsungan perusahaan startup atau perusahaan rintisan.

Yansen juga menyarankan agar memiliki tim yang berasal dari lulusan teknologi komputer, komunikasi hingga bisnis dan lain sebagainya.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa, agar startup Anda menjadi besar, maka pelajari terlebih dahulu keahlian apa saja yang dibutuhkan ketika Anda membangun startup.

1. Pemimpin atau Leader

Pada urutan pertama yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan startup adalah leader yang kompeten. Leader bisa jadi bukan berasal dari si pemilik perusahaan. Bisa saja Anda memilih leader yang berasal dari karyawan Anda.

Dengan syarat jika memiliki kualifikasi dan kinerja yang sangat baik di mata Anda.

Leader merupakan orang yang sangat penting. Karena setiap kebijakan dan keputusan yang diambil sangat menentukan kemajuan startup yang sedang dibangun.

Seorang leader bisa berasal dari mana saja sesuai dengan keputusan pemilik bisnis, bisa dari pemilik bisnis sendiri, atau dari orang lain yang telah memiliki kualifikasi tepat.

2. Keahlian Ketika Pemilihan Tim

Bisanya para pendiri startup tidak melihat pengalaman seseorang, akan tetapi melihat sejauh mana keahlian yang dimiliki orang tersebut untuk dibutuhkan dalam kerja tim. Karena pada prinsipnya mereka adalah sama sama merintis.

Menempatkan orang pada keahlian yang tepat sangat memberikan dampak yang luar biasa. Jadi, Anda harus pintar menentukan posisi tim sesuai dengan keahlian.

Akan tetapi, jika memang terdapat beberapa ahli berpengalaman, itu menjadi lebih baik untuk Anda pilih. Seperti pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah pelajar yang sangat berharga.

Beberapa pendiri startup besar juga setuju bahwa pemilihan tim sesuai dengan keahlian merupakan pondasi yang kuat untuk menjadikan startup yang Anda bangun menjadi sukses besar.

3. Ahli Keuangan

Salah satu core atau inti dari sehatnya arus keuangan sebuah perusahaan adalah berasal dari orang yang ahli dibidang keuangan. Walaupun hasil dari penjualan Anda cukup besar dan keuntungan Anda besar, jika tidak dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik, maka itu sangat memberikan dampak bagi perusahaan Anda.

Untuk itu, Anda membutuhkan orang orang hebat dibidang keuangan ini. Bisa berasal dari mana saja, bisa jadi dari orang yang telah berpengalaman maupun berasal dari fresh graduate dengan memiliki keahlian dibidang manajemen bisnis.

Apalagi perusahaan startup masih dalam rintisan, maka keahlian dibidang keuangan menjadi faktor penting untuk kelangsungan perusahaan yang sedang dirintis.

4. Ahli Pemasaran

Sehebat apapun produk Anda jika tidak dibarengi dengan keahlian pemasaran itu tidak akan menjadi apa apa. Akan tetapi jika dibarengi dengan keahlian pemasaran yang hebat, sudah dapat dipastikan produk Anda menjadi laris manis.

Jadi, keahlian pemasaran sangat memegang peranan penting disini. Anda harus mampu mencari atau menemukan siapa saja tim ahli dibidang pemasaran.

Biasanya mereka disebut sebagai tim sales & marketing, mereka memiliki peran krusial dan harus selalu diperhatikan. Berikan bonus dan lain sebagainya jika memang Anda mengedepankan keahlian mereka.

5. Orang yang Memiliki Pengalaman

Anda bisa membangun relasi dengan orang orang yang memiliki pengalaman ataupun Anda bisa saja merekrut orang tersebut. Dengan catatan bidang pengalaman yang dimiliki sama dengan bidang startup yang sedang dirintis.

Dari pengalaman orang bisa belajar, dan dari pelajaran tersebut Anda bisa mendapatkan short cut ataupun jalan cepat untuk mencapai kesuksesan.

Jika Anda membangun hubungan relasi yang baik dengan mereka yang memiliki pengalaman, Anda bisa mendapatkan ilmu yang berharga. Anda bisa belajar apa saja yang penting untuk dilakukan bagi kemajuan startup Anda.

Agar langkah Anda membangun startup dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini ada beberapa point penting lainnya yang bisa Anda perhatikan.

1. Manfaatkan teknologi

Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, sehingga ketika kita paham dan mau memanfaatkan teknologi, maka akan ada banyak sekali pekerjaan yang menjadi lebih mudah, lebih efisien dan cepat.

Pelajari dengan lengkap teknologi apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemajuan startup Anda.

2. Jalin hubungan yang baik

Semua manusia membutuhkan orang lain untuk mencapai tujuan. Tidak ada satu pun manusia yang mampu berdiri sendiri. Dari pandangan inilah maka kita perlu menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.

Anda bisa membangun suasana kerja yang efektif, menjaga komunikasi dan memberikan rasa nyaman kepada tim kerja Anda.

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA