Investasi Terbaik Bagi Generasi Milenial di Masa Depan

Investasi Terbaik Bagi Generasi Milenial di Masa Depan
Dunia UKM Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Tips Bisnis

Seperti yang diketahui bersama, saat ini banyak generasi milenial yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Penghasilan tersebut didapat dari hasil usaha yang dikelolanya, maka tak heran banyak dari mereka yang telah sukses walaupun masih di usia muda.

Hebatnya lagi, walaupun memiliki keuntungan yang berlimpah mereka tidak lantas menghambur-hamburkan uang tersebut. Ada yang ditabung kembali untuk modal ada juga yang digunakan untuk investasi.

Menariknya, semakin lama semakin banyak generasi milenial yang mulai berinvestasi dalam bentuk apapun. Mereka melihat, investasi ini akan membawa keuntungan yang berlipat-lipat di masa yang akan datang.

Jenis investasi di Indonesia sendiri beragam macamnya. Tentunay investasi ada untuk memberikan keuntungan di masa nanti yang bisa digunakan untuk hari tua atau keperluan lainnya.

Nah, untuk Anda yang masih bingung atau belum mengetahui jenis investasi terbaik untuk para generasi milenial, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini.

Mengenal Jenis Investasi Terbaik untuk Generasi Milenial

1. Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi yang paling banyak diminati oleh semua orang terutama dikalangan generasi milenial.

Banyak diminati karena memang emas memiliki nilai yang cukup stabil dan cenderung naik setiap tahunnya.

Investasi emas ini ada dua macam, emas perhiasan dan juga emas murni. Yang paling banyak diminati biasanya adalah emas murni yang memiliki ragam berat dari mulai 1 gram hingga 100 gram.

Jika Anda tertarik berinvestasi emas, bisa langsung membelinya ke kantor antam ataupun lewat agen investasi emas terpercaya. Salah satu penyedia investasi menabung emas adalah pegadaian tabungan emas.

Selain itu, sudah banyak bank-bank di Indonesia yang menyediakan layanan investasi emas dengan cara dicicil ataupun dibayar langsung.

Ada banyak keuntungan berinvestasi emas ini, seperti ;

  • Mudah Dicairkan
  • Bebas pajak
  • Investasi jangka Panjang yang menguntungkan.
  • Kekurangan berinvestasi emas;
  • Resiko Kehilangan Cukup Tinggi
  • Harga Cenderung Melambat ketika Ekonomi Stabil

2. Investasi Properti

Investasi terbaik berikutnya untuk generasi milenial adalah investasi properti. Investasi properti dikatakan yang terbaik karena memang berhubungan dengan kebutuhan utama setiap orang yaitu kebutuhan papan.

Dimana setiap orang memerlukan rumah untuk tempat berteduh, tanah untuk dijual, dibangun kembali, atau dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan pokok yang menguntungkan.

Sama halnya dengan emas, investasi properti ini kian bertumbuh setiap tahunnya sehingga wajar banyak orang yang beralih ke investasi tersebut.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi properti, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dari investasi properti seperti yang tertera di bawah ini;

Kelebihan investasi properti

  • Berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar apalagi jika untuk digunakan dalam waktu jangka panjang. Keuntungan bisa mencapai dua atau sepuluh kali lipat lebih besar.
  • Memiliki Resiko yang Kecil
  • Walaupun memiliki modal yang cukup besar, investasi ini memiliki resiko yang kecil karena pergerakannya cukup stabil dibandingkan emas.

Selain kelebihan yang dimiliki, Anda pun perlu mengetahui kekurangan berinvestasi property. Tujuannya agar bisa dengan bijak mengelola investasi tersebut.

Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut;

  • Adanya Beban Perawatan yang Harus Dialokasikan

Pemilik investasi properti harus memperhatikan perawatan dari bangunannya agar bisa dijual dalam kondisi yang baik. Karena itu, perlu biaya ‘’tambahan’’ yang harus Anda siapkan.

  • Hancur Bila Terjadi Bencana Alam

Bila terjadi bencana alam seperti Tsunami, gempa, longsor, dan lain sebagainya yang mengakibatkan rusak atau hancurnya investasi properti Anda, maka Anda pun akan mengalami kerugian.

3. Investasi Saham

Investasi berikutnya yang merupakan investasi terbaik untuk generasi milenial adalah investasi saham.

Saham adalah bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Jika anda memiliki saham, maka anda bisa juga disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan.

Semakin hari investasi saham ini semakin diminati. Karena banyak perusahaan maupun bank-bank yang ada di Indonesia yang sudah bersifat terbuka dimana sahamnya bisa dimiliki oleh orang lain.

Memang tidak semua generasi milenial sudah mengenal investasi ini. Namun, dengan semakin banyaknya akun-akun investasi saham di media sosial membuat anak muda ingin mencari tahu lebih dalam tentang saham sehingga menimbulkan ketertarikan untuk berinvestasi.

Kelebihan investasi saham ini adalah sebagai berikut:

  • Peluang pengembalian modal cenderung tinggi

Karena itu Anda bisa mencari perusahaan yang memiliki track record baik terutama dalam hal keuangan.

Cirinya adalah perusahaan tersebut sudah masuk ke dalam perusahaan terbuka dan laporan keuangan yang dimilikinya dilaporkan secara terbuka lewat media cetak, elektronik, dan lain sebagainya.

  • Mendapat Saham Bonus

Saham bonus merupakan pembagian saham kepada para pemegang saham sesuai dengn jumlah lembar yang mereka miliki.

Dengan membagikan saham bonus, maka tidak mengubah jumlah kas dari sebuah perusahaan. Saham bonus ini didapatkan dari kapitalisasi agio saham perusahaan dengan kurun waktu tertentu.

Adapun kekurangn berinvestasi saham adalah sebagai berikut;

  • Keuntungan naik turun tergantung dengan kondisi pasar
  • Para pemegang saham adalah pemilik parsial perusahaan. Karena itu, Anda adalah orang terakhir yang bisa mendapatkan keuntungan dari perusahaan. Perusahaan wajib membagikan keuntungan terlebih dahulu kepada karyawannya.
  • Beresiko kehilangan nilai investasi jika Anda memilih perusahaan yang track recordnya kurang baik terutama dalam pengelolaan keuangan.

Sumber  : www.folderbisnis.com

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA