Ide Bisnis yang Cocok Saat Bulan Ramadhan

Ide Bisnis yang Cocok Saat Bulan Ramadhan
Berita UKM Nasional Dunia UKM Peluang Bisnis

Sudah menjadi tradisi saat bulan suci Ramadhan, umat muslim menyambutnya dengan suka cita. Ya, betul sekali bulan suci Ramadhan adalah bulan untuk berpuasa sebulan penuh dan lebih dekat dengan Allah SWT. Di bulan Ramadhan ini Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi yang menjalankan puasa dan di akhir bulan, umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dilihat dari segi agama, bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah karena Allah akan melipatgandakan pahala bagi semua amal ibadah yang dilakukan hamba-Nya. Namun, tahukah Anda? Bulan berkah membawa berkah juga di segi bisnis. Di Indonesia sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan, muncul bisnis dadakan yang menggiurkan untuk ditekuni. Selain itu, menjelang Hari Raya Idul Fitri, di Indonesia ada tradisi mudik ke kampung halaman. Nah, saat mudik tersebut ada bisnis usaha yang dapat dijadikan ladang rezeki.

Bagi orang-orang yang memiliki jiwa bisnis, bulan Ramadhan ini tidak dilewatkan begitu saja. Mereka berlomba-lomba membuat bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan dan Hari Raya dapat berupa jual produk barang dan jasa. Dan tentunya bisnis ini trend di bulan Ramadhan setiap tahunnya. Nah, apa sajakah bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan? Yuk, simak 13 bisnis yang cocok saat bulan Ramadhan berikut ini.

1. Bisnis di bulan ramadhan dengan menjual Aneka macam menu Takjil

Tradisi yang tidak terlupakan saat bulan Ramadhan adalah suasana menunggu buka puasa yang biasa disebut ngabuburit. Saat ngabuburit, kebiasaan masyarakat di Indonesia berlomba-lomba membeli makanan pembuka untuk berbuka puasa atau disebut takjil. Usaha aneka macam menu takjil ini cukup menggiurkan bagi yang tekun menjalaninya, karena dapat mendatangkan untung besar.

Untuk membuka usaha aneka macam menu takjil ini, Anda tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh karenanya, mulailah dari yang kecil, seperti menjual minuman takjil es teh manis, cappucino cincau, aneka macam jus buah, sop buah atau minuman lainnya yang menyegarkan saat berbuka puasa. Anda dapat menjual minuman takjil dengan harga yang sesuai sehingga dapat menarik pembeli, seperti harga es cappucino cincau Rp6000,00.

Anda juga dapat membuat ide kreatif, seperti membuat makanan takjil kolak cincau, aneka jajanan pasar, martabak manis mini, puding jagung atau makanan kecil lainnya yang cocok untuk takjil. Tentunya bisnis usaha makanan takjil ini dijual dengan patokan harga yang sesuai di kantong masyarakat namun tetap bisa mendatangkan untung yang berlimpah.

2. Usaha Katering untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Saat bulan Ramadhan ada yang namanya saat berbuka dan sahur. Saat berbuka dilakukan saat memasuki waktu Magrib sedangkan saat sahur dilakukan sebelum Subuh. Nah, saat berbuka puasa dan sahur juga dapat dijadikan bisnis usaha karena biasanya saat bulan Ramadhan, beberapa orang tidak sempat memasak. Anda dapat membuka usaha katering untuk menu berbuka puasa dan sahur.

Bisnis usaha katering untuk menu berbuka puasa dan sahur dapat dijadikan peluang usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di sekitar rumah kos untuk mahasiswa atau karyawan/karyawati. Jika Anda ingin membuka bisnis katering ini, Anda harus pandai-pandai mengombinasikan menu makanan agar pelanggan Anda tidak bosan, seperti saat berbuka puasa Anda menyediakan sayur sop hangat, perkedel dan ayam goreng.

Menekuni bisnis usaha katering menu buka puasa dan sahur ini harus pandai mengolah makanan dan mengombinasikannya. Anda juga dapat memberikan paket murah jika pelanggan memesan katering menu berbuka puasa dan sahur dalam satu paket. Untuk menjalani bisnis katering ini, Anda dapat menawarkan jasa antar katering ke tempat customer atau customer dapat mengambilnya sendiri. Hal yang utama dalam menjalani bisnis ini adalah keuletan dan pelayanan pelanggan.

3. Usaha Busana Muslim

Bulan Ramadhan adalah bulan suci umat muslim. Di bulan Ramadhan ini, baik pria dan wanita memaksimalkan ibadah dari hal sekecil apapun, seperti berpakaian tertutup atau berbusana muslim dalam keseharian. Nah, kesempatan seperti ini jangan Anda lewatkan karena Anda dapat membuka usaha busana muslim bahkan dapat Anda lanjutkan sebagai usaha tetap.

Bisnis usaha busana muslim ini cukup menjanjikan tidak hanya di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri saja. Hal tersebut karena trend masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim memiliki kecenderungan untuk memakai busana muslim terutama bagi wanita. Untuk memulai usaha busana muslim ini, Anda tidak perlu memikirkan modal yang Anda punya karena ada usaha busana muslim yang tanpa modal atau bermodal kecil dengan cara menjadi reseller dan dropshippe produk busana muslim.

4. Usaha Perlengkapan Ibadah untuk Umat Muslim

Sudah bukan tradisi lagi, di Indonesia saat bulan Ramadhan, masyarakat muslim Indonesia memperbanyak ibadah. Saat beribadah, umat muslim menggunakan perlengkapan yang mendukung, seperti sajadah untuk shalat, tasbih, Alquran untuk tadarrus, baju kokoh, sarung dan kopiah untuk shalat bagi laki-laki, mukena untuk shalat bagi perempuan. Semua itu dapat Anda jadikan bisnis yang cocok saat bulan Ramadhan.

Bisnis usaha perlengkapan ibadah untuk umat muslim ini akan meningkat saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, mengapa? Karena saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang membeli perlengkapan shalat sebagai hadiah untuk sanak saudara saat bersilahturahmi. Anda dapat membuka usaha perlengkapan ibadah ini dengan berbagai varian harga sehingga dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Anda juga dapat membuka usaha ini secara online sehingga pasar Anda menjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia.

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA