Cara Cepat Terima Pembayaran Pelanggan Secara Online

Cara Cepat Terima Pembayaran Pelanggan Secara Online
Berita UKM Nasional Dunia UKM Tips Bisnis

Saat ini banyak perusahaan yang mengalami kerugian besar hanya karena piutang yang tak tertagih. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, mulai dari tidak melakukan penagihan dan pengecekan transaksi konsumen atau tidak memberikan kemudahan konsumen dalam melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi pembayaran.

Bukan hanya itu, banyak juga perusahaan yang merasa kesulitan ketika menerima pembayaran. Misalnya saja ketika pelanggan telah membayar, kebanyakan pengusaha yang lupa untuk mencatat pembayaran tersebut dan pelanggan pun perlu melakukan konfirmasi atas pembayaran. Hal ini tentu membuat bisnis terhambat. Untuk mengatasi masalah tersebut, Jurnal memiliki solusi yang dapat membantu Anda.

Apa itu Jurnal Pay?
Jurnal Pay merupakan fitur khusus yang dibuat Jurnal untuk mempermudah proses pembayaran pelanggan Anda dengan menggunakan metode online melalui Transfer Bank (dengan Virtual Account) ataupun Kartu Kredit.

Siapa yang Cocok Menggunakan Jurnal Pay?
Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah siapakah yang cocok untuk menggunakan Jurnal Pay? Sebenarnya, Jurnal Pay cocok digunakan untuk semua jenis/industri bisnis di Indonesia. Selama Anda menjalankan bisnis dengan aktivitas transaksi penjualan aktif. Contohnya, perusahaan penjual furniture, perusahaan jasa edukasi, bisnis online shop, dan sebagainya.

Jurnal Pay di sini berperan penting untuk mempermudah proses penagihan, pembayaran, hingga pelacakan invoice penjualan Anda secara online, kapan pun dan di mana pun!

Apa Saja Keuntungan yang Didapatkan Jika Menggunakan Jurnal Pay?
a. Pembayaran Menggunakan Metode Online
Jurnal Pay memungkinkan Anda untuk mengirim invoice secara langsung kepada pelanggan, baik melalui email maupun dengan menggunakan share-link. Pelanggan hanya perlu klik pada link yang telah tersedia di invoice lalu melakukan pembayaran melalui Jurnal Pay dengan 2 pilihan metode pembayaran, yaitu Bank Transfer (dengan Virtual Account) atau pun dengan Kartu Kredit.

b. Konfirmasi Pembayaran Pelanggan Otomatis
Jika pembayaran telah dilakukan oleh pelanggan, pelanggan Anda tidak lagi perlu memberikan informasi kepada Anda mengenai pembayaran yang telah sukses dilakukan. Karena dengan Jurnal Pay, Anda akan mendapatkan konfirmasi pembayaran dari pelanggan secara otomatis.

c. Pencatatan dan Pengecekan Otomatis di Jurnal Perusahaan
Setelah pelanggan Anda melakukan pembayaran dari invoice yang dikirimkan (dengan menggunakan Jurnal Pay), Jurnal akan secara otomatis mencatat penerimaan pembayaran dan pencairan dana dari transaksi tersebut. Anda tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan secara manual, semua sudah langsung terverifikasi dan tercatat di akun Jurnal Anda.

d. Cek Status Pembayaran dan Transaksi Lebih Cepat dan Mudah
Tidak perlu lagi melakukan cek transaksi secara manual, dengan menggunakan Jurnal Pay, Anda langsung mendapat update otomatis terkait pembayaran. Detail transaksi seperti jumlah pembayaran, nama pelanggan, hingga data pembayaran semua terekam otomatis di Jurnal.

e. Update Status Pembayaran Real Time di Email dari Jurnal Pay
Dengan fitur Jurnal Pay, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan ketika pelanggan telah berhasil melakukan pembayaran. Dengan begitu, Anda tak perlu repot lagi untuk melakukan pengecekan, karena sistem Jurnal akan mencatat transaksi tersebut secara otomatis sehingga dapat langsung dianggap lunas.

Bagaimana Cara Menggunakan Jurnal Pay?
Jika Anda telah menggunakan Jurnal dengan paket Enterprise, Anda hanya perlu mengaktifkan Jurnal Pay Anda melalui menu Add-Ons. Silakan ikuti langkahnya di sini.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk melengkapi data diri dan jenis pembayaran yang Anda inginkan. Setelah semua proses pengaktifan selesai, Anda dapat langsung menggunakan Jurnal Pay untuk transaksi Anda.

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA