Aplikasi Yang Dapat Meningkatkan Omset Anda

Aplikasi Yang Dapat Meningkatkan Omset Anda
Berita UKM Nasional Dunia UKM Tips Bisnis

Pada masa era digital sekarang ini, hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone yang sudah terkoneksi ke internet. Nah sebagian besar dari mereka menggunakan media sosial untuk saling berinteraksi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Wearesosial Hootsuite yang rilis Januari 2019, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang. Angka ini terus mengalami kenaikan yang pesat.

Sekarang ini orang belanja tak perlu lagi datang ke toko. Karena cukup dari hp saja, mereka sudah bisa belanja dari mana saja dan kapan saja. Inilah penyebab utama mengapa media sosial menjadi media yang cocok untuk melakukan promosi.

Terdapat puluhan media sosial bahkan lebih jumlah media sosial di seluruh dunia. Akan tetapi mana yang lebih baik?

Berdasarkan dari pengamatan dari berbagai sumber. Berikut ini beberapa media sosial yang paling sering digunakan untuk promosi.

1. Youtube

Youtube merupakan media sosial untuk berbagi video yang sangat popular saat ini. Karena sudah pasti setiap orang yang punya internet, kenal dengan yang namanya Youtube.

Saat ini juga orang lebih suka melihat video ketimbang membaca artikel. Hal ini juga yang membuat mengapa Youtube menjadi platform yang terbaik untuk melakukan promosi.

Biasanya brand besar atau perusahaan besar memanfaatkan Youtube untuk Brand Awareness. Nah untuk para pedagang online, Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk melakukan promosi penjualan.

Untuk membuat video sangat mudah. Cukup manfaatkan saja Hp Anda. Punya kamera recorder? Itu lebh baik karena akan membeirkan kualtias gambar yang menarik.

2. Facebook

Sebagian besar pengusaha sudah pasti pernah merasakan bagaimana hasil promosi menggunakan Facebook. Facebook merupakan media sosial yang besar penggunanya, mudah di kelola dan banyak yang akses membuat media ini begitu popular.

Ada 4 metode yang dapat digunakan ketika Anda menggunakan Facebook untuk promosi. Pertama adalah dengan membuat akun sesuai produk. Kedua membuat fanspage untuk mengumpulkan para penggemar. Ketiga membuat forum untuk berdiskusi dan yang ke empat dengan iklan berbayar.

Untuk menemukan teknik mana yang paling tepat memang butuh riset dan pengalaman. Karena setiap bidang usaha sudah pasti beda dalam penerapan teknik promosinya.

3. Instagram

Mark Zukemberg sang pemilik Facebook melihat potensi besar dari aplikasi Instagram. Sehingga dia memutuskan untuk membeli Instagram 18 bulan setelah diluncurkan. Nah sejak saat ini platform ini terus mengalami pertumbuhan.

Karena Instagram merupakan bagian dari Facebook. Hal ini membuat platform ini dapat saling terkait ketika melakukan promosi berbayar. Selain teknik berbayar, Instagram juga sama sama menyediakan trafik dari hasil pencarian.

Apabila akun Facebook Anda memiliki jumlah pengikut yang sudah banyak. Maka Anda akan menjadi lebih mudah mengumpulkan audien.

Platform Instagram dapat memberikan trafik berdasarkan hasil pencarian. Hal ini membuat Instagram menjadi platform yang cocok untuk mendatangkan trafik dengan berbayar ataupun tidak.

4. Twitter

Pada posisi ketiga, media sosial yang cocok untuk dimanfaatkan sebagai media promosi di Indonesia dipegang oleh Twitter. Twiter merupakan media yang paling umum digunakan untuk media berbagi saat ini.

Walaupun keterbatasan fitur yang disediakan, hal ini tidak menjadi masalah jika basis pengikut Anda sudah sangat banyak sekali.

Misalkan begini, Anda menargetkan target market yang berasal dari kalangan wanita. Maka ada baiknya Anda aktif untuk berinteraksi di seputar dunia wanita. Hal ini dapat memperkuat basis follower Anda.

5. Pinterest

Jika dilihat dari sis fungsional, Pinterest sebenarnya hampir mirip dengan Instagram. Platform pinterest digunakan untuk berbagi foto baik dari hasil karya sendiri maupun dari sumber lain.

Lalu bagaimana cara promosinya?

Biasanya pebisnis membuat gambar menarik terkait produk yang ingin dijual. Cara ini cukup efektif untuk menarik minat konsumen melalui Pinterest.

Pinterest sering digunakan oleh para fotografer untuk mempromosikan karya mereka. Begitu juga dengan para pebisnis, Pinterest bisa menjadi platform yang menarik untuk melakukan kegiatan promosi.

Agar promosi berjalan lancar dan menarik banyak konsumen. Buatlah gambar Anda se-menarik mungkin. Deskripsi-kan hal yang menarik dari produk Anda melalui gambar yang Anda gunakan

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA